kanker paru

Kanker paru-paru adalah sebuah penyakit yang timbul akibat tumbuhnya daging atau tumor yang ganas pada jaringan paru-paru. Seperti yang diketahui banyak orang, kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dan menyerang banyak kalangan terutama bagi perokok aktif. 

Meskipun sering terjadi pada perokok aktif, kanker paru-paru juga bisa dialami oleh orang yang bukan perokok. Hal ini biasanya disebabkan seringnya terpapar zat kimia di lingkungan tempat tinggal atau lingkungan bekerja dan bisa juga terpapar asap rokok dari orang lain yang biasa disebut perokok pasif.

 

Apa Saja Gejala Kanker Paru-paru

kanker paru paru 

Sayangnya kanker paru-paru pada tahap awal sering tidak menunjukkan gejala, gejala akan muncul ketika kanker sudah menyebar ke jaringan dan organ sekitar. Kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya yang secara media disebut sebagai metastasis. Untuk gejala keparahan pada penyakit kanker ini juga berbeda-beda. Kenali terlebih dahulu tingkatan stadium kanker.

Berikut adalah beberapa gejala umum kanker paru-paru yang harus dikenali, yaitu:

  • Rasa nyeri  pada dada
  • Batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan semakin buruk dari waktu ke waktu
  • Mengalami masalah pernapasan seperti sesak atau kesusahan bernapas (mengi)
  • Dahak berdarah (lendir batuk dari paru-paru)
  • Suara menjadi serak
  • Mengalami masalah saat menelan
  • Penurunan nafsu makan
  • Penurunan berat badan secara tidak sadar (hitung berat badan ideal disini)
  • Mudah merasa kelelahan

 

Penyebab Kanker Paru-paru

Kebanyakan kasus disebabkan akibat kebiasaan seseorang merokok atau disebut dengan perokok aktif, dimana rokok sendiri mengandung banyak zat beracun yang dapat memicu berbagai penyakit kanker. Selain itu, paparan polusi udara atau zat beracun lainnya seperti arsen, asbes, silica, bensin, dan sebagainya juga mampu meningkatkan resiko terkena kanker paru. Menghisap atau mengkonsumsi ganja juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengidap kanker paru-paru. Faktor lainnya adalah faktor genetika bawaan dari keluarga memberikan peluang seseorang untuk terkena penyakit kanker paru. Seseorang yang memiliki keluarga atau saudara dengan riwayat penyakit kanker paru, perlu berwaspada terhadap penyakit ini. Bahkan seseorang yang pernah menjalani radioterapi juga berpotensi mengalami kanker paru-paru.

Baca Juga :

 

Pengobatan Kanker Paru-paru

Setelah dokter sudah mendiagnosa kanker paru-paru melalui foto Rontgen, CT scan, dan biopsi jaringan, dokter akan mengetahui stadium kanker yang dialami oleh pasien. Dokter juga bisa melakukan PET scan untuk melihat penyebaran kanker di seluruh tubuh pasien.

Lalu, untuk pengobatan pada pasien penyakit kanker ini dapat berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan penyakit yang diderita oleh pasien. Pada stadium awal akan dilakukan operasi, jika kanker telah mencapai stadium akhir atau lanjut, maka biasanya akan dilakukan penanganan berupa radioterapi dan kemoterapi guna menghancurkan sel-sel kanker yang ada. 

Beberapa jenis pengobatan lainnya yang dapat dilakukan untuk menangani kanker paru-paru, yaitu terapi target, terapi ablasi, terapi fotodinamik dan krioterapi.

Asuransi Penyakit Kritis

 

Pencegahan Kanker Paru-paru

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker paru-paru, yaitu:

  • Menghindari konsumsi rokok
  • Menghindari asap rokok
  • Menghindari tempat-tempat yang tercemar oleh zat beracun
  • Lakukanlah diet rendah lemak, tinggi serat dan perbanyak konsumsi sayur, buah serta biji-bijian
  • Lakukanlah olahraga secara teratur

Jadi, itulah beberapa informasi penting mengenai kanker paru-paru yang perlu kita ketahui. Semoga informasi ini dapat menjadi wawasan baru dan bermanfaat bagi Anda. Perlu kita ingat bahwa kesehatan merupakan hal utama dan sangat penting yang perlu kita jaga. Mari menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit itu timbul.

 

Lindungi dengan Asuransi Super Well

Asuransi penyakit kritis Super Well dari Super You memberikan perlindungan untuk 10 jenis penyakit kritis termasuk kanker. Premi terjangkau, mulai dari Rp 50 ribu-an per bulan, kamu sudah terlindungi. Hanya dengan beberapa klik, proses mudah dan cepat. Limit tahunan untuk pengobatan hingga Rp 1 Miliar dengan manfaat lainnya. Yuk, beli sekarang.

Artikel Terkait Lainnya