Innate Immunity

Sistem imun non spesifik atau innate immunity adalah sistem pertahanan tubuh yang bersifat fisik. Pertahanan ini menjadi “pertahanan garis depan” dari tubuh kita terhadap benda-benda asing yang masuk. 

Namun, sebelum kita masuk ke innate immunity dan seberapa pentingnya bagi kesehatan tubuh, kita akan mencari tahu dulu apa itu sistem imun dan apa fungsinya.

 

Apa itu Sistem Imun Tubuh?

Ibarat dalam peperangan, sistem imun bagai sebuah pengawal yang melindungi tubuh kamu dari berbagai “musuh” (penyakit). Secara definisi, sistem imun tubuh adalah sekumpulan protein, sel, jaringan, dan struktur biologis lainnya yang bertugas mempertahankan kesehatan tubuh.

Apa Saja Fungsi Sistem Imun?

Tugas utama dari sistem imun tubuh adalah untuk:

  • Mengenali dan mendeteksi zat asing dan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh;
  • Melumpuhkan dan melenyapkan patogen, mulai dari virus, bakteri, dan parasit;
  • Melawan perubahan berbahaya di dalam tubuh, seperti sel kanker;
  • Mendeteksi dan menghancurkan sel yang sudah rusak atau mati; dan
  • Memastikan keseimbangan proses dan keadaan internal tubuh (homeostasis).

Jenis Sistem Imun

Ada dua jenis sistem imun tubuh, yaitu:

  1. Sistem imun non spesifik (innate immune system), yaitu sistem imun yang sudah ada sejak kamu lahir.
  2. Sistem imun spesifik (adaptive immune system), yaitu sistem imun yang tubuh kamu bentuk setelah terpapar zat asing tertentu.

Kedua sistem imun tubuh ini saling melengkapi satu sama lain.

 

Baca Juga : Ingin Tubuh tetap Sehat? Ini Manfaat Infused Water

 

Apa Itu Innate Immunity?

Seperti yang sudah sempat dibahas, innate immunity adalah sistem pertahanan tubuh secara fisik yang sudah ada dari kita lahir. Contohnya adalah kita sudah mempunyai kulit, lendir dalam hidung dan mulut, hingga mekanisme batuk dan bersin.

Innate immunity sangat penting sebagai “pertahanan pertama” dari tubuh kita. Termasuk sebagai innate immunity adalah sekumpulan sel darah putih bernama fagosit. Cara kerja fagosit adalah mengerumuni sel asing dan menelannya.

Apa Bedanya dengan Sistem Imun Spesifik?

Sistem imun spesifik dapat terbentuk dengan bantuan sistem imun non spesifik. Jika sistem imun non spesifik tidak bekerja karena zat asing yang menyerang terlalu kuat, maka sistem imun spesifik akan membentuk antibodi spesifik untuk melawan zat asing tersebut.

Antibodi ini membutuhkan beberapa waktu untuk terbentuk. Selanjutnya tubuh akan dengan mudah mengenali zat asing tersebut secara spesifik ketika mereka menyerang tubuh kembali. Tubuh pun akan langsung memproduksi antibodi yang sama seperti dahulu.

Sistem imun spesifik ini adalah alasan kenapa imunisasi dan vaksinasi penting. Keduanya mengajarkan sistem imun tubuh kita untuk membuat antibodi spesifik bagi penyakit. Namun, penyakit tersebut sendiri sudah disuntikkan dalam keadaan lemah sehingga tidak menyebabkan risiko.

 

Seberapa Pentingnya Innate Immunity?

Walau sistem imun spesifik terdengar lebih keren dan ampuh, tapi innate immunity justru menyediakan pertahanan utama. Jika kita terserang secara tiba-tiba dan zat asing tersebut kuat, tentunya kita tidak akan punya waktu untuk membalas dengan antibodi. 

Karena dari itu, innate immunity seseorang sangat penting. Terutama jika ada pandemi penyakit baru dan herd immunity masih belum terbentuk.

Lantas, bagaimana sih caranya untuk meningkatkan innate immunity?

 

Cara Meningkatkan Sistem Imun Non Spesifik

Sistem imun non spesifik sebenarnya tidak bisa kamu “tingkatkan”. Hal ini karena fungsi sistem imun non spesifik hanya untuk menjaga keseimbangan. Jika sistem imun terlalu kuat dan terangsang, maka keseimbangan pun tidak tercapai.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan agar “keseimbangan” ini terjaga adalah dengan melalui diet yang seimbang dan olahraga. Contohnya adalah:

Sequis

 

Antisipasi Risiko Penyakit Kamu

Terkadang kita tidak bisa mencegah risiko penyakit yang datang secara tiba-tiba. Sembari menunggu sistem imun spesifik, innate immunity pun harus mempertahankan tubuh sampai antibodi terbentuk. 

Sama halnya, kamu juga bisa membantu antisipasi risiko penyakit dengan asuransi. Sembari kamu menunggu kesembuhan datang, kamu bisa mempermudah diri dalam proses penyembuhan dengan mempunyai asuransi yang menangani tagihan rumah sakit kamu. Dengan begitu, proses penyembuhan pun bisa terus terjadi.

Melalui asuransi online Super You by Sequis Online, kamu bisa mendapatkan pertahanan dari risiko finansial hanya mulai dari Rp30.000-an saja per bulan. Karena itu, jangan menunda proteksi untuk kamu dan keluarga. 

Kalau belum yakin, cek produknya dulu ya!

Artikel Terkait Lainnya