gerakan-mengecilkan-perut

Tubuh indah dan ramping menjadi badan ideal semua orang, baik wanita atau pria. Keinginan memiliki tubuh tersebut tidak hanya karena penampilan tetapi juga kesehatan. Ada berbagai cara kecilkan perut tanpa olahraga. Namun, olahraga mengecilkan perut tidak hanya membuat kurus, melakukan olahraga juga menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut adalah beberapa gerakan mengecilkan perut yang bisa dilakukan.

 

Baca Juga: Squats, Kenali Manfaat dan 8 Gerakannya!

 

8 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

1. Side Plank

Gerakan ini adalah salah satu variasi dari gerakan plank yang efektif untuk membantu mengecilkan bagian pinggang dan perut. Ikuti instruksi di bawah ini untuk melakukan gerakan side plank dengan benar.

  • Dimulai dari berbaring di lantai atau yoga mat menghadap ke samping dengan siku lengan yang dekat dengan lantai dalam posisi ditekuk.
  • Persiapkan kaki dan siku sebagai tumpuan.
  • Angkat pinggul, pastikan posisi tubuh dan tungkai sejajar dengan lurus.
  • Tahan posisi dan ulangi gerakan.

 

2.Crunch

Crunch adalah salah satu gerakan dasar olahraga kalistenik yang efektif untuk membakar lemak di area perut. Lakukan gerakan ini dengan benar agar lemak terbakar dan tidak terluka saat melakukan gerakannya.

  • Berbaring di lantai atau yoga mat, menghadap ke langit – langit dengan kaki ditekuk dan telapak kaki menapak ke matras.
  • Berikan jarak kaki selebar pinggul dan letakkan tangan di belakang kepala.
  • Tarik napas.
  • Secara perlahan arahkan kepala ke lutut sambil menghembuskan napas
  • Ulangi gerakan.

 

3. Reverse Crunch

Reverse Crunch banyak digunakan di olahraga yoga. Gerakan ini adalah salah satu variasi dari gerakan crunch dan juga efektif untuk mengurangi lemak yang ada di area perut, lho! Namun, untuk gerakan ini lebih berfokus pada otot terdalam di perut jadi sangat efektif bila ingin membakar lemak perut bagian bawah. Ikuti langkah – langkah ini untuk melakukan reverse crunch dengan benar.

  • Posisikan tubuh sama dengan posisi melakukan crunch.
  • Angkat kaki ke udara.
  • Arahkan paha ke dada.
  • Pastikan ada jarak di antara dagu dan dada.

 

4. Twist Crunch

Variasi crunch yang satu ini juga banyak dilakukan saat melakukan yoga. Twist crunch bisa membantu untuk mengecilkan perut. Ikuti langkah – langkahnya untuk melakukan gerakan dengan benar.

  • Posisikan tubuh sama dengan posisi melakukan crunch.
  • Letakkan kedua tangan di bawah kepala seperti akan melakukan sit – up.
  • Angkat bahu ke arah yang berlawanan, seperti bahu kanan diarahkan ke kiri.
  • Pastikan untuk lakukan pada kedua sisi.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Wajib Dicoba, Sehat Walau di Rumah

 

5. Vertical Leg Crunch

Gerakan varian crunch ini bagus untuk mengecilkan perut karena otot perut akan bekerja lebih keras saat melakukan gerakan ini. Seperti banyak variasi gerakan crunch lainnya, vertical leg crunch juga digunakan dalam olahraga yoga. Ikuti langkah – langkah gerakannya di bawah ini.

  • Berbaring di lantai atau di yoga mat menghadap ke langit – langit. 
  • Pastikan tangan berada di belakang kepala.
  • Luruskan kaki ke atas dengan lutut dalam posisi menyilang.
  • Flex abs, angkat kepala dan bahu, arahkan ke lutut.
  • Pastikan kaki tetap lurus.
  • Ulangi gerakan.

 

6. Exercise Ball Crunch

Gerakan ini memerlukan bantuan gym ball dan berfokus untuk meningkatkan kestabilan banyak otot untuk mengecilkan perut. Ikuti langkah – langkahnya di bawah ini.

  • Pastikan bola tidak bergerak.
  • Berbaring di atas bola hingga posisi punggung bawah berada di atas bola dan kaki menapak di lantai.
  • Posisi tangan di depan dada atau berada di belakang kepala. 
  • Kontrak perut lalu angkat tubuh ke atas dan arahkan kedepan.
  • Turunkan tubuh, pastikan bola tetap stabil.
  • Ulangi gerakan.

 

7. Boat Pose

Boat pose sangat efektif untuk melatih dan menguatkan perut bagian bawah. Awalnya mungkin akan terasa perih, tetapi semakin sering melakukannya rasa sakitnya akan menghilang. 

  • Duduk tegak dan tekuk lutut.
  • Tapak kaki di lantai. 
  • Sandarkan tubuh ke belakang sambil mempertahankan keseimbangan posisi duduk.
  • Pastikan tubuh tetap tegak dan angkat kaki dari lantai.
  • Luruskan tangan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Pertahankan posisi selama 30 detik.
  • Ulangi gerakan. 

 

8. Pose Superwoman

Gerakan ini tidak hanya untuk mengencangkan otot perut tapi juga otot pinggul, otot paha dan untuk bokong. Ikuti langkah – langkah gerakannya disini.

  • Berbaring di yoga mat dalam posisi telungkup.
  • Tangan lurus ke depan di atas kepala.
  • Posisi seluruh tubuh harus lurus.
  • Seakan – akan terpang, angkat tangan dan kaki bersamaan.
  • Pertahankan gerakan, pastikan tangan dan kaki tetap di atas.
  • Ulangi gerakan.

 

Meskipun memiliki tubuh idealmu bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri, akan lebih baik menumbuhkan rasa senang berolahraga untuk menjaga tubuh dari risiko kesehatan. Pastikan untuk tetap makan selama diet, daripada mengurangi porsi makan secara drastis, ganti dengan alternatif makanan rendah kalori. Selain olahraga dan menjaga makan, berikan tubuh perlindungan lebih dengan asuransi kesehatan dari Super You, aman untuk tubuh dan aman untuk kantongmu, kok!

Artikel Terkait