sunscreen

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang manfaat sunscreen. Sunscreen sendiri memiliki banyak istilah yang masih belum diketahui oleh para pengguna. Tanpa disadari istilah di label sunscreen itu penting lho, karena itu memberikan informasi mengenai isi kandungan sunscreen tersebut.

 

Mengetahui isi kandungan dari label sunscreen dapat memberi tahu apakah sunscreen tersebut bagus atau tidak. Berikut adalah istilah yang harus diketahui sebelum membeli sunscreen:

 

SPF

SPF (Sun Protection Factor) adalah label sunscreen yang paling umum. Kegunaan dari label ini adalah untuk menunjukan proteksi dari sinar UVB dalam sunscreen. Penting untuk memperhatikan angka yang berada di belakang label SPF karena itu menjadi indikator berapa lama kulit akan terlindungi dari sinar matahari.

Apabila kulit anda terbakar saat terpapar sinar matahari dalam waktu sepuluh menit, maka sunscreen dengan SPF 50 akan melindungi kulit anda 50 kali lama (besar kandungan SPF X berapa menit kulit terbakar).

 

Berikut ini adalah persentase perlindungan dari sinar UVB berdasarkan besar kandungan SPF:

  SPF 15: Melindungi 93% dari sinar UVB

  SPF 30: Melindungi 97% dari sinar UVB

  SPF 50: Melindungi 98% dari sinar UVB

  SPF 100: Melindungi 99% dari sinar UVB

 

Berdasarkan dari rekomendasi AAD (American Academy of Dermatology Association) lebih baik untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau yang lebih tinggi.

 

PA

Label PA (Protection Grade of UVA) menunjukan proteksi dari sinar UVA, kebalikan dari SPF yang hanya memberikan perlindungan dari sinar UVB. Tingkatan perlindungan PA dapat dilihat dari banyaknya tanda ‘+’ seperti berikut:

  PA+ = Sedikit perlindungan dari sinar UVA

  PA++ = Cukup perlindungan dari sinar UVA

  PA+++ = Tinggi perlindungan dari sinar UVA

  PA++++ = Sangat tinggi perlindungan dari sinar UVA

 

Penggunaan label PA lebih banyak digunakan oleh sunscreen merek Asia dan sekarang sunscreen brand lokal, dibandingkan sunscreen merek Amerika yang lebih banyak menggunakan label broad spectrum.

 

Broad-spectrum

Sunscreen dengan label broad spectrum mencakup perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Meskipun sudah mencakup perlindungan dari sinar UVA dan UVB, perlu diperhatikan juga tingkat SPF dan proteksi dari sinar UVA yang berada dalam sunscreen.

 

PPD

Seperti label PA, label PPD (Persistent Pigment Darkening) dalam sunscreen juga menunjukan tingkat perlindungan dari sinar UVA. PPD mengukur berapa lama hingga kulit seseorang menggelap. Label PPD lebih banyak digunakan oleh merek Eropa.

 

Cara menghitung PPD sama seperti menghitung SPF (besar kandungan PPD x berapa menit kuling berubah warna)

 

Waterproof sunscreen

Banyak sunscreen yang memiliki klaim waterproof, tetapi hal ini tidak benar. Keringat dan air dapat melunturkan sunscreen lho. Karena itu penggunaan istilah waterproof pada sunscreen sekarang dilarang oleh FDA (Food and Drug Administration).  Meskipun tidak ada sunscreen yang waterproof, tetapi ada sunscreen yang water resistant.

 

Water Resistant Sunscreen

Water resistant sunscreen menunjukan bahwa sunscreen dapat bertahan dan melekat pada kulit meski basah dalam jangka waktu tertentu. Biasanya jangka waktu water resistant pada sunscreen adalah 40 menit dan 80 menit untuk very water resistant. Setelah itu apabila basah harus diaplikasikan ulang. Apabila tidak basah, seperti sunscreen pada umumnya, diaplikasikan ulang setiap 2 jam.

 

Nah, sudah tahu kan istilah-istilah yang berada di sunscreen? Mari mulai perhatikan label sunscreen saat memilihnya. Namun, ingat bahwa tidak ada sunscreen yang dapat memberikan 100% perlindungan dari sinar matahari.

 

Memperhatikan pakaian yang dipakai juga bisa menjadi perlindungan lebih. Anda bisa menggunakan pakaian yang memiliki label UPF (Ultraviolet Protection Factor). Ayo tingkatkan perlindungan dari sinar matahari dengan memilih sunscreen yang benar, serta menggunakan pakaian yang sesuai untuk proteksi dari sinar matahari.