hemoglobin

Pastinya pernah dengar mengenai hemoglobin dong di kelas biologi. Hemoglobin merupakan bagian dalam darah merah yang biasanya digambarkan menyerupai obat tablet berbentuk lingkaran berwarna merah, tetapi apa itu hemoglobin dan fungsi hemoglobin sesungguhnya?

Table of Contents

Apa itu Hemoglobin

Darah mungkin hanya terlihat seperti cairan merah, tetapi dalam darah terdapat komponen penting di dalam tubuh. Di dalam darah terdapat sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), plasma darah dan trombosit. Nah, di dalam sel darah merah ini ada hemoglobin. tetapi apa itu hemoglobin?

Hemoglobin adalah yang membuat darah menjadi warna merah. Hemoglobin yang juga dikenal sebagai Hb merupakan protein dalam darah yang berbentuk bulat seperti tablet, tetapi pada bagian tengahnya lebih pipih. Bentuk ini memudahkan sel darah merah untuk bergerak dan mengalir di dalam pembuluh darah. 

Hemoglobin terdiri dari empat rantai yang mengandung heme pada setiap rantainya. Heme merupakan senyawa yang mengandung zat besi. 

Fungsi Hemoglobin 

Hemoglobin memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Fungsi hemoglobin yang utama adalah mengangkut oksigen dan membawa oksigen tersebut untuk di distribusikan ke seluruh jaringan tubuh bersama dengan sel darah merah. 

Namun, fungsi hemoglobin tidak berhenti di sana karena hemoglobin juga berperan dalam membentuk sel darah merah sesuai dengan bentuk yang sesuai, yaitu lingkaran dengan bagian tengahnya lebih tipis dan rata. 

Fungsi hemoglobin tidak mengangkut oksigen, tetapi juga mengangkut karbon dioksida yang ada pada jaringan tubuh untuk dibawa kembali ke paru – paru untuk bertukar dengan oksigen.

Baca Juga: Tergantung Usia, Berapa Tekanan Darah Normal Kamu?

Kadar Hemoglobin Normal

Melakukan cek hemoglobin penting untuk mengetahui jika saat ini memiliki kadar hemoglobin normal atau tidak. Pada dasarnya memang ada kadar hemoglobin normal, tetapi ini bervariasi dan bergantung pada usia, jenis kelamin dan kondisi yang dialami saat itu. 

  • Pada pria, kadar hemoglobin normal adalah 13 gram / dL
  • Pada wanita dewasa, kadar hemoglobin normal adalah 12 gram / dL
  • Pada wanita hamil, kadar hemoglobin normal adalah 11 gram / dL
  • Pada remaja, kadar hemoglobin normal adalah 12 gram / dL
  • Pada bayi baru lahir, kadar hemoglobin normal adalah 11 gram / dL
  • Pada anak – anak, kadar hemoglobin normal adalah 11,5 gram / dL

Penting untuk cek hemoglobin karena jumlah hemoglobin yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan menyebabkan masalah pada fungsi hemoglobin sehingga tidak bisa bekerja dengan baik. 

Masalah Hemoglobin Tidak Normal

Hemoglobin tidak normal bisa menyebabkan masalah kesehatan. tetapi tenang saja karena pengobatannya tidak selalu membutuhkan perawatan medis. Nah, sebelum kamu melakukan cek hb darah, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hasil dari tes hemoglobin, yakni pola makan, aktivitas, siklus menstruasi, obat-obatan yang dikonsumsi dan beberapa kondisi lainnya.

  • Kadar Hemoglobin Tinggi 

Ketika kadar hemoglobin tinggi ini akan menyebabkan pasokan oksigen yang berlebihan. Terjadi hemoglobin tinggi bisa menjadi efek samping dari gaya hidup atau obat atau kondisi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan tingginya kadar hemoglobin:

  • Memiliki kondisi paru, seperti PPOK dan fibrosis paru 
  • Penyakit jantung bawaan 
  • Penyakit gagal jantung bagian kanan 
  • Dehidrasi, merokok atau bisa juga akibat berada di tempat tinggi 
  • Memiliki kondisi polisitemia vera dimana sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah merah

Meski kadar hemoglobin tinggi menakutkan, tidak semua hasil pemeriksaan Hb berarti dalam kondisi serius ya. Terkadang orang yang tinggal di kawasan dataran tinggi memiliki jumlah hemoglobin yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Cegah Risikonya dengan Mengenali 15 Gejala Diabetes Melitus!

  • Kadar Hemoglobin Rendah

Jika kadar hemoglobin rendah maka bisa menyebabkan seseorang terkena anemia yang disertai dengan beberapa efek samping tertentu, seperti menjadi cepat lelah dan terlihat pucat akibat kekurangan hemoglobin sehingga sel darah merah tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh. 

Pastikan untuk tidak menganggap remeh anemia karena meski terdapat beberapa jenis anemia yang tergolong sebagai penyakit ringan, tetapi ada juga yang tergolong sebagai penyakit serius yang bahkan bisa mengancam jiwa. 

Salah satu jenis anemia yang paling umum terjadi adalah Anemia Defisiensi Zat Besi atau Iron Deficiency Anemia (IDA) yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Hal ini menyebabkan pentingnya untuk mengonsumsi makanan penambah hb karena hemoglobin kaya akan zat besi. 

Apa saja makanan penambah hb? Yuk, ketahui di bawah ini! 

Makanan Penambah HB untuk Meningkatkan Zat Besi 

Untuk menambahkan hemoglobin, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan folat, vitamin C dan zat besi. Berikut ini adalah beberapa makanan penambah hb yang bisa dikonsumsi jika termasuk sebagai seseorang dengan kadar hemoglobin rendah.

  • Hati Sapi 

Hati sapi merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat besi dan memiliki peran penting untuk memproduksi hemoglobin di sel darah merah. 100 gram hati sapi memiliki kandungan zat besi sebesar 6,5 miligram. 

Agar hati sapi bisa diolah menjadi makanan penambah hb yang ga,bang dan efektif diserap oleh tubuh, salah satu caranya bisa dengan mengolahnya menjadi nasi tim. 

  • Daging Merah 

Daging merah selalu dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan zat besi. 100 gram daging merah memiliki kandungan zat besi sebesar 3 miligram karena itu efektif sebagai makanan penambah hb. Dibandingkan makanan penambah hb lainnya, zat besi dari daging merah menjadi yang paling gampang dan efektif untuk diserap oleh tubuh. 

Mengonsumsi zat besi dari daging merah juga dinilai lebih stabil dibandingkan jika mengonsumsi zat besi dari suplemen zat besi. Hindari untuk mengolah daging merah dengan suhu tinggi seperti dibakar atau digoreng agar manfaatnya lebih optimal.

  • Ikan 

Beragam jenis ikan mengandung zat besi yang tinggi, seperti ikan tuna, salmon hingga ikan sarden karena itu ikan menjadi makanan penambah hb yang efektif. Namun, untuk mempertahankan efektivitasnya, pastikan mengolah ikan dengan cara dikukus.

  • Bayam 

Sayuran hijau merupakan makanan penambah hb dan bayam adalah salah satunya. 100 gram bayam memiliki kandungan zat besi sebesar 3 miligram, tetapi perlu diketahui bahwa zat besi yang ada pada bayam merupakan zat besi non heme yang tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Untungnya bayam mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi menjadi lebih mudah agar kadar hb dalam darah meningkat. 

  • Kol

Kol merupakan sayur yang biasa dijadikan lalapan, tetapi aslinya sayuran ini tinggi akan vitamin C yang membantu memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh loh. 100 gram sayur kol memiliki kandungan vitamin C sebesar 50 miligram. Untuk memaksimalkan efektivitas kol sebagai makanan penambah hb, hindari menggoreng atau memanaskannya dalam suhu tinggi.

Baca Juga: Ingin Meningkatkan Kadar HDL Kolesterol? Cukup Ikuti 5 Tips ini Saja!

  • Brokoli

Brokoli ampuh menjadi makanan penambah hb dengan kandungan zat besi, folat dan vitamin C di dalamnya. 91 gram brokoli atau 1 mangkuk sayur brokoli memiliki kandungan vitamin C sebesar 81 miligram, folat sebesar 57 mikrogram dan zat besi sebesar 1 miligram. 

  • Tahu

Tahu merupakan lauk yang umum dikonsumsi di Indonesia dan tidak hanya mengenyangkan, tahu juga merupakan makanan penambah hb. 100 gram tahu atau 1 porsi tahu memiliki kandungan zat besi sebesar 3,5 miligram sehingga efektif untuk meningkatkan hemoglobin di dalam darah, tetapi untuk memaksimalkan efeknya pastikan untuk tidak mengolah tahu dengan cara digoreng, lebih baik dikukus atau direbus.

  • Cokelat Hitam 

Coklat yang merupakan makanan manis sangat dihindari oleh mereka yang sedang diet, tetapi coklat hitam dengan kandungan kakao yang melebih 80% terbukti sehat dan merupakan makanan penambah hb loh

28 gram coklat hitam memiliki kandungan zat besi sebesar 3,5 gram serta berbagai nutrisi baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti antioksidan dan prebiotik.

  • Apel 

Buah apel dengan banyak manfaat kesehatannya, juga menjadi makanan penambah hb loh. Ini karena tingkat vitamin C yang tinggi dalam buah apel dimana 100 gram buah apel memiliki kandungan zat besi sebesar 0,3 miligram dan vitamin C sebesar 5 miligram. 

Untuk mendapatkan manfaatnya sebanyak mungkin, buah apel bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus.

  • Jeruk 

Buah jeruk terkenal kaya akan vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi lebih baik. Hal ini membuat buah jeruk makanan penambah hb, tetapi selain vitamin C, buah jeruk juga kaya akan vitamin A dan betakaroten sehingga penyerapan zat besi menjadi semakin mudah!

Dengan pentingnya menjaga tingkat hemoglobin, pastikan untuk menjalankan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi yang bisa menyehatkan tubuh serta rutin olahraga. Namun, untuk mencegah risiko kesehatan dan finansial, ketatkan keamanan dengan asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan!

Artikel Terkait