operasi gigi bungsu

Gigi bungsu adalah gigi yang tumbuhnya paling terakhir. Biasanya pada saat usia 17-25 tahun. Operasi gigi bungsu umumnya dilakukan sesuai dengan prosedur medis dengan cara mencabut untuk menghindari masalah yang lebih serius pada gigi.

 

Apakah Operasi Gigi Bungsu Berbahaya?

Walaupun tujuannya baik, namun operasi gigi bungsu juga dapat menimbulkan komplikasi. Biasanya seperti nyeri hebat, pendarahan, pembengkakan, muntah, bibir kering, dan sakit tenggorokan.

Apakah Operasi Gigi Bungsu Harus Rawat Inap?

Pada umumnya setelah operasi, perawatan yang dilakukan adalah rawat jalan. Kamu bisa pulang ke rumah di hari yang sama. Pada kasus lain, ada pasien yang harus menjalani rawat inap karena kendala tertentu.

Penyebab Gigi Bungsu Harus Dicabut

Biasanya gigi bungsu dicabut karena menimbulkan rasa sakit atau masalah pada gigi. Penyebab utama adalah agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan gigi geraham. Selain itu penyebab lain adalah menghindari karies gigi atau infeksi pada akar gigi. Selanjutnya yaitu terjadinya periodontitis yang mana adalah gangguan pertumbuhan pada gigi yang dapat merusak kesehatan gigi.

Berapa Lama Sembuh Setelah Operasi?

Kamu membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu untuk memastikan kondisi gigi kamu pulih seutuhnya. Namun lamanya proses ini bukan menjadi patokan karena setiap orang memiliki waktu pemulihan yang berbeda-beda. Tergantung seberapa besar impaksi gigi pasca operasi.

 

Apa Saja Perawatan Setelah Operasi Gigi Bungsu?

Berikut beberapa hal yang kamu harus perhatikan setelah operasi.

  1. Konsumsi obat-obatan yang telah diresepkan Dokter
  2. Jangan meminum minuman yang bersuhu panas
  3. Hindari berkumur agar tidak menyebabkan pendarahan. Jika ingin berkumur, dapat menggunakan air garam hangat.
  4. Jangan menyenggol bekas luka dengan lidah
  5. Hindari kebiasaan merokok agar mempercepat proses penyembuhan
  6. Menyikat gigi dengan hati-hati agar kebersihan luka tetap terjaga.

 

Demikian hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang gigi bungsu. Membahas tentang gigi, Super You punya solusi jika sewaktu-waktu kamu harus operasi gigi karena kecelakaan. Kamu bisa menggunakan asuransi Super Motor Protection. Selalu aman sepanjang perjalanan, tanpa ragu dengan asuransi online dari Super You.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya