kadar kolesterol normal

Punya tubuh sehat itu anugerah yang tak ada bandingannya lho. Namun, hampir semua orang melupakan pentingnya menjaga kesehatan, jadinya kurang menjaga gaya hidup dan pola makan deh. Salah satu akibat dari kebiasaan buruk tersebut yaitu kadar kolesterol yang gak normal dan berpotensi menimbulkan berbagai penyakit mematikan.

Kolesterol adalah senyawa lemak dalam tubuh yang diproduksi oleh beragam sel. Sekitar seperempat kadar kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh sel hati. Kolesterol juga penting untuk tubuh menjalankan fungsi organ vital dengan baik.

 

Kapan Waktu Tepat Cek Kadar Kolesterol

Yang paling utama dilakukan adalah mengecek kadar kolesterol dengan rutin nih. Sebelum melakukan pengecekan, jangan lupa puasa dulu selama 9 -12 jam. Pengecekan dilakukan dengan melihat berapa miligram kolesterol pada setiap desiliter darah.

Jika Anda adalah seorang: 

  • Perokok.
  • Pemilik berat badan berlebih.
  • Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Pengidap diabetes, ataupun mempunyai riwayat sakit jantung dari keluarga.

Perlu ngecek dari umur 20 tahun nih, karena di umur segitu dengan kebiasaan di atas memiliki risiko kadar kolesterol lebih besar. Tapi, kalau Anda tidak memiliki kondisi tersebut, pengecekan bisa dimulai dari umur 35 tahun.

 

Baca Juga : 7 Makanan ini Dilarang Untuk Penyakit Jantung

 

Jenis Kolesterol

Sejatinya, terdapat 2 jenis kolesterol umum, yaitu kolesterol baik atau High Density Lipoprotein-HDL (berguna untuk mencegah ateroma atau menyempitnya pembuluh darah yang disebabkan oleh lemak), dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein-LDL (membentuk ateroma).

Karena menyempitkan pembuluh darah, ateroma jadi salah satu alasan kadar kolesterol tinggi memicu munculnya penyakit jantung. Ateroma juga bisa dikenal sebagai plak lemak yang menumpuk pada dinding arteri. Jika dibiarkan, plak ini akan semakin menebal dan luas, hingga menyumbat aliran darah.

Namun, selain kolesterol jahat dan baik, ada pula bentuk lain dari lemak yang disebut trigliserida. Jika tingkat trigliserida rendah, dampaknya bagi kesehatan akan menjadi semakin baik.

 

Baca Juga : Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa

 

Kadar Kolesterol Normal untuk Tubuh

Tingkat kolesterol normal dalam tubuh seseorang gak mungkin sama, tergantung dari makanan yang dikonsumsi. Meski begitu, faktor keturunan juga berpengaruh terhadap risiko kadar kolesterol tinggi lho. Nah, agar tubuh sehat, kadar kolesterol total harus seimbang. Umumnya, kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh seseorang dapat terlihat hanya dengan memeriksa tingkat kolesterol total serta HDL saja. Akan tetapi, jika jumlah kolesterol di atas 200 mg per desiliter darah, serta jumlah HDL tidak lebih dari 40 mg per desiliter darah, Anda harus melakukan pengecekan secara lengkap dengan memeriksa LDL dan juga trigliserida.

Yuk, terapkan pola hidup sehat dengan cara berikut!

  • Rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal. 
  • Menjaga asupan makanan. Beberapa jenis makanan dengan kandungan lemak trans sebaiknya dihindari agar kolesterol tidak meningkat. Biasanya ada di makanan yang digoreng, makanan ringan, dan margarin. Konsumsilah makanan seperti ikan (sarden, salmon, tuna, dan mackerel) sebab mengandung omega 3 yang berkhasiat untuk menyehatkan jantung.
  • Makan oatmeal. Jika rutin mengkonsumsi 5 sampai 10 gr serat larut atau setara dengan satu setengah sampai 2 cangkir oatmeal setiap harinya, dijamin kadar kolesterol jahat menurun. Coba deh dicampur buah, pasti semakin berkhasiat dan enak!
  • Mengonsumsi jenis kacang-kacangan. Seperti pistachio, hazelnut, almond, dan semacamnya juga mampu menurunkan risiko serangan jantung. Kacang juga bagus sebagai pengganti makanan berlemak seperti daging dan keju.
  • Konsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Anda dapat mencampurkan sekitar 2 sendok makan minyak zaitun ke dalam masakan atau salad.

Sibuk beraktivitas bikin kebanyakan orang jarang menjaga kesehatan. Tapi, jangan berhenti untuk menjaga pola makan sehat demi menghindari diri dari penyakit, misalnya kolesterol. Yuk, seimbangkan kadar kolesterol agar jauh dari risiko penyakit jantung atau stroke!

 

Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan penting untuk melindungi diri kamu di masa depan dari risiko kesehatan jika kamu butuh rawat inap atau rawat jalan. Asuransi kesehatan gak harus mahal, kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dengan harga terjangkau. Di Super You, premi mulai dari Rp 30 ribuan per bulan dengan santunan harian. Coba cek produk yang sesuai dengan kamu disini.