makanan untuk penderita tipes

Jika kamu terkena tipes, penting untuk memperhatikan jenis makanan bagi penderita tipes apa yang dianjurkan dan pantangan makanan untuk penderita tipes apa saja yang gak boleh kamu konsumsi. Karena makanan juga mempengaruhi proses penyembuhan ketika kamu menjalankan pengobatan tipes.

Makanan untuk Penderita Tipes

Jenis Makanan untuk Penderita Tipes yang Dianjurkan

Jenis Makanan untuk Penderita Tipes yang Dianjurkan

Karena sakit perut umum dirasakan sebagai salah satu gejala tipes ringan, makanan yang dipilih untuk orang tipes sebaiknya ringan dan mudah dicerna. Biasanya makanan untuk penderita tipes juga mempunyai rasa yang hambar karena lebih mudah dicerna, serta memperkuat imunitas tubuh.

Berikut pilihan menu makanan untuk penderita tipes:

  • Makanan berkarbohidrat tinggi yang lunak

Contohnya adalah bubur, bubur sereal, kentang panggang atau bakar, serta telur rebus. Jenis makanan ini bisa membantu mengembalikan stamina tubuh pasien. Makanan yang lunak dapat membantu penderita tipes agar terhindar dari potensi komplikasi tipes seperti pendarahan di usus atau luka pada dinding usus karena pada umumnya sistem pencernaan penderita tipes bisa jadi dalam kondisi yang kurang baik.

  • Makanan tinggi kalori

Contohnya adalah kentang rebus, nasi tim, pisang, dan pasta. Jenis makanan bagi penderita tipes ini bisa membantu memberikan energi serta mencegah turunnya berat badan akibat demam. Protein dalam makanan berkalori tinggi tentu bermanfaat untuk tubuh sebagai sumber energi yang berfungsi untuk pemeliharaan jaringan tubuh yang rusak. Hitung kalori kamu dengan kalkulator kalori.

  • Air dan buah yang kandungan airnya tinggi

Jenis makanan dan minuman ini bisa membantu mengembalikan kandungan air dalam tubuh yang terkuras saat demam. Cairan yang cukup dalam tubuh penting dijaga agar kamu cepat sembuh dari penyakit tipes. Contoh minuman yang dianjurkan adalah jus buah, air kelapa muda, kaldu sayur, dan minuman berelektrolit. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah yang cocok untuk tipes, yaitu buah yang kaya akan air, seperti anggur, semangka, dan aprikot.

  • Produk olahan susu

Jenis makanan ini membantu asupan protein yang cukup bagi tubuh. Contoh menu makanan yang bisa dianjurkan adalah yoghurt, telur, dan susu.

Pantangan Makanan untuk Penderita Tipes

Selain mengkonsumsi makanan untuk penderita tipes agar cepat sembuh, pastikan kamu juga tidak makanan yang dapat memperparah kondisi pasien tipes. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan makanan untuk penderita tipes.

  • Sayuran mentah

Beberapa jenis sayur dapat menyebabkan perut terasa kembung. Antara lain, kol, kubis, paprika, cabai, hingga lobak. 

  • Kandungan serat tinggi

Tingginya serat dapat mempersulit pencernaan. Contohnya pada roti gandum dan sereal whole grains.

  • Makanan berminyak

Makanan yang mengandung banyak minyak dapat memperparah radang yang ada di dalam saluran pencernaan. Terutama untuk gorengan dan mentega.

  • Makanan berempah

Semua makanan yang mengandung rempah, bumbu, dan makanan pedas dapat menyebabkan peradangan pada usus. Karena itu, ada baiknya kamu menghindari bubuk cabai, cabai rawit, paprika, sambal, cuka, dan berbagai saus yang digunakan dalam salad.

Tips lainnya yang bisa kamu terapkan adalah hindari untuk jajanan makan di jalan untuk sementara. Selain itu, ada baiknya kamu membagi porsi makanan menjadi lebih kecil dan lebih sering untuk memudahkan pencernaan. Disarankan kamu juga menghindari makan es krim yang mempunyai rasa.

Hitung Premi Sekarang


Demikian ulasan tentang jenis makanan untuk penderita tipes yang dianjurkan. Jika kamu mulai merasakan gejala tipes, segera berobat ke Rumah Sakit terdekat. Lindungi diri juga sejak dini dengan Asuransi Penyakit Menular dari Super You.

Artikel Terkait