Jerawat Punggung

Jerawat punggung tidak seperti jerawat di wajah yang lebih terlihat, tetapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri yang sama dengan jerawat wajah. Hal ini karena jerawat punggung mengganggu penampilan seseorang dan karena lokasinya yang tidak terlihat bisa menyebabkan masalah yang lebih serius dari jerawat wajah.

Cara mengatasi jerawat punggung bisa dilakukan dengan berbagai macam metode, baik alami dan menggunakan obat jerawat punggung. Kedua cara menyembuhkan jerawat punggung akan memberikan hasil yang berbeda, tetapi sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat di punggung, mari ketahui dahulu apa itu jerawat punggung.

Jerawat Punggung

Apa itu Jerawat Punggung

Apa itu Jerawat Punggung

Jerawat pada dasarnya adalah hal masalah kulit yang umum terjadi pada setiap orang. Meski biasanya kekhawatiran banyak orang pada jerawat muka, jerawat bisa terjadi pada berbagai area di badan, seperti dada, leher, punggung hingga bisa muncul di perut. 

Jerawat yang terjadi di badan lebih banyak dialami oleh pria dibanding wanita. Namun, karena tidak mudah dilihat, umum untuk masalah kulit ini tidak disadari dan tidak ditangani. Jerawat di badan, terutama jerawat di punggung harus ditangani segera, meski tidak mudah dilihat, sakit yang ditimbulkan sama dengan rasa sakit jerawat pada umumnya.

Tipe Jerawat Punggung

Tipe jerawat punggung pada dasarnya tidak berbeda dari jerawat yang muncul di area lainnya. Berikut ini adalah tipe jerawat pada umumnya: 

  • Komedo Putih (Whitehead)

Komedo putih yang juga dikenal sebagai whitehead adalah jerawat yang timbul karena pori – pori yang tersumbat akibat minyak berlebih, bakteri dan kulit mati. Penampilan komedo kecil adalah benjolan putih yang kecil.

  • Komedo Hitam (Blackhead)

Selain komedo putih, ada juga komedo hitam atau blackhead yang timbul akibat penyumbatan folikel rambut. Blackhead berbentuk benjolan kecil berwarna hitam dan tidak menimbulkan rasa sakit atau kemerahan di kulit seperti komedo putih.

  • Papula

Papula merupakan jerawat dalam bentuk yang menyerupai bukit, benjolan padat dari bawah kulit dan tidak menunjukan titik nanah. Jerawat papula menimbulkan rasa nyeri dan pada area benjolan terlihat kemerahan.

  • Nodul

Jerawat nodul merupakan lesi jerawat yang timbul di bawah permukaan kulit dan jika dibiarkan akan mengeras dan menjadi benjolan besar yang menimbulkan rasa sakit.

  • Pustula

Kebalikan dari papula, jerawat pustula berisi nanah sehingga jika timbul jerawat punggung dalam bentuk pustula, segera temui dokter.

  • Jerawat Batu

Jerawat batu yang juga disebut sebagai jerawat kistis berisi nanah yang bisa mengiritasi kulit bila pecah. Jerawat batu juga keras, menimbulkan kemerahan dan menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga: Kenali Cara Mengatasi Kulit Kering dan Tipsnya!

Penyebab Jerawat Punggung 

Jerawat punggung memang harus ditangani secepatnya, tetapi sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat punggung, mari ketahui dahulu berbagai macam faktor yang bisa menjadi penyebab jerawat punggung!

  • Hormon

Pada umumnya hormon adalah faktor utama dari timbulnya jerawat. Biasanya jerawat akan timbul saat produksi hormon meningkat seperti saat sedang pubertas, saat wanita mengalami menstruasi atau kehamilan

Jerawat yang timbul karena ketidakstabilan hormon biasanya lebih banyak terjadi pada orang dengan kulit berminyak dan ini termasuk dengan jerawat punggung. Melakukan terapi hormon atau mengonsumsi suplemen dengan kandungan hormon juga bisa menjadi penyebab jerawat punggung, wajah ataupun dada akibat produksi minyak yang meningkat.

  • Genetik 

Selain hormon, faktor genetik seseorang juga berperan banyak dalam timbulnya jerawat. Faktor genetik bisa menyebabkan seseorang memiliki jenis kulit yang sama dengan orang tuanya, sehingga apabila orang tuanya memiliki kulit berminyak maka kemungkinan anaknya akan memiliki jenis kulit yang sama. 

  • Pakaian

Meskipun hormon dan genetik merupakan faktor terbesar penyebab jerawat punggung, masih ada faktor eksternal yang perlu diketahui. Pakaian adalah salah satu faktor eksternal terjadinya jerawat di punggung karena melakukan kontak langsung dengan kulit.

Menggunakan pakaian yang ketat bisa menyebabkan kulit susah untuk bernapas dan mengakibatkan penyumbatan keringat. Keringat yang tersumbat bisa memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan jerawat punggung dan memperparah kondisi jerawat punggung. 

Namun, tidak hanya pakaian ketat, pakaian yang longgar juga bisa memicu pertumbuhan jerawat di punggung bila basah oleh keringat. Jika setelah berolahraga tidak segera membersihkan diri dan mengganti pakaian baru bisa memicu jerawat punggung dan bahkan memicu terjadinya ruam kulit, infeksi jamur dan melemahkan daya tahan tubuh.

  • Mengonsumsi Obat Tertentu

Produksi hormon juga bisa dipicu oleh obat atau suplemen, karena itu mengonsumsi obat atau suplemen tertentu bisa menjadi penyebab jerawat punggung dengan meningkatkan produksi hormon. Beberapa jenis obat yang bisa memicu jerawat di punggung adalah antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen dengan kandungan hormon atau pil KB.

Baca Juga: Wajah Sering Bruntusan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

  • Tempat Tidur Kotor

Tidur di area yang kotor juga bisa menjadi penyebab jerawat punggung jika tidak rutin dibersihkan. Hal ini karena tempat tidur bisa menjadi kotor, lembab dan berminyak, tempat ideal untuk rumah bakteri tinggal dan berkembang biak, akibatnya bisa memicu berbagai macam masalah kulit seperti jerawat punggung. Pastikan untuk mencuci sprai, sarung bantal dan guling setiap minggu sehingga tempat tidur tetap bersih.

  • Menggunakan Perhiasan

Menggunakan perhiasan bisa menjadi penyebab jerawat punggung, hal ini terutama di bagian leher karena mengakibatkan iritasi kulit pada beberapa orang. Hal ini tidak hanya pada perhiasan, tetapi bisa juga dengan benda lain seperti tas punggung dan selempang yang harus melakukan kontak langsung dengan area punggung atau pundah. Jerawat yang timbul akibat dipicu oleh iritasi kulit ini bernama acne mechanica.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Karena sudah mengetahui jenis – jenis jerawat punggung dan penyebab jerawat punggung, mari ketahui cara menghilangkan jerawat punggung. 

  • Menjaga Kebersihan

Kotoran seperti minyak dan keringat yang menempel di tubuh bisa memicu timbulnya jerawat punggung, karena itu, menjaga kebersihan seperti rutin mandi, mengenakan pakaian bersih, membersihkan lingkungan seperti tempat tidur penting sebagai cara mengatasi jerawat punggung.

  • Eksfoliasi

Sel kulit mati bisa menyebabkan jerawat punggung, karena itu, selain menjaga kebersihan dengan mandi rutin, lakukan eksfoliasi dua kali seminggu. Eksfoliasi bisa membantu mengangkat kulit mati sehingga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat di punggung dan cara menghilangkan bekas jerawat punggung.

  • Jauhi Pakaian Ketat

Menghindari pakaian ketat juga menjadi cara menghilangkan jerawat punggung. Menggunakan pakaian yang longgar bisa mencegah penyumbatan keringat, tetapi pastikan pakaian tersebut bersih.

  • Gunakan Sabun untuk Jerawat Punggung

Mandi dengan sabun untuk jerawat punggung, biasanya sabun yang digunakan adalah yang mengandung asam salisilat, untuk mengatasi benjolan dan komedo, dan benzoil peroksida, untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

  • Batasi Penggunaan Produk Berbahan Dasar Minyak

Hanya gunakan produk berbahan dasar minyak secukupnya. Hal ini karena produksi minyak berlebih bisa memicu timbulnya jerawat punggung. Membatasi penggunaan produk dengan bahan dasar minyak bisa menjadi cara mengatasi jerawat punggung, atau untuk menggunakan produk yang berbahan dasar air dan memiliki label non – komedogenik.

  • Singkirkan Rambut dari Punggung

Rambut bisa menyimpan debu, kotoran dan mengandung minyak, karena itu mengikat rambut agar tidak menyentuh punggung bisa menjadi cara mengatasi jerawat punggung.

Obat Jerawat Punggung

Selain cara menghilangkan jerawat punggung di atas, obat jerawat punggung juga bisa digunakan untuk membantu kondisi jerawat punggung. Berikut ini adalah obat yang bisa digunakan untuk jerawat di punggung:

  • Benzoil peroksida bisa digunakan sebagai obat jerawat
  • Jika kondisi jerawat parah, maka bisa menggunakan antibiotik oral
  • Retinol
  • Obat resep dari dokter seperti tetrasiklin dan doksisiklin
  • Obat minum yang mengandung isotretinoin

super spektaday

Meski tidak terlihat, jerawat punggung juga harus dirawat. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan untuk tidak hanya mencegah timbulnya jerawat punggung, tetapi juga penyakit kulit lainnya. Pastikan untuk menjaga kesehatan juga dengan asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh, mulai dari Rp135.000 per bulan, lho!

Artikel Terkait