Ketahui Apa itu Kebugaran Jasmani

Teman SUPERjuangan, masih ingat dengan gerakan senam poco-poco? Ternyata merupakan salah satu aktivitas melatih kebugaran jasmani loh. Kebugaran jasmani juga dijadikan tolok ukur untuk mengetahui seseorang dikatakan bugar atau tidak. Tapi, kamu tau nggak sih apa yang dimaksud kebugaran jasmani? 

Di masa sekolah dulu, kita mendapatkan mata pelajaran olahraga. Nah, pentingnya kebugaran jasmani sebenarnya sudah kita lakukan. Namun, seiring bertambahnya usia, kita lupa akan hal itu. Padahal tubuh yang sehat dan bugar adalah langkah awal untuk mengurangi risiko penyakit tidak menular lho.

Sekarang, ayo tingkatkan kebugaran jasmani kamu dengan mengetahui pengertian kebugaran jasmani, konsep kebugaran jasmani, manfaat kebugaran jasmani, hingga aktivitas kebugaran jasmani bersama SuperMin dalam artikel berikut ini!

Table of Contents

Pengertian Kebugaran Jasmani

Tahukah kamu apa yang dimaksud kebugaran jasmani? Kebugaran jasmani adalah bentuk kesanggupan tubuh untuk menyesuaikan terhadap pembebanan fisik tanpa mengalami rasa lelah yang berlebihan.

Pengertian kebugaran jasmani juga sering disebut kesegaran jasmani. Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang melakukan aktivitas sehari-hari menjadi lebih ringan dan mudah sehingga tetap memiliki sisa tenaga untuk dapat menikmati waktu luang.

Definisi kebugaran jasmani lainnya juga berarti yang berkaitan dengan pengaruh latihan terhadap kondisi fisik. Dengan kata lain, definisi kebugaran jasmani menjadi salah satu faktor penentu kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Fungsi kebugaran jasmani memang tidak terlepas dari kehidupan kita.

Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, semakin tinggi pula kinerja tubuh untuk menyelesaikan kegiatannya dengan optimal. Meski begitu, kebutuhan kebugaran jasmani tiap orang dapat berbeda-beda. Nah, ikuti terus pembahasan berikutnya tentang konsep kebugaran jasmani, ya!

Konsep Kebugaran Jasmani

Definisi kebugaran jasmani menunjukkan kapasitas seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar, serta masih menyimpan tenaga untuk segelintir kegiatan fisik tambahan. Mereka yang memiliki kebugaran jasmani, tentu nggak akan merasa kesakitan yang berarti.

Di samping itu, terdapat tiga hal yang perlu kamu perhatikan, namanya konsep kebugaran jasmani. Apa saja konsep kebugaran jasmani tersebut? 

  • Kondisi fisik

Kondisi fisik dalam konsep kebugaran jasmani diartikan sebagai kemampuan fisik meliputi sebelum, pada saat, dan setelah mengalami suatu proses latihan untuk meningkatkan fungsi kebugaran jasmani. Itu sebabnya berhubungan dengan bagian otot, tulang, juga lemak.

  • Fungsi organ

Fungsi organ dalam konsep kebugaran jasmani berhubungan dengan kerja sama untuk menjaga keseimbangan dan perannya sebagai alat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Fungsi kebugaran jasmani ini meliputi organ jantung, pembuluh darah, dan paru-paru.

  • Respon otot

Otot berfungsi sebagai alat gerak aktif. Maka, respon otot pada konsep kebugaran jasmani adalah reaksi yang timbul selepas melakukan kegiatan fisik tertentu. Dalam hal ini, berhubungan dengan kekuatan, kecepatan, kelenturan, kelincahan, bahkan kelemahan tubuh.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh

Pada dasarnya, setiap individu memiliki kebugaran jasmani. Tapi, tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki bisa saja berbeda-beda. Nah, untuk mendukung kebugaran jasmani kamu pada tingkat yang maksimal, terdapat unsur-unsur yang harus kamu penuhi.

Unsur-unsur kebugaran jasmani ini sebenarnya tidak dapat dipisahkan, alias saling berkaitan satu sama lain. Karena itu, kamu nggak boleh berhenti sampai di sini aja, mari simak unsur-unsur kebugaran jasmani dan ikuti aktivitas kebugaran jasmani di bawah ini!

  • Kekuatan

Salah satu dari 10 unsur-unsur kebugaran jasmani adalah kekuatan. Kekuatan erat kaitannya dengan kemampuan menerima atau memikul beban. Kekuatan otot juga merupakan daya penggerak. Beberapa aktivitas kebugaran jasmani untuk meningkatkan kekuatan otot kamu, seperti push up, sit up, dan pull up.

  • Kecepatan

Unsur-unsur kebugaran jasmani selanjutnya, kecepatan. Kecepatan adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan yang sama atau beda dalam waktu yang sesingkat mungkin. Beberapa aktivitas kebugaran jasmani untuk meningkatkan kecepatan tubuh kamu, yaitu lari sprint dan bersepeda.

  • Kelincahan

Unsur-unsur kebugaran jasmani juga nggak lepas dari kelincahan, yang berarti kemampuan untuk bergerak, mengubah arah, mengubah kecepatan, serta berhenti tanpa kehilangan keseimbangan. Untuk dapat memperoleh kelincahan ini, kamu bisa coba aktivitas kebugaran jasmani seperti skipping dan lari zig-zag.

  • Kelenturan

Kelenturan sebagai unsur-unsur kebugaran jasmani adalah kemampuan diri untuk melakukan gerakan yang memerlukan penguluran tubuh. Salah satu aktivitas kebugaran jasmani kelenturan yang paling mudah kita temui adalah senam, renang, yoga, pilates, ataupun sekadar stretching.

  • Keseimbangan

Saat sikap tubuh tetap dalam kondisi yang stabil dan terkendali atas setiap perubahan posisi, hal tersebut dinamakan keseimbangan. Untuk melatih unsur-unsur kebugaran jasmani satu ini, aktivitas kebugaran jasmani yang boleh kamu lakukan adalah berdiri dengan satu kaki dalam beberapa detik.

  • Koordinasi

Salah satu aktivitas kebugaran jasmani pada koordinasi adalah saat bermain bola basket, di mana terjadi gerakan kepala, kaki, dan juga tangan. Maka, yang dimaksud koordinasi dalam unsur-unsur kebugaran jasmani adalah integrasi dari gerakan yang berbeda menjadi satu gerakan yang harmonis.

  • Ketepatan

Ketepatan dalam kebugaran jasmani adalah kesanggupan mengendalikan gerakan tubuh dan mengarahkannya pada sesuatu yang menjadi sasaran. Ada banyak sekali aktivitas kebugaran jasmani untuk melatih unsur-unsur kebugaran jasmani satu ini, misalnya bowling, memanah, bahkan sepak bola.

  • Daya tahan

Saat melakukan kegiatan yang cukup memberatkan, tapi tubuh tetap dalam kondisi fit, dapat dikatakan daya tahan tubuh tinggi. Nah, untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada unsur-unsur kebugaran jasmani, aktivitas kebugaran jasmani yang perlu dirutinkan pelan-pelan layaknya jogging atau kardio.

  • Daya ledak

Daya ledak yang dimaksud sebagai unsur-unsur kebugaran jasmani adalah mampu mengerahkan seluruh kekuatan dalam satu gerakan utuh terhadap tekanan. Kamu bisa melatih fungsi kebugaran jasmani yang satu ini dengan aktivitas kebugaran jasmani cukup di rumah saja, seperti squat jump.

  • Reaksi

Unsur-unsur kebugaran jasmani terakhir yaitu reaksi, bagaimana tubuh kamu menanggapi sesuatu dengan cepat dan tepat. Misalnya, reaksi menangkap, menghindar, dan sebagainya. Contoh satu aktivitas kebugaran jasmani yang bisa dilakukan ini adalah bulutangkis.

Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Ada banyak sekali aktivitas kebugaran jasmani yang dianjurkan untuk kita, seperti pada pembahasan sebelumnya. Dengan melakukan latihan fisik tersebut, kita akan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar untuk memaksimalkan kemampuan tubuh kita.

Selain itu, juga guna melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Tapi, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kebugaran jasmani. Nah, ini harus kamu ketahui, Teman SUPERjuangan. Yuk, temukan jawabannya dari penjelasan berikut ini!

  • Keturunan

Tidak dapat dipungkiri bahwa genetik berpengaruh pada kebugaran jasmani seseorang. Kondisi tubuh seperti postur, kapasitas jantung, serta serat otot merupakan faktor yang diturunkan sehingga tidak dapat dihindari.

  • Usia

Kekuatan orang tua udah nggak seperti anak muda lagi. Sering mendengar kata-kata itu, bukan? Tapi, memang benar adanya loh. Kebugaran jasmani semakin memudar seiring bertambahnya usia. Nah, untuk mengurangi risiko ini, kita perlu rutin berolahraga sejak masih muda.

  • Jenis kelamin

Salah satu faktor pengaruh kebugaran jasmani yang tidak dapat dihindari adalah jenis kelamin. Ketika mencapai pubertas, laki-laki cenderung lebih besar tingkat kebugaran jasmaninya dibandingkan perempuan. Paling mudah untuk kita lihat ada pada kekuatan ototnya.

  • Asupan makanan

Makanan yang kita konsumsi juga turut mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani tubuh. Maka, untuk mempertahankan tingkat kebugaran jasmani yang optimal, pastikan kebutuhan gizi melalui makanan sudah seimbang dan tercukupi setiap harinya.

  • Pola tidur

Mengantuk dan badan mulai terasa lelah sebenarnya adalah hal yang wajar sebagai penanda tubuh perlu istirahat. Nah, pola istirahat atau tidur yang berkualitas dapat meningkatkan kebugaran jasmani tubuh kita. Karena itu, jangan pernah abaikan tanda-tanda tubuh membutuhkan waktu tidur, ya.

  • Kebiasaan

Faktor pengaruh kebugaran jasmani yang terakhir adalah kebiasaan setiap harinya. Coba perhatikan kebiasaan kamu, apakah sudah cukup sehat atau justru buruk? Contoh kebiasaan buruk, seperti merokok serta mengonsumsi alkohol akan mengganggu kebugaran jasmani tubuh.

Manfaat Kebugaran Jasmani

15 Manfaat Kebugaran Jasmani

Kamu mungkin pernah menjumpai seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang kelihatannya berat, seperti para pendaki gunung atau selepas bekerja masih bisa berolahraga. Pasti yang muncul pertama kali di benak kamu bahwa tubuh mereka sangat sehat dan bugar.

Itu baru salah satu dari segudang manfaat kebugaran jasmani loh. Masih banyak lagi manfaat kebugaran jasmani yang nggak boleh kamu lewatkan. Penasaran kan ada apa aja? Mari intip manfaat kebugaran jasmani berikut ini!

  • Menambah stamina atau kekuatan dengan cara melatih kebugaran jasmani secara rutin.
  • Menjaga kesehatan otot dan tulang akan sebagai anggota gerak tubuh melalui aktivitas kebugaran jasmani.
  • Memperlancar sirkulasi darah yang mengalir dari jantung ke seluruh bagian tubuh, begitu juga sebaliknya.
  • Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh agar sel dan jaringan tubuh berfungsi dengan baik.
  • Mengendalikan gula dalam tubuh dalam kadar yang cukup, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan.
  • Mengurangi berat badan berlebih sehingga mendapatkan tubuh yang ideal
  • Meningkatkan kualitas hormon, nggak dipungkiri ternyata kebugaran jasmani bermanfaat khususnya bagi pasangan suami istri.
  • Melindungi kita dari berbagai macam penyakit kritis dengan selalu memiliki kebugaran jasmani.
  • Organ tubuh yang mengalami masalah akan lebih cepat proses pemulihannya karena tubuh yang sehat dan bugar.
  • Terhindar dari berbagai penyakit kritis juga dapat memperpanjang usia dan memberikan hidup yang lebih nyaman.
  • Kulit yang sehat karena tubuh yang bugar akan mencegah kita dari penuaan dini dan tampak lebih awet muda.
  • Selepas melakukan aktivitas kebugaran jasmani, cenderung membantu kita untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.
  • Salah satunya dengan berolahraga, dipercaya dapat membantu mengatasi rasa stres dan depresi.
  • Kebugaran jasmani membuat kita bisa melakukan banyak kegiatan, termasuk menjalankan untuk  memperbaiki suasana hati.

Nah, itu dia mengenai kebugaran jasmani yang perlu kamu tahu! Ingat juga untuk selalu memberi perlindungan kesehatan dan finansial demi kenyamanan kamu sewaktu-waktu jatuh sakit. Kamu bisa memiliki Super Easy Health, asuransi kesehatan sangat terjangkau dari Super You. Manfaat pertanggungannya hingga 1M. Jadi, tunggu apalagi? Cek premi kamu sekarang!

Artikel Terkait