gejala diabetes

Jika dengan cepat Anda bisa mendeteksi gejala diabetes, tentu cepat pula pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisirkan risiko terjadinya komplikasi

Diabetes atau yang sering disebut penyakit kencing manis ini identik dengan kondisi seseorang yang memiliki kadar gula tinggi. Diabetes sangat berkaitan dengan hormon insulin yang fungsinya untuk memindahkan gula yang ada di dalam tubuh ke dalam sel darah sebagai cadangan energi. Diabetes termasuk salah satu penyakit kritis yang membutuhkan penanganan intens. Sebab, jika terlambat untuk diobati akan berakibat fatal.

Gejala Diabetes yang Sering Terjadi

Di Indonesia, diabetes termasuk penyakit umum yang banyak dialami oleh masyarakat umur 15 tahun ke atas. Penyakit ini terbagi menjadi dua, yaitu diabetes  tipe 1 dan 2, tapi gejala diabetes tipe 2 lebih berkembang secara perlahan dibandingkan diabetes tipe 1 yang muncul dengan cepat.

Hingga saat ini masih ada saja orang yang terlambat mengetahui jika dirinya menderita penyakit diabetes. Padahal, ada beberapa gejala diabetes yang mudah sekali dikenali supaya penyakit ini lebih cepat diatasi.

Agar semuanya tidak terlambat dan meminimalisirkan risiko komplikasi yang serius, berikut ini beberapa gejala diabetes yang wajib Anda waspadai.

Mudah Haus

Mudah haus (polidipsia) bisa menjadi salah satu gejala umum yang sering dirasakan oleh penderita diabetes. Jika Anda merasa haus yang tidak kunjung hilang padahal sudah minum, itu harus diwaspadai.

Kondisi ini terjadi karena glukosa yang menumpuk di dalam darah tidak diserap oleh sel tubuh dengan baik sehingga membuat ginjal bekerja sangat ekstra untuk menyaring kelebihan gula di dalam darah dan menghasilkan urine yang lebih banyak dari biasanya. Faktor inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan banyak cairan.

Yuk, baca juga hindari penyebab utama gagal ginjal

Sering Buang Air Kecil

Jika akhir-akhir ini Anda merasa sering bolak balik ke kamar mandi, ada baiknya harus waspadai. Sebab, salah satu gejala diabetes adalah seringnya buang air kecil. Kondisi ini sebenarnya ada kaitannya dengan gejala mudah haus. Anda mudah sekali haus karena cairan dalam tubuh selalu berkurang yang disebabkan terlalu seringnya terbuang melalui urine. Selanjutnya, dugaan semakin menguat jika kondisi ini sering alami di malam hari dan membuat Anda tebangun  pada tengan mmalam untuk ke toilet.

Asuransi Penyakit Kritis

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut poliuria yang disebabkan kadar gula dalam darah terlalu tinggi sehingga ginjal sudah tidak bisa menyerap semua gula yang ada di dalam tubuh. Alhasil, ginjal akan bekerja dengan keras untuk menyaring dan mengeluarkan gula darah melalui urine. Padahal, jika seseorang yang memiliki kadar gula normal, ginjal akan berfungsi dengan baik, yaitu gula darah disaring oleh ginjal dan akan diserap kembali ke dalam darah.

Yuk, baca juga 10 tips turunkan gula darah

Berat Badan Turun Drastis

Gejala diabetes selanjutnya adalah berat badan yang turun drastis. Kalkulasi seseorang yang mengidap penyakit diabetes ditandai jika penurunnya lebih dari 5% dari total berat badan. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh membutuhkan glukosa sebagai sumber energi, tapi karena penderita diabetes memiliki masalah pada insulin yang tidak bisa memposes perubahan tersebut, maka tubuh mencari sumber lain untuk dijadikan energi, yaitu dari protein.

Bukan hanya protein, tubuh juga akan mulai memecahkan lemak dan otot untuk dijadikan sebagai energi. Kondisi inilah yang membuat Anda akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Oleh karena itu, jangan heran jika seseorang yang menderita diabetes badannya akan menjadi kurus.

Yuk, baca juga daftar makanan untuk penderita diabetes

Luka yang Sulit Sembuh

Diabetes juga ditandai dengan kondisi luka yang sangat sulit sembuh. Luka ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya infeksi, goresan benda tajam, bekas gigitan serangga, atau lainnya. Kondisi ini bisa terjadi disebabkan tingginya kadar gula dalam darah sehingga dinding pembuluh darah arteri menjadi mengeras dan menyempit. Akibatnya, aliran darah yang mengandung oksigen dari jantung akan terhambat untuk menyebar ke seluruh tubuh. Padahal, bagian tubuh yang sedang mengalami luka sangat membutuhkan oksigen dan nutrisi agar cepat sembuh.

Mudah Lemas dan Sering Sakit Kepala

Gejala awal diabetes yang paling umum dialami adalah sakit kepala, badan terasa sangat lemas, dan tidak bertenaga. Namun, gejala ini bisa disimpulkan menjadi dua hal, yaitu kadar gula yang terlalu tinggi, atau terlalu rendah. Kondisi ini terjadi karena ketidakseimbangan kadar glukosa darah dalam tubuh yang menyebabkan insulin pun tidak bekerja efektif. Pasalnya, insuline bekerja untuk mengangkut glukosa dari darah ke sel tubuh sebagai sumber energi. Jika insulin tidak bekerja dengan efektif, maka sel-sel tubuh tidak menerima asupan energi dan menyebabkan tubuh menjadi lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Itulah beberapa gejala diabetes yang harus Anda waspadai. Anda harus segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut jika mengalami gejala-gejala di atas. Semakin cepat Anda mengetahui, tentu semakin cepat pula pengobatan yang bisa dijalankan.