mental illness

Manusia tidak hanya perlu memperhatikan kesehatan fisik luarnya. Melainkan, secara batin juga perlu dijaga agar tidak sampai memicu stres dan gangguan mental. Oleh karena itu, sangat penting datang ke psikolog atau psikiater untuk berkonsultasi terkait keluhan yang dirasakan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai pengertian mental illness dan jenis-jenis gangguannya.

Pengertian Mental Illness

Mental illness atau yang sering disebut gangguan mental adalah suatu kondisi dimana seseorang merasakan gejala-gejala yang menyerang fisik maupun psikis dan berkaitan dengan emosi. Gejala-gejala tersebut mulai dari rasa cemas berlebihan, ketakutan, sedih berlarut-larut, tertawa tiba-tiba, berhalusinasi, dan masih banyak lain. 

Penting untuk merubah stereotip masyarakat mengenai penderita gangguan mental yang berkali-kali disangkut pautkan dengan orang gila. Orang-orang yang menderita gangguan ini membutuhkan dukungan dan kata-kata penyemangat. Bukan cacian dari masyarakat yang bisa membuat kondisi mental semakin down dan parah.

Untuk itu, apabila Kamu atau siapapun telah merasakan beberapa gejala aneh yang tidak biasa. Misalnya seperti mood mudah berubah atau pikiran kosong dan lain sebagainya, jangan ragu untuk pergi ke Rumah Sakit guna mendapat tindak lanjut.

Cari Rumah Sakit Terdekat?

Selain itu kamu dapat juga mempersiapkan diri dengan produk Super Safe Protection dari Super You untuk melindungi diri secara optimal. Keberadaan asuransi memang sangat vital untuk menopang tunjangan biaya kesehatan. Hal ini dikarenakan siapa saja dapat berisiko sakit, maka tidak ada salahnya berjaga-jaga.

Nah, setelah mengetahui pengertian dari mental illness selanjutnya akan dibahas mengenai jenis-jenis mental illness. Barangkali Kamu mengalami kondisi yang sama dan tidak mengetahui apa namanya. Yuk, langsung saja simak macam-macamnya berikut ini.

Jenis-Jenis Mental Illnes 

Anxiety Disorder

anxiety disorder

Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar gangguan mental satu ini. Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan umumnya disebabkan oleh pengaruh faktor lingkungan yang membebankan pikiran dan memicu stress. Akibat dari gangguan ini, penderita merasa gelisah tanpa henti serta rasa takut tanpa alasan yang pasti.

Penderita gangguan ini cenderung gampang merasa lelah, kesulitan untuk berkonsentrasi, sensitif, bahkan sampai tidur tidak tenang. Biasanya, anxiety disorder sering dialami oleh remaja yang belum matang dalam hal usia dan pola pikir.

Skizofrenia

Skizofrenia

Jenis mental illness selanjutnya ialah skizofrenia yang mengakibatkan penderitanya mengalami halusinasi. Orang-orang yang mengalami gangguan ini sulit membedakan antara dunia ilusi dan kenyataan sehingga tidak jarang ditemui penderita yang sering berbicara sendiri, bertingkah laku aneh, dan lain-lain.

Bipolar

bipolar

Bipolar merupakan salah satu gangguan kejiwaan yang cukup terkenal di lapisan masyarakat. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Ciri penderita bipolar ialah mengalami perubahan mood yang berlangsung cepat tanpa adanya alasan kuat. Misalnya, seorang nenek sedang merasa sangat sedih lalu kemudian tertawa terbahak-bahak. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk meredakan gangguan kejiwaan ini yaitu dengan cara terapi atau berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater. 

Nah, itulah sekilas penjelasan tentang pengertian dan jenis-jenis mental illness. Disarankan tidak melakukan diagnosa sendiri tanpa arahan dari dokter yang berpengalaman. Karena bisa menyebabkan seseorang berubah menjadi overthinking. Lebih baik bila merasa kecocokan dengan jenis-jenis gangguan mental di atas langsung pergi ke dokter untuk memastikan. Yuk, tetap proteksi diri kamu dengan asuransi online Super You.

Baca Juga : 7 Cara Efektif Jaga Kesehatan

SHARE

Artikel Terkait Lainnya