Kacamata Anti Radiasi

Siapa sangka, kacamata anti radiasi sekarang jadi salah satu produk yang paling banyak dicari. Kehadiran kacamata anti radiasi dinilai menjadi solusi menjaga kesehatan mata. Apalagi kalau kamu suka banget seharian di depan layar laptop. Kamu butuh kacamata anti radiasi ini! 

Kacamata Anti Radiasi

Apa Itu Kacamata Anti Radiasi?

Kacamata anti radiasi adalah kacamata dengan lensa khusus yang dapat menangkal radiasi. Karena tanpa disadari, mata kita terpapar oleh dua jenis radiasi. Pertama, sinar ultraviolet dari sinar matahari. Kedua, sinar biru dari alat elektronik yang sering kita gunakan.

Paparan radiasi bisa menyebabkan sejumlah masalah, seperti mata kelelahan, mata kering, bahkan meningkatkan frekuensi sakit kepala. Dampak paparan radiasi tersebut tidak bisa dibiarkan terlalu lama, karena bisa menyebabkan kerusakan mata permanen. Untuk mengantisipasinya, bisa menggunakan kacamata anti radiasi.

Fungsi Kacamata Anti Radiasi

FYI, mata kita tidak dapat membatasi paparan-paparan radiasi dengan baik. Inilah fungsi kacamata anti radiasi tersebut, yang mana akan mengurangi jumlah paparan radiasi yang berlebihan. 

Kegunaan kacamata anti radiasi lainnya adalah menjaga mata tetap segar sehingga akan seperti penglihatan alami. Hal ini dikarenakan kacamata anti radiasi memiliki penetrasi dan penyerapan yang dapat disesuaikan dengan cahaya yang ada.

Baca juga: Cara Mengobati Mata Bintitan

Manfaat Kacamata Anti Radiasi

Apakah penggunaan kacamata anti radiasi benar-benar memberi kita manfaat? Tentu saja! Ini 12 manfaat kacamata anti radiasi yang dapat kamu rasakan.

  • Meminimalisir paparan sinar matahari (ultraviolet)
  • Melindungi mata dari paparan sinar biru (blue light)
  • Menghalau radiasi elektromagnetik
  • Menyerap gelombang mikro frekuensi rendah
  • Mengurangi ketegangan mata
  • Meredakan ketidaknyamanan saat menggunakan gadget
  • Mampu menyesuaikan kondisi lampu sekitar
  • Menyegarkan penglihatan
  • Mencegah mata kelelahan
  • Mencegah mata menjadi kering
  • Mengantisipasi kerusakan mata yang lebih parah
  • Meningkatkan kualitas tidur
Kacamata Anti Radiasi Kekinian

Kacamata Anti Radiasi Photocromic

Salah satu jenis kacamata anti radiasi kekinian adalah photochromic. Disebut kacamata anti radiasi kekinian karena dapat berubah warna hanya dalam hitungan detik saja lho! Tapi kerap disamakan, kacamata anti radiasi photochromic ternyata berbeda dengan kacamata anti radiasi yang biasa. Mari kita lihat perbedaannya di bawah ini!

  • Segi bahan

Kacamata anti radiasi photochromic terbuat dari reaksi kimia, yakni bahan karbon dengan pembuatan warna khusus. Sedangkan kacamata anti radiasi biasa terbuat dari lensa anti-reflective (AR) dan anti pantul.

  • Segi fungsi dan manfaat

Fungsi kacamata anti radiasi photochromic adalah berubah warna menjadi gelap secara otomatis ketika terpapar cahaya matahari. Perubahan warna pada kacamata anti radiasi photochromic lebih efektif melindungi mata kita dari sinar ultraviolet.

Sedangkan, kacamata anti radiasi yang biasa tidak berubah menjadi gelap, alias lensanya akan tetap berwarna bening. Namun, manfaat kacamata anti radiasi lebih efektif melindungi mata kita dari sinar biru (blue light).

  • Segi Pengguna

Kacamata anti radiasi photochromic merupakan pilihan yang tepat ketika berada di luar ruangan. Sebab itu, akan sangat cocok dengan kita yang sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung. Atau, senang berkendara dengan kendaraan beroda.

Sedangkan, kacamata anti radiasi biasa sangat cocok dengan kita yang bekerja di dalam ruangan. Terutama menggunakan alat-alat elektronik yang menghasilkan sinar biru, seperti laptop atau komputer.

  • Segi harga

Harga kacamata anti radiasi photochromic sedikit lebih mahal dibandingkan kacamata anti radiasi biasa. Mengingat fungsi dan manfaat kacamata anti radiasi photochromic dinilai unggul. Namun bila dihitung-hitung, kamu akan lebih hemat karena tidak harus lagi membeli kacamata hitam.

Efek Samping Kacamata Anti Radiasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat kacamata anti radiasi membantu menjaga kesehatan mata kita. Sayangnya, penggunaan kacamata anti radiasi yang terlalu sering juga memberi efek samping. Tapi, nggak perlu khawatir karena efek samping ini tidak akan membahayakan kok! Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Membuat penglihatan jadi tampak kuning

Salah satu efek samping kacamata anti radiasi adalah apa yang kamu lihat akan tampak sedikit kuning. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan membaca layar, terutama layar gadget.

  • Menurunkan kemampuan scotopic mata

Scotopic adalah daya mampu mata untuk bisa melihat dengan jelas saat pencahayaan terasa kurang. Ketika mata kita terbiasa melihat pencahayaan yang tinggi, kemudian berubah melihatnya dari lensa kacamata anti radiasi. Maka, kemungkinan mata akan terkesan malas memahami lingkungan bercahaya rendah.

  • Mengubah persepsi terhadap warna

Salah satu kegunaan kacamata anti radiasi adalah penyerapan radiasi yang dapat disesuaikan dengan pencahayaan yang ada. Tetapi bila terlalu sering, persepsi pengguna terhadap warna akan berubah.

  • Menimbulkan rasa pusing

Manfaat kacamata anti radiasi yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi ketajaman penglihatan mata kamu. Alhasil kamu mudah merasa pusing.

Baca juga: Cahaya Matahari Bikin Flek Hitam? Simak Faktanya!

Kacamata Anti Radiasi Asli dan Palsu

Kacamata Anti Radiasi Asli dan Palsu

Mengikuti perkembangan tren, kacamata anti radiasi pun semakin kekinian. Ada banyak sekali gaya bentuk dan warna lensa kacamata anti radiasi kekinian. Mulai bentuk frame cat eye hingga clear lens. Kamu tinggal pilih mana bentuk dan warnanya yang cocok, tapi sama sekali nggak ketinggalan zaman tuh!

Sayangnya bagi sebagian orang, harga kacamata anti radiasi mungkin masih terbilang mahal. Tapi mau gimana lagi, makin banyak juga yang membutuhkan kacamata anti radiasi ini. 

Ketika kita mencari kacamata anti radiasi, misalnya pada toko-toko offline atau online. Kita akan menemukan puluhan merek dengan harga yang berbeda-beda. Bahkan, ada yang dibanderol dengan harga tak sampai sepuluh ribu rupiah. Dapat dipastikan kacamata anti radiasi tersebut adalah kacamata anti radiasi palsu.

Selain harganya yang tak masuk akal, bagaimana kita dapat membedakan mana kacamata anti radiasi asli dan palsu? Supaya kamu nggak tertipu, yuk ikuti tips di bawah ini!

  • Konfirmasi kemampuan lensa kacamata anti radiasi

Ketika membeli kacamata anti radiasi, tanyakan mengenai kemampuan lensa kacamata anti radiasi. Umumnya, kacamata anti radiasi mampu menghalau sinar ultraviolet dan sinar biru antara 60 sampai 100 persen. Jika informasi yang diberikan ternyata kurang dari kisaran tersebut, bahkan penjual tidak dapat menjawabnya, sebaiknya hati-hati ya!

  • Cek lapisan kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi tersusun atas lapisan logam yang bersifat anti keras, anti air, dan anti silau. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli kacamata anti radiasi, pastikan kembali bahwa ketiga lapisan logam ini ada pada kacamatanya. Kalau kurang dari tiga, artinya kacamata anti radiasi palsu.

  • Amati warna lensa kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi photochromic khususnya akan berubah warna menjadi abu-abu atau kehitaman ketika berada di luar ruangan. Hal ini terjadi karena fungsi kacamata anti radiasi photocromic mampu melindungi mata dari sinar ultraviolet. Ketika tidak berubah warna, dipastikan kacamata anti radiasi palsu.

  • Kacamata anti radiasi menggunakan lensa Anti-Reflective (AR)

Berbeda dengan photochromic, kacamata anti radiasi menggunakan lensa anti reflective yang bekerja untuk mengurangi paparan sinar biru (blue light) dari smartphone kamu.

  • Coba pakai kacamata anti radiasi mengarah ke lampu

Cara lain untuk membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu, coba pakai kacamata anti radiasi. Ketika kamu melihat ke arah lampu yang menyala, kamu tidak akan melihat pantulan cahaya di samping lampu. Tapi, bila yang kamu lihat ada bayangan cahaya, kemungkinan besar adalah kacamata anti radiasi palsu.

  • Sorot lensa kacamata anti radiasi dengan laser biru

Kamu butuh sinar biru untuk menguji coba lensa kacamata anti radiasi. Gunakan sinar biru dari pena laser (blue light laser pen). Kemudian arahkan langsung sinarnya ke lensa kacamata anti radiasi. Kalau sinar lasernya nggak tembus, berarti kacamata anti radiasi asli.

  • Beli di optik resmi, terpercaya, dan berkualitas!

Supaya meminimalisir risiko mendapatkan kacamata anti radiasi palsu, coba cara-cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu tadi di optik langsung. Sebaiknya pilih optik yang resmi, terpercaya, serta berkualitas ya!

Asuransi sesuai gaji kamu

Kalau kacamata anti radiasi aja harus beli di optik resmi, apalagi asuransi! Lindungi kesehatan kamu bahkan keluarga pada asuransi kesehatan yang terbukti diawasi langsung oleh OJK ya. Selain terpercaya, biaya premi Super Easy Health dari Super You sangat terjangkau, hanya Rp135.000 per bulan. Konsultasi dokter, perawatan inap, sampai biaya terapi dan check up bisa!

Artikel Terkait