kebersihan alat makeup

Menjaga kebersihan alat makeup merupakan hal yang penting tetapi masih banyak dilupakan atau bahkan dihiraukan oleh orang – orang. Namun apa sih dampak dari tidak membersihkan alat makeup?

Table of Contents

Efek Tidak Menjaga Kebersihan Alat Makeup

Tidak membersihkan peralatan makeup bisa menimbulkan risiko yang menjengkelkan. Ketahui apa saja risiko dari tidak membersihkan alat makeup dan penjelasannya.

  • Sarang Kotoran dan Bakteri

Sering menggunakan alat makeup tanpa membersihkannya bisa menyebabkan penimbunan produk sisa. Produk sisa ini bisa menyebabkan timbulnya bakteri yang bisa menyebabkan masalah kulit apabila digunakan. 

  • Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Menggunakan alat makeup yang kotor bisa menyebabkan timbulnya jerawat meskipun sudah menggunakan produk skincare. Hal ini dikarenakan bakteri yang berkembang di alat makeup yang kotor.

Baca Juga: Pentingnya Perawatan Kulit Untuk Pria

  • Menyebabkan Iritasi Kulit

Bakteri dan kotoran yang ada di alat makeup yang tidak dibersihkan bisa mentransfer debu dan kotoran ke muka. Hal ini tidak hanya menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi juga memicu sensasi gatal hingga ruam kemerahan. 

  • Bisa Menyebabkan Mata Merah 

Tidak hanya menyebabkan iritasi kulit dan timbul jerawat, alat makeup yang kotor juga bisa menyebabkan mata merah.

  • Pori – Pori Tersumbat 

Alat makeup yang kotor bisa menyebabkan pori – pori tersumbat. Dijelaskan oleh Laramie, seorang profesional makeup artist “apabila tidak menyuci kuas makeup secara rutin, maka kamu menyebarkan kotoran dan bakteri dari wajah, ke makeup-mu dan kembali ke wajah”. Laramie juga menjelaskan apabila terus timbul jerawat dan sudah melakukan semua upaya, mungkin kuas makeup lah penyebabnya.

Dengan risiko yang bisa terjadi karena alat makeup yang kotor, mari ketahui cara yang benar untuk membersihkan alat makeup mu!

Cara Membersihkan Alat Makeup

kuas alis

Peralatan makeup yang tidak dijaga bisa memperpendek masa penggunaan dari alat tersebut. Salah satu cara menjaganya adalah dengan dibersihkan secara rutin, cara membersihkan alat make up juga tidak susah kok. Ikuti saja di bawah ini!

  • Kuas Makeup

  1. Basahkan kuas makeup dengan air hangat 
  2. Apabila menggunakan sabun cair bisa dituangkan ke telapak tangan tetapi jika menggunakan sabun batang maka posisikan bulu kuas langsung ke sabun batang
  3. Pijat bulu kuas dengan lembut hingga kotoran mulai keluar 
  4. Saat semua kotoran sudah keluar, bilas kuas hingga kuas bersih dari sisa kotoran maupun sabun 
  5. Keringkan kuas makeup dengan posisi bulu menggantung di pinggir meja atau wastafel. Jangan dikeringkan dengan tisu.

Dengan berbagai macam jenis kuas makeup, durasi untuk membersihkannya pun berbeda berdasarkan tekstur makeup yang digunakan. Kuas makeup yang digunakan untuk produk kering seperti bedak, eyeshadow dan lainnya, lebih baik untuk dibersihkan dua minggu sekali. Namun untuk kuas makeup yang digunakan untuk produk krim atau cair seperti foundation atau concealer, harus membersihkan sekali seminggu.

Baca Juga: Base Makeup dengan SPF VS Sunscreen Murni

  • Makeup Sponge

beauty blender

Popularitas dari penggunaan makeup sponge mulai ketika beauty blender mengeluarkan spons multifungsi yang berawal digunakan untuk membantu meratakan produk base dalam bentuk krim atau cair, seperti foundation atau concealer. Namun, semakin lama kegunaannya juga semakin banyak hingga digunakan untuk bedak tabur maupun padat. 

Makeup sponge merupakan peralatan makeup yang harus sering dibersihkan, karena jika tidak berisiko timbul dan berkembangnya bakteri didalam sponge. Ketika hal tersebut terjadi maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama kulit, seperti jerawat. Berikut ini adalah beberapa cara mencuci alat make up, yaitu makeup sponge dengan mudah.

Air dan Sabun 

  1. Basahkan sponge dan tunggu hingga mengembang 
  2. Apabila menggunakan sabun cair, tuangkan langsung ke sponge dan pijat dengan jari hingga meresap dan kotoran mulai keluar dari sponge.
  3. Apabila menggunakan sabun batang, gesek sponge langsung ke sabun hingga kotorannya mulai keluar. 
  4. Saat kotoran sudah tidak keluar dan sponge terlihat bersih, bilas dibawah dan pastikan tidak ada lagi sabun atau kotoran. 

Rendam di Air Sabun

  1. Apabila sponge sudah sangat kotor, menurut makeup artist Kathy Jeung akan lebih baik untuk direndam dahulu. 
  2. Persiapkan air sabun di wadah seperti mangkuk. Bisa menggunakan air panas untuk membunuh bakteri.
  3. Masukan sponge dan rendam selama beberapa menit. Dalam beberapa menit ini makeup yang terkandung akan mulai buyar.
  4. Kalau sudah pijat sponge untuk mengeluarkan kotoran dan sabun. Apabila masih ada bagian yang kotor, bisa menambahkan sabun dan pijat hingga kotorannya keluar.
  5. Bilas sponge dengan air dan pastikan sudah bersih serta sabun sudah keluar semua.

Menggunakan Mesin Cuci

  1. Metode menggunakan mesin cuci ini bagus apabila ingin mencuci beberapa sponge secara bersamaan.
  2. Kumpulkan koleksi sponge dan masukan ke kantong mesh.
  3. Masukan kantong mesh berisi sponge ke dalam mesin cuci.
  4. Mencuci bisa dilakukan dengan deterjen atau sabun, namun makeup artist Kathy Jeung suka menggunakan campuran deterjen dan beauty blender liquid cleanser.
  5. Cuci dengan mode gentle.
  6. Setelah selesai gantung kantong dan tunggu sponge kering.

Karena sponge makeup biasanya digunakan untuk produk yang cair, maka lebih baik untuk membersihkannya seminggu sekali.

  • Penjepit Bulu Mata

curled lash

Tidak hanya kuas dan makeup sponge yang perlu dibersihkan, penjepit bulu mata juga wajib untuk dibersihkan ya! Yuk, jangan pernah malas membersihkan penjepit bulu mata.

Pentingnya membersihkan penjepit bulu mata adalah untuk mencegah penjepit yang melakukan kontak langsung dengan mata menjadi sarang bakteri dan penyakit, sehingga tidak gampang untuk terinfeksi. Mengganti karet penjepit bulu mata dan rutin dibersihkan bisa membantu memperpanjang nyawa penjepit. Membersihkan penjepit bulu mata juga mencegah terjadinya kerontokan pada bulu mata. 

Nah, sekarang bagaimana cara membersihkan alat make up penjepit bulu mata? Gampang banget loh. Yuk, ketahui di bawah ini!

  1. Basahkan kapas dengan alkohol yang mengandung 70% alkohol.
  2. Mulai lap semua area penjepit mata dengan kapas tersebut. Pastikan bagian seperti pegangan penjepit dan karet penjepit juga dibersihkan. Posisikan kapas di tengah jepitan, dan mulai jepit untuk memastikan tidak ada area yang tertinggal karena ada risiko bakteri tersembunyi.
  3. Setelah selesai mengelap penjepit bulu mata dengan kapas, pastikan untuk membilasnya dengan air dingin. Meski alkohol bisa kering dengan sendirinya, namun apabila dibiarkan bisa menyebabkan kekeringan pada karet penjepit bulu mata. Saat membilas, pastikan air tidak menyentuh sambungan logam karena bisa berkarat.
  4. Keringkan penjepit bulu mata dengan handuk atau dengan tisu. Meski bisa kering dengan sendirinya, langkah ini bisa mencegah penjepit bulu mata untuk berkarat.

Penjepit bulu mata membuat kontak langsung dengan mata, karena itu meski tidak terlihat kotor lebih baik untuk membersihkannya dua minggu sekali.

Baca Juga:  Ketahui 5 Bisnis Skincare Lokal yang Menyaingi Brand Internasional

Meski ini bisa dibilang hal sepele, tetapi dampak dari membersihkan peralatan makeup besar sekali loh. Kebersihan merupakan salah satu hal yang memberikan perlindungan dari risiko kesehatan karena itu selalu jaga kebersihan di lingkungan sekitar, bisa dimulai dari alat makeup hingga kebersihan rumah. Pastikan juga untuk memiliki asuransi kesehatan untuk perlindungan maksimal.

Artikel Terkait