gejala corona dari hari ke hari

Seperti yang kita tahu COVID-19 menyerang tubuh khususnya sistem pernapasan manusia. Gejala yang disebabkan berawal dari gejala ringan hingga memberat, tergantung imun tubuh penderita.

Virus Corona sendiri mulai merebak sejak akhir tahun 2019 hingga sampai saat ini banyak memakan korban, ada yang dirawat hingga harus merenggut nyawa. Pada umumnya terdapat beberapa gejala corona yang terjadi secara bertahap.

 

Hari Pertama

  • Batuk kering
  • Demam lebih dari 38°C
  • Merasa tersumbat di hidung
  • Sedikit nyeri pada otot
  • Kelelahan dan lemas
  • Sakit tenggorokan
  • Kemungkinan lain adalah mual dan diare

 

Hari Kelima

Kesulitan bernapas secara normal, bisa saja tidak nafsu makan, atau hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium aroma. Hal ini terjadi bisa lebih parah jika pengidap memiliki masalah kesehatan sebelumnya dan apabila pengidap adalah tergolong orang yang sudah lanjut usia.

 

Hari Ketujuh dan Kedelapan

Jika gejala-gejala di atas belum menunjukan perbaikan pada tubuh, sebaiknya harus dilakukan perawatan intensif di rumah sakit. Biasanya pengidap merasakan gangguan pernapasan akut karena paru-paru dipenuhi cairan.

 

Baca Juga : Kenali Corona Tanpa Gejala yang Tidak Disadari

 

Hari Kesepuluh

Jika pengidap belum juga membaik, maka akan mendapatkan perawatan di ruang ICU.

 

Hari Ketujuh Belas

Pada fase ini, gejala corona akan berangsur-angsur hilang. Pengidap mungkin akan membaik setelah 2,5 minggu diberikan perawatan khusus medis secara intens.

Biasanya, pengidap akan mengalami gejala corona di hari kelima. Ada juga pengidap yang mengalami gejala corona lebih dari 12 hari setelah terkena virus.

 

Siapakah yang Berisiko Mengalami Gejala Corona?

  • Pernah kontak dengan pasien positif COVID-19 dalam satu ruangan yang sama atau berjarak 1 meter dengan penderita, dalam 14 hari terakhir
  • Pernah berada di daerah endemis COVID-19, baik di dalam atau di luar negeri, dalam 14 hari terakhir

 

Baca Juga : Perbedaan PCR, Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi

 

Jika kamu memenuhi salah satu dari kriteria diatas dan dirasa mengarah di gejala virus corona. Sebaiknya lakukan isolasi mandiri dan hubungi hotline COVID-19 di 119 Ext. 9. Jangan langsung pergi ke rumah sakit agar kamu tidak menularkan dan tidak berisiko lebih tertular.

 

Jangan Lupa Lindungi Diri dengan Asuransi

Kamu bisa mendapatkan asuransi penyakit kritis Super Strong dan asuransi jiwa Super Life di Super You dengan premi mulai dari Rp 30 ribu per bulan, cover COVID-19.

super strong corona

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya