Haid tidak lancar

Kenapa Haid tidak lancar? Apa Penyebabnya? Bagi perempuan salah satu tanda – tanda dari pubertas adalah terjadinya haid atau menstruasi. Haid biasanya terjadi 2 sampai 2,5 tahun setelah tumbuhnya payudara dan normalnya akan terjadi setiap bulan. Namun, bisa jadi menstruasi yang terjadi terlalu sering atau sangat jarang menyebabkan siklus haid tidak lancar. Yuk, ketahui penyebab haid tidak lancar dan apakah ada dampaknya?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai siklus haid tidak lancar, mari pelajari dahulu dasar dari haid.

 

Apa itu Haid

Apa itu haid? Menstruasi atau juga dikenal dengan haid adalah siklus normal bulanan dimana setiap wanita pasti mengalami pendarahan dari vagina. Darah menstruasi berasal dari lapisan rahim.

Terjadinya menstruasi adalah karena tidak terjadi kehamilan. Setiap bulan, tubuh perempuan akan mempersiapkan sel telur yang diproduksi dari indung telur untuk kehamilan yang akan terjadi dan ini disebut ovulasi. Apabila setelah sel telur diproduksi tubuh tidak ada kehamilan maka akan terjadi menstruasi.

 

Tipe Haid Tidak Lancar

Haid tidak lancar terjadi apabila siklus menstruasi terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 25 hari. Salah satu ciri – ciri haid tidak lancar adalah banyak darah yang dikeluarkan saat menstruasi berbeda – beda atau lama jenjang menstruasi berubah – ubah. Namun, tidak semua haid tidak lancar sama, terdapat beberapa tipe haid tidak lancar. Yuk, simak di bawah ini.

  • Polymenorrhea siklus menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari
  • Oligomenorea kebalikan dari polymenorrhea dimana jangka waktu menstruasi sangat lama, tetapi masih kurang dari 90 hari.
  • Amenorrhea terjadi apabila menstruasi terjadi 3 bulan berturut – turut
  • Dismenore mengalami rasa nyeri atau kram yang hebat saat sedang menstruasi
  • Terjadinya pendarahan tidak normal pada uterus sehingga menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari dengan pendarahan yang lebih banyak atau bisa juga dengan muncul pendarahan dan bercak muncul di antara dua periode menstruasi.

 

Baca Juga: 9 Tips Persiapan Melahirkan Penting, Moms Wajib Tahu!

 

Apa Penyebab Haid Tidak Lancar

Selain jenis – jenis dari haid tidak lancar, ada juga penyebab haid tidak lancar. Mari ketahui beberapa penyebab haid tidak lancar di bawah ini.

1. Menopause

Menopause adalah salah satu penyebab haid tidak lancar yang alami. Saat terjadi menopause, wanita tidak bisa hamil secara alami. Saat sudah mengalami menopause, hormon estrogen dan progesteron mulai tidak teratur dan karena itu indung telur sudah tidak lagi melepaskan sel telur sehingga haid menjadi tidak lancar.

2. Kehamilan

kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak lancar. hal ini karena saat hamil menstruasi akan berhenti, coba cek ke dokter dan pastikan jika anda sedang mengandung atau tidak. 

3. Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. penggunaan IUD bisa menyebabkan darah yang keluar saat menstruasi menjadi lebih banyak. Penggunaan pil KB bisa menghambat darah menstruasi sehingga hanya keluar sedikit saat masa awal penggunaan atau bahkan menghentikan menstruasi hingga 6 bulan.

4. Pola Hidup

Pola hidup juga bisa menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi hingga haid tidak lancar. olahraga berlebihan dan berat badan yang turun secara drastis bisa menyebabkan haid tidak lancar. Selain itu obesitas huga bisa hipogonasidme yaitu hormon reproduksi yang bekerja untuk mengatur siklus menstruasi berkurang sehingga menjadi salah satu penyebab haid tidak lancar.

5. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik merupakan kelainan hormon yang hanya terjadi pada wanita. Apabila seorang wanita menderita PCOS maka menstruasi bisa menjadi sangat jarang atau menjadi lebih sering atau bisa juga ketidaknormalan terjadi saat pelepasan telur jadi haid tidak lancar karena tidak mengalami menstruasi atau darah yang dikeluarkan hanya sedikit.

6. Masalah Tiroid

Terjadinya masalah pada tiroid bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. Salah satu fungsi dari kelenjar tiroid adalah untun memproduksi hormon. Namun, apabila ada masalah pada kelenjar tiroid, maka menstruasi juga bisa terpengaruh, karena itu penting untuk konsultasi ke dokter untuk mengecek kadar hormone tiroid.

7. Penyakit Kronis

Penyakit kronis seperti diabetes bisa menyebabkan haid tidak lancar karena gula darah yang tidak stabil sehingga memengaruhi perubahan hormon. Hal ini bisa menyebabkan haid tidak teratur atau bahkan terlambat.

8. Kanker Rahim

Hal ini perlu diperhatikan, gejala stadium awal kanker adalah haid tidak lancar dimana bisa diawali dengan menstruasi yang terlambat, tetapi jika sudah masuk ke stadium lanjut maka darah yang dikeluarkan saat menstruasi menjadi lebih banyak.

 

Baca Juga: Kenali 11 Ciri – Ciri Kanker Serviks, Apakah Gejala Awal?

 

9. Kista

Kista ovarium bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. selain haid tidak lancar beberapa hal lainnya yang bisa disebabkan oleh kista ovarium adalah rasa nyeri yang berlebih saat sedang menstruasi.

 

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Untuk mengatasi haid tidak lancar, pahami penyebab haid tidak lancar dan segera lakukan konsultasi ke dokter.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi haid tidak lancar.

  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, jangan olahraga terlalu keras dan belajar untuk mengelola stress dengan baik
  • Jika terjadi haid tidak lancar selama 3 bulan saat memakai alat kontrasepsi, segera ganti alat kontrasepsi yang digunakan
  • Cek dan segera tangani penyakit tiroid dan sindrom ovarium polikistik
  • Apabila mengalami stres dan berat badan turun drastis, pertimbangkan melakukan konseling
  • Lakukan cek up kesehatan organ secara rutin

 

Itu lah, 9 penyebab haid tidak lancar. Jika melihat tanda – tanda tersebut atau menggunakan hal – hal yang bisa menyebabkan haid tidak lancar segera lakukan cek up dengan dokter dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Atau anda bisa cek Kalkulator Masa Subur sebelum mengetahui penyebab haid tidak lancar. Miliki asuransi kesehatan dari Super You untuk proteksi kesehatan menyeluruh dengan harga yang aman di kantong dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Artikel Terkait