hari kanker dunia

Hari Kanker Sedunia jatuh pada tanggal 4 Februari. Momen ini diperingati untuk meningkatkan betapa pentingnya dukungan bagi orang-orang yang berada dalam kanker, juga mendorong pencegahan dan pengobatan akan kanker.

 

Sejarah Hari Kanker Dunia

Hari Kanker Sedunia merupakan suatu inisiatif oleh Union for International Cancer Control (UICC) pada tahun 2000. Tujuan utama dari gerakan positif ini yaitu untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker.

Di Indonesia sendiri kasus kanker cukup tinggi terutama kasus kanker paru-paru. Data dari Globocan 2020 menunjukan ada sekitar 396.914 kasus kanker di Indonesia dengan kanker tertinggi, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker paru-paru.

Salah satu gerakan untuk mendukung Hari Kanker Dunia dapat dilihat pada tahun 2016 gerakan #NoHairSelfie dimana partisipan mencukur rambut di kepala untuk menunjukan simbol keberanian bagi pasien dalam proses pengobatan.

super strong protection

 

Baca Juga : Apa itu Kanker Prostat dan Cara Mencegahnya

 

Apa Tema Hari Kanker Dunia Tahun 2021?

Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini masih sama dengan 2 tahun sebelumnya, yaitu “I AM and I WILL”. dengan sub tema “Together, all our actions matter”. Tahun 2021 ini merupakan tahun terakhir kampanye I Am and I Will. Tema ini diharapkan dapat menunjukan bahwa apa pun tindakan kita, besar atau kecil harus berdampak pada orang sekitar.

Di Indonesia, untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mempersiapkan video dan audio kampanye yang bertemakan Hari Kanker Sedunia. Dalam video tersebut berisikan animasi informasi cara pencegahan kanker. Video dan audio dapat diundur pada portal promkes.kemkes.go.id

Dengan adanya momen ini diharapkan kita saling mendukung orang di sekitar untuk menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat. Mengingat sampai saat ini pandemi virus Corona masih ada. Jangan lupa rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup, dan lindungi diri dengan Asuransi.

Kamu bisa mendapatkan asuransi penyakit kritis di Super You dengan premi terjangkau hanya Rp 28.500 per bulan (Cover COVID-19).

super strong corona

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya