cara mencegah diabetes di hari diabetes dunia

Hari diabetes sedunia jatuh pada setiap tanggal 14 November. Sayangnya, diabetes masih menjadi salah satu kekhawatiran bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan banyak orang tidak menyadari mempunyai diabetes, sedangkan kondisi kesehatan yang bisa membawa penyakit serius lainnya. 

Pada hari diabetes sedunia tahun ini, mari kita belajar bersama tentang diabetes dan bagaimana cara mencegahnya. Yuk, simak artikelnya!

Apa itu diabetes?

Diabetes adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak lagi bisa memproduksi hormon insulin (diabetes tipe 1) atau hormon insulin dalam tubuh tidak bekerja secara efektif (diabetes tipe 2). Insulin sendiri adalah sebuah hormon penting karena insulin berguna untuk mengambil gula dari darah dan memecahkannya menjadi energi yang kemudian dipakai untuk tubuh. 

Jika insulin tidak bekerja, maka kadar gula dalam darah akan semakin tinggi dan berakibat buruk kepada kesehatan. Biasanya penderita diabetes mempunyai gula darah tinggi, serta mengalami “kencing manis”.

Kenapa diabetes berbahaya?

Memangnya kenapa kalau kadar gula dalam darah tinggi? Sayangnya, tingginya kadar gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengatur jantung. Karena itu, diabetes seringkali menjadi salah satu faktor risiko penyebab stroke dan penyakit jantung

Selain dapat menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke, diabetes juga dapat menyebabkan komplikasi berikut: 

  • Depresi
  • Kehilangan penglihatan
  • Kehilangan pendengaran
  • Kerusakan pada kaki, seperti infeksi atau nyeri yang tidak bisa sembuh
  • Kelainan kulit, seperti infeksi bakteri dan jamur
  • Dementia

Karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga kadar gula dalam darah kamu tetap normal. Bukannya lebih baik mencegah dibanding mengobati?

Antisipasi Risiko Penyakit di Masa Depan dengan Perlindungan Penyakit Kritis, Hanya Rp28.500 / Bulan Saja!

Bagaimana cara mencegah diabetes?

Ada beberapa faktor risiko diabetes yang merupakan faktor gaya hidup yang bisa kita ubah, dimana kita bisa mencoba untuk hidup lebih sehat. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah diabetes:

  1. Terapkan olahraga aerobik, seperti lari atau sepeda, secara rutin. Usahakan untuk bisa mendapatkan 150 menit per minggu. Jika terlihat mustahil, maka kamu bisa mencoba dari 10 menit per hari untuk awal, sebelum mencapai target 150 menit per minggu.
  2. Kurangi konsumsi makanan dengan lemak jenuh dan karbohidrat olahan. Contohnya seperti terlalu banyak gorengan, nasi putih, roti putih, dan mi instan.
  3. Lebih banyak memakan buah-buahan dan sayuran.
  4. Makan dengan porsi yang lebih sedikit.
  5. Coba untuk menurunkan berat badan jika kamu penderita kelebihan berat badan atau obesitas.
  6. Kurangi minuman yang manis, seperti boba, minuman bersoda, teh kemasan, dan lainnya. Jika bisa, biasakan untuk minum air putih saja.
  7. Berhenti merokok. Nyatanya, merokok tidak hanya bisa menyebabkan risiko diabetes, tapi banyak risiko penyakit kritis lainnya. 
  8. Konsumsi makanan dengan vitamin D, seperti kuning telur, jamur, susu. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur di pagi atau sore hari, atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin D. Faktanya vitamin D dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Walaupun kita bisa mencegah faktor risiko gaya hidup dari diabetes, namun ada beberapa jenis diabetes yang tidak bisa dicegah.

Jenis diabetes tertentu tidak bisa disembuhkan, yakni diabetes tipe 1. Hal ini dikarenakan penyakit diabetes tipe 1 bukan berdasarkan faktor gaya hidup, tetapi karena kerusakan pada sistem imun. Beberapa penyebab diabetes 2, seperti faktor genetik dan umur, juga tidak bisa dicegah.

Bagaimana jika tidak bisa dicegah?

Tidak bisa mencegah, bukan berarti tidak ada harapan. Kamu pun bisa mengantisipasi diabetes dengan jeli melihat gejala diabetes, serta dengan menyiapkan perlindungan kesehatan. 

Melalui perlindungan asuransi online Super You, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko finansial dari penyakit kritis. Mulai dari Rp28.500 per bulan, asuransi penyakit kritis yang dilengkapi oleh asuransi jiwa Super Strong bisa melindungi kamu dari risiko seperti kanker, serangan jantung, dan stroke. Berbekal hanya KTP Tertanggung dan Ahli Waris, kamu bisa mendaftar dalam beberapa klik, tanpa adanya medical check-up

SHARE

Artikel Terkait Lainnya