harganas

Harganas atau Hari Keluarga Nasional diperingati setiap tanggal 29 Juni. Tahun 2021 ini, tema dari Hari Keluarga Nasional adalah “Keluarga Keren Cegah Stunting” dengan tagar #keluargaIndonesiacegahstunting. Tagar ini dapat kamu semarakan di media sosial. Peringatan Harganas menjadi momen untuk kita merefleksikan pentingnya institusi terkecil dalam suatu masyarakat, yaitu keluarga.

 

Mengapa Stunting?

Menurut hasil dari Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) menunjukan selama 5 tahun terakhir, terdapat peningkatan jumlah stunting pada balita normal yang meningkat 57,8% dari tahun 2013 ke tahun 2018.

Stunting adalah istilah medis yang digunakan untuk menunjukan kondisi anak kerdil dan pendek; ketika anak gagal tumbuh, dalam usia di bawah 5 tahun (balita) karena kekurangan gizi kronis. Seorang anak tergolong stunting jika tinggi badannya dibawah standar deviasi panjang atau tinggi anak-anak sebayanya.

Mengapa perlu memperhatikan stunting? karena generasi penerus bangsa ini harus berasal dari keluarga yang berkualitas sehat. Oleh karena itu penting untuk mendukung setiap keluarga kecil di Indonesia termasuk di pedalaman.

 

Tema dan Logo Hari Keluarga Nasional 2021

Tahun ini adalah Harganas ke-28. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tema tahun ini adalah “Keluarga Keren Cegah Stunting” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran untuk memperhatikan gizi bayi dan mencegah stunting.

Kondisi stunting di Indonesia merupakan masalah krusial yang memang harus ditangani secara serius. Indonesia menduduki peringkat ke 108 dari 132 negara dalam hal stunting (menurut Global Nutrition Report 2016).

Perlu diketahui bahwa anak dengan kondisi stunting rentan terhadap penyakit dan berisiko menurunkan tingkat produktivitasnya.

 

Sejarah Hari Keluarga Nasional

Harganas lahir pada tanggal 29 juni yang mana berkaitan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Pada waktu melawan penjajah saat itu banyak keluarga terpisah karena harus terjun ke medan perang. Pada tanggal 22 Juni 1949 ketika Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia melalui diplomasi perjanjian Roem-Royen, seminggu setelahnya pada 29 Juni 1949, para pejuang akhirnya kembali ke keluarganya masing-masing. Momen berkumpulnya para pejuang dengan keluarga dikenang sebagai Hari Keluarga Nasional.

 

Jaga Kesehatan Keluarga Kamu

Masa pandemi COVID-19 saat ini penting untuk menjaga kesehatan kamu dan keluarga. Mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin, dan berolahraga saja belum cukup. Kamu butuh perlindungan tambahan seperti asuransi kesehatan. Di Super You, kamu bisa mendapatkan asuransi penyakit kritis Super Well untuk 10 penyakit kritis (jantung, stroke, kanker, dan lainnya) dan asuransi kesehatan Super Care untuk 30 penyakit infeksi atau penyakit menular termasuk COVID-19. Premi terjangkau, mulai dari Rp 50 ribu per bulan, dapat limit tanggungan Rp 1 m per tahun, dan manfaat lainnya. Yuk, klik banner dibawah ini!

Asuransi Penyakit Kritis

Artikel Terkait Lainnya