gaya hidup lansia

Menjadi lansia sehat dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar di usia lanjut sangat memungkinkan. Kuncinya adalah dengan menjaga pola makan sehat dan istirahat yang cukup serta melakukan olahraga ringan.

Seiring bertambahnya usia pastinya fungsi dan ketahanan tubuh bisa saja menurun, tetapi hal ini tentu dapat diantisipasi. Kesehatan lansia biasanya ditentukan dari kemampuan fisik dan mental apakah masih tetap aktif. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar di hari tua. Selain kesehatan yang penting, para lansia juga harus mempersiapkan kebutuhan finansial yang memadai untuk digunakan di masa hari tua.

Baca Juga : Apa itu Jaminan Pensiun, Tujuan, dan Manfaatnya

Berikut 10 pola hidup sehat lansia yang harus diperhatikan saat menjalani masa lansia agar tubuh tetap sehat.

  • Berolahraga dan Beraktivitas Fisik

Selain melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, senam, atau bersepeda, lansia juga dapat memilih untuk melakukan aktivitas fisik lainnya dengan rutin bergerak agar tubuh tidak kaku. Manfaat beraktivitas fisik diantaranya;

  • meningkatkan kualitas tidur
  • mendorong selera makan yang baik
  • membantu meningkatkan keseimbangan tubuh
  • membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Lansia perlu menikmati gaya hidup sehat agar tubuh tetap bugar dan terjaga. Asupan makanan, kegiatan positif, dan kesehatan mental yang baik adalah kunci utama. Karena pada dasarnya kondisi mental dapat mempengaruhi kondisi fisik.

Baca Juga : Apa saja Pantangan Makanan Penyakit Jantung

Antisipasi Risiko Serangan Jantung dengan Asuransi Super Strong.

Pertanggungan Hingga Rp 300 juta

Premi Mulai Rp 30 ribu-an per bulan

  • Tinggal di Lingkungan yang Aman

Di tengah pandemi saat ini, siapa pun diharuskan untuk tetap berada di rumah dan mematuhi protokol kesehatan. Termasuk juga lansia untuk tetap di rumah namun dapat melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan kebugaran tubuh. Bisa dimulai dari melakukan hobi yang digemari agar tetap menstimulasi otak untuk bekerja misalnya berkebun, melukis, atau hal lainnya.

  • Konsumsi Makanan yang Sehat

Lansia diharuskan untuk memperhatikan asupan makanan yang dapat menjaga keseimbangan tubuh. Pola makan sehat dapat dilakukan dalam beberapa tips seperti

  • mengurangi makanan seperti gorengan
  • konsumsi buah yang kaya akan vitamin
  • konsumsi makanan tinggi serat seperti roti gandum
  • menjaga kadar air dalam tubuh
  • Perbanyak Minum Air Putih

Semakin bertambahnya usia akan semakin gampang terasa haus sehingga lansia lebih berisiko mengalami dehidrasi. Untuk menjaga lansia sehat, pastikan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini tidak hanya pola hidup sehat lansia, tetapi setiap orang pada umumnya harus meminum air yang cukup sebagai manfaat air putih untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Untuk kesehatan lansia, pastikan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui batas air yang cukup dan kelebihan, terutama jika lansia adalah seseorang dengan masalah ginjal atau penyakit jantung.

  • Perhatikan Porsi Makan 

Selain mengganti diet dengan mengonsumsi makanan sehat, pastikan juga untuk memperhatikan porsi makanannya. Salah satu penyebab utama kenaikan berat secara drastis, obesitas, terkena diabetes hingga terkena penyakit jantung adalah ketidakmampuan untuk mengendalikan porsi makanan. 

Porsi makan yang dianjurkan untuk lansia adalah 1 hari mengonsumsi 3 kali makan besar yang disertai dengan 2 kali makanan kecil seperti buah diantara waktu makan besar. Hal ini karena lansia dianjurkan untuk memiliki porsi makan yang merata per harinya, tetapi lebih sering. 

  • Mendapatkan Waktu Istirahat dan Tidur yang Cukup

Salah satu penyebab gangguan kesehatan lansia adalah kekurangan waktu tidur dan istirahat yang cukup. Hal ini karena semakin berumur bisa mulai mengalami gangguan tidur seperti insomnia, mulai mengantuk di siang hari dan lebih sering terbangun di tengah malam. 

Aslinya, bertambahnya umur tidak menyebabkan meningkatnya risiko gangguan tidur, karena itu lakukan pola hidup sehat lansia mulai dari melakukan kebiasaan tidur yang sehat untuk mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang berkualitas. Beberapa tips tidur cepat yang bisa dilakukan adalah:

  • Hindari bermain gadget atau menatap layar seperti TV atau monitor satu jam sebelum tidur.
  • Hindari cahaya lampu yang terang, jika perlu menggunakan lampu, gunakan lampu tidur dengan watt yang rendah.
  • Atur suhu ruangan menjadi rendah dan gelapkan kamar. Jika ingin mendengarkan lagu agar lebih cepat tidur pasang lagu yang tenang dan tidak berisik.
  • Jangan melakukan kegiatan di kamar, terutama di atas ranjang, seperti kerja, nonton televisi, menggunakan laptop atau smartphone. Hanya gunakan ranjang untuk tidur sehingga otak akan secara otomatis mengirimkan sinyal untuk tidur saat berada di ranjang. 
  • Jangan memasang jam dinding atau jam meja di kamar karena cahaya dan suaranya yang bisa menyebabkan seseorang sulit tertidur. 

super easy health

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal bisa mencegah adanya berat badan berlebih atau terjadi obesitas yang bisa meningkatkan risiko mengidap penyakit berbahaya. Untuk menjaga kesehatan lansia pastikan untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Beberapa penyakit yang bisa menyerang seseorang dengan berat badan lebih adalah penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, beberapa jenis penyakit kanker, mengalami gangguan tidur hingga mengalami osteoarthritis. 

Tentunya hal ini tidak berarti terlalu kurus hingga memiliki berat badan di bawah batas normal itu baik, bahkan dikatakan bahwa lansia dengan berat badan di bawah batas normal memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan yang mengalami obesitas. 

Tubuh yang terlalu kurus bisa menjadi gejala adanya masalah pada kesehatan lansia atau kondisi tubuh yang semakin melemah. Untuk mencegah lansia terlalu kurus atau memiliki berat badan berlebih konsultasi dengan dokter mengenai berat badan ideal untuk lansia sehat.

  • Menjaga Ingatan Tetap Kuat 

Tidak hanya fungsi tubuh, fungsi otak juga tetap harus dijaga agar daya ingatan tetap sehat di usia lanjut. Hal ini bermanfaat untuk mencegah penurunan kemampuan kognitif dan gangguan ingatan lansia.

Jaga daya ingat lansia dengan berbagai macam aktivitas seperti bermain puzzle atau teka – teki silang dan coba melakukan aktivitas baru dan berbeda setiap harinya. Hal ini tidak hanya dengan permainan, lho. Bisa juga dengan mengganti rutinitas setiap hari seperti mengambil rute jalan pagi yang baru, menggosok gigi dengan tangan yang berbeda dan berbagai kegiatan lainnya. 

  • Tetap Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Lain

Menjaga hubungan baik bisa membantu jaga kesehatan lansia, bergaul dan berteman dengan teman sebaya maupun yang lebih muda. Bersosialisasi atau mengikut komunitas bisa membantu tidak sepi dan menurunkan risiko mengalami berbagai gangguan kesehatan mental.

  • Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin 

Dengan meningkatnya risiko terkena berbagai penyakit berbahaya seiring bertambah umur, penting untuk sering melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini bisa membantu agar bisa segera menangani jika timbul gejala – gejala tertentu karena semakin lama dibiarkan maka akan semakin buruk kondisi tubuh.

Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan

Menjaga pola makan sehat, rajin berolahraga, istirahat yang cukup tidak menjamin kebugaran tubuh tetap terjaga. Kita harus tetap mengantisipasi segala resiko masa depan dengan memiliki jaminan pensiun dan asuransi kesehatan. Pada umumnya lansia memang membutuhkan perlindungan kesehatan yang baik. Di Super You by Sequis Online, ada asuransi Super Easy Health dan Super Strong Protection. Premi cuma mulai dari Rp 30 ribuan hingga Rp 135 ribuan. Anda sudah terlindungi secara menyeluruh!