hari jantung sedunia

Sebagai organ vital, jantung memiliki peran penting untuk memompa darah keseluruh tubuh, menyuplai oksigen, dan nutrisi makanan keseluruh tubuh. sayangnya, masih banyak sekali yang belum sadar terhadap pentingnya menjaga kesehatan jantung, sehingga angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung masih sangat tinggi. Oleh karena itu Federasi Jantung Dunia mencetuskan Hari Jantung Sedunia sebagai upaya untuk menciptakan kesadaran orang-orang di dunia akan penyakit jantung. Yuk lebih kenal dengan Hari Jantung Sedunia. 

Hari Jantung Sedunia

Sejarah Hari Jantung Sedunia

Sejarah Hari Jantung Sedunia

Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day diperingati setiap tanggal 29 September. Hari Jantung Sedunia diperingati untuk memberi tahu orang di seluruh dunia bahwa penyakit kardiovaskuler termasuk jantung dan stroke merupakan penyakit berbahaya yang menjadi penyebab utama kematian di dunia. 

Hari Jantung Sedunia pertama kali dicetuskan oleh World Heart Federation (WHF) yang bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) pada tahun 1999. Ide merayakan Hari Jantung Sedunia divisualisasikan oleh Antoni Bayés de Luna, yang merupakan presiden Federasi Jantung Dunia pada saat menggagas ide tersebut.

World Heart Federation (WHF) adalah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Jenewa, Swiss. Seluruh anggota WHF secara aktif terlibat dalam menyebarkan informasi kematian dini akibat penyakit jantung. Hari Jantung Sedunia adalah kampanye yang didirikan untuk menyebarkan kesadaran tentang menjaga kesehatan jantung di antara orang-orang di seluruh dunia.

Peringatan Hari Jantung Sedunia dapat menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kesehatan jantung. Penyakit kardiovaskuler (CVD) termasuk penyakit jantung dan stroke menjadi penyebab utama kematian secara global. Kemenkes RI mendefinisikan penyakit kardiovaskuler sebagai penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular sendiri merupakan penyakit tidak menular. WHO menyebutkan pada tahun 2016 terdapat 17,5 juta jiwa meninggal karena penyakit kardiovaskuler atau sekitar 31% dari seluruh kematian di dunia. 

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kewaspadaan, sebanyak 90 negara secara global memperingati Hari Jantung Sedunia setiap tahun dengan menyelenggarakan berbagai acara.  Acara ini merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan kesadaran tentang penyakit jantung.  Selain itu, ada keterlibatan besar dari banyak asosiasi pemerintah dan non-pemerintah dari negara-negara di seluruh dunia.

Baca Juga : Ingat 7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini!

Fakta Hari Jantung Sedunia

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap minggu akhir di bulan September. berikut beberapa fakta mengenai Hari Jantung Sedunia. 

1. Hari Jantung Sedunia Sebagai Kampanye Bahaya Penyakit Jantung

Hari Jantung Sedunia diperingati untuk memberi tahu kepada individu di seluruh dunia tentang bahaya penyakit Kardiovaskular (jantung dan stroke), adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Dilihat dari sejarah yang ada, hari jantung sedunia awalnya diperingati pada tanggal 24 September tahun 2000, perayaan tersebut merupakan bentuk kampanye global oleh World Heart Organization yang mengajak individu, keluarga, komunitas serta pemerintah di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam menjaga kesehatan jantung mereka dan orang lain. dalam kampanye ini Federasi Jantung Dunia juga mengajak seluruh orang-orang di dunia untuk memerangi beban global penyakit kardiovaskular serta untuk mendorong aksi internasional hidup jantung sehat di seluruh dunia. 

2. Hari Jantung Sedunia dan Edukasi Hidup Sehat

Penyakit kardiovaskular (termasuk jantung dan stroke) merenggut 18,6 juta setiap tahunnya, peringatan Hari Jantung Sedunia bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk dapat mengendalikan faktor penyebab penyakit kardiovaskular, yang diantaranya yaitu pola makan yang tidak sehat, dan pengurangan penggunaan tembakau. dengan menerapkan pola hidup sehat kita dapat mengurangi 80% kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke. 

3. Sebagai Upaya Tindakan Pencegahan Penyakit Jantung

Hari Jantung Sedunia berfokus pada kampanye tentang tindakan yang dapat dilakukan setiap orang dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung dan stroke, dengan mengendalikan faktor-faktor resiko seperti diet yang tidak sehat, aktivitas fisik, dan lain-lain. Pada perayaan hari jantung sedunia, Orang-orang di seluruh dunia dapat menemukan peristiwa yang meningkatkan kesadaran tentang penyakit kardiovaskuler (Cardiovascular Disease) seperti gejala, langkah-langkah yang dapat diambil untuk melawannya, dan bagaimana membantu orang-orang di sekitar kita yang mungkin menderita.

4. Berbagai Acara di Hari Jantung Sedunia

Federasi Jantung Dunia setiap tahunnya mensponsori acara internasional dan mendeklarasikan tema untuk hari jantung, melakukan penggalangan dana, pemeriksaan Kesehatan gratis, mengadakan kegiatan olahraga dan lainnya. Setiap tahunnya pertemuan ilmiah tentang penelitian kardiovaskular diadakan oleh perkumpulan medis untuk memperingati hari jantung di dunia. Difusi informasi dan diskusi tentang penyakit kardiovaskular berlangsung di platform seperti forum, talk show televisi, podcast, poster, dan lainnya.

5. Hari Jantung Sedunia di Indonesia

Untuk menyambut Hari Jantung Sedunia, tahun ini Yayasan Jantung Indonesia menggelar kegiatan yang bertajuk Indonesia Heart Bike 2022. Kegiatan tersebut akan diadakan di beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Bandung, Jakarta, Semarang Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar. Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 20 Agustus 2022 dan kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 3 September sampai dengan 2 oktober 2022.

Baca Juga : Ini dia 14 Penyebab Angin Duduk, Termasuk Penyakit Jantung!

Tema Hari Jantung Sedunia

Dilansir dari laman World Heart Federation, tema Hari Jantung Sedunia 2022 adalah use heart for every heart. Dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia, untuk mencegah penyakit jantung, dan menangani penyakit jantung.  Federasi Jantung Dunia juga telah bermitra dengan perusahaan kesehatan digital untuk merayakan Hari Jantung Sedunia.

Federasi Jantung Dunia mempertimbangkan tema untuk perayaan setiap tahunnya, mereka menyebarluaskan informasi dan mengadakan diskusi tentang berbagai penyakit jantung pada tingkat yang berbeda dan platform yang bervariasi.  Beberapa di antaranya seperti poster, podcast, dan forum yang cukup populer.  Hari itu juga ditandai dengan pemeriksaan Kesehatan gratis, penggalangan dana, dan banyak lagi.  Semua acara tersebut mendorong orang untuk tetap aktif dan sadar akan kesehatan mereka.

Ucapan Hari Jantung Sedunia

Ucapan Hari Jantung Sedunia

Untuk merayakan Hari Jantung Sedunia, berikut adalah beberapa contoh ucapan selamat Hari Jantung Sedunia yang dapat kamu pakai:

  1. Selamat Hari Jantung Sedunia, ayo berjanji untuk menjaga kesehatan jantung demi masa depan yang sehat.
  2. Mari kita buat untuk lebih banyak orang tau tentang bahaya penyakit jantung. Selamat hari Jantung Sedunia
  3. Menjaga tubuh tetap rileks membantu  hidup lebih lama dan lebih sehat.  Jaga kesehatan jantung jika ingin panjang umur dan bahagia.  Selamat Hari Jantung semuanya!
  4. Gaya hidup yang sehat adalah paling nyata untuk menyayangi jantung  kita. Semoga kita mendapatkan yang terbaik di Hari Jantung Sedunia ini.
  5. Jadilah cerdas untuk melindungi jantungmu, selamat Hari Jantung Sedunia!
  6. Cegah Penyakit jantung dengan makan sehat dan tidur cukup, selamat Hari Jantung Sedunia!
  7. Berhenti merokok, mari ambil langkah untuk jantung yang lebih sehat. Selamat Hari Jantung Sedunia.
  8. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan makan dan tidur yang benar serta mengurangi stress. Selamat Hari Jantung Sedunia!
  9. Mari rayakan hari jantung sedunia dengan melakukan pemeriksaan jantung! Salam hangat untukmu di Hari Jantung Sedunia ini.
  10. Hidup akan lebih indah dan menyenangkan Ketika kamu memiliki jantung yang sehat. Selamat Hari Jantung Sedunia.
  11. Jantung yang sehat adalah hadiah termanis untuk hidup yang Bahagia, selamat hari jantung semuanya!
  12. Setiap jantung itu istimewa, membutuhkan perhatian juga kasih sayang. Salam hangat di Hari Jantung Sedunia ini.

LOVING PARENT Super easy health

Demikian sejarah dan beberapa fakta menarik tentang Hari Jantung. mari kita rayakan Hari Jantung Sedunia dan ingatkan lebih banyak orang tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung. Dalam rangka Hari Jantung Sedunia, yuk canangkan aksi memproteksi kesahatanmu dari sekarang lewat asuransi kesehatan dari Super You! Cek untuk informasi selengkapnya!

Artikel Terkait