kedutan mata kanan atas

Di Indonesia, kepercayaan dan mitos masih sangat kental, salah satunya mengenai kedutan kelopak mata kanan atas. Tetapi, mata kedutan kanan atas tidak hanya sekedar mitos dan kepercayaan dan memiliki arti medisnya, lho! Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai arti kedutan mata kanan atas di sini.

Kedutan Mata Kanan

Arti Kedutan Mata Kanan

mata kedutan sebelah kanan baik mata kanan atas kedutan atau mata kanan bawah kedutan banyak dikaitkan dengan berbagai macam mitos dan kepercayaan. Yuk, ketahui kedutan mata kanan atas artinya apa menurut mitos dan kepercayaan di bawah ini!

  • Kedutan Mata Kanan Atas

Kedutan mata kanan atas artinya akan datang keberuntungan seperti mengenai bisnis yang dijalani. Mendapatkan keberuntungan ini memerlukan susah payah mengejar cita – cita bisnis tersebut.

  • Kedutan Mata Kanan Bawah 

Untuk arti kedutan mata kanan bawah adalah kesedihan yang mendalam dikarenakan duka cita yang mendalam.

  • Kedutan Pada Ekor Mata Kanan Atas

Arti mata kanan atas kedutan bagian ekor adalah pertanda baik dan akan mendapatkan kesenangan. Kesenangan ini berbeda dari kedutan mata kanan atas yang lebih berpihak pada bisnis, arti yang ini lebih mengarah kepada kesehatan dimana akan mendapatkan kesehatan dari penyakit yang diderita selama ini. 

  • Kedutan Pada Ekor Mata Kanan Bawah 

Adanya Kedutan pada ekor mata kanan bawah dipercayai bahwa akan bertemu dengan seseorang spesial yang sudah lama tidak dijumpa seperti sahabat jauh atau mantan kekasih.

  • Kedutan Bola Mata Kanan 

Adanya kedutan bola mata kanan banyak diartikan sebagai pertanda buruk dimana dalam beberapa waktu kedepan akan mengalami kesedihan mendalam.

  • Kedutan Alis Mata Kanan 

Mata kanan atas kedutan dibagian alis menandakan akan mendapatkan kebahagiaan yang didapatkan dengan mengalami kesusahan dahulu. 

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Medis

penyebab kedutan mata kanan atas

Source : Freepik

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kedutan mata kanan atas secara medis. Yuk, ketahui apa saja penyebabnya di bawah ini!

  • Kurang Tidur

Penyebab kedutan mata kanan maupun kiri yang paling sering adalah kekurangan tidur akibat susah tidur sehingga mata menjadi lelah.

Baca Juga: Kantong Mata Bikin Kurang Pede? Ketahui 8 Penyebab Kantong Mata dan Cara Mengatasinya!

  • Mengalami Stres 

Mata kedutan sebelah kanan atas bisa timbul saat mengalami stres, seperti saat mengalami kurang tidur, jika mengatasi masalah stres maka kemungkinan kedutan mata kanan atas bisa diatasi.

  • Memiliki Pola Makan yang Buruk 

Beberapa makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa memicu terjadinya kedutan mata, lho. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan kedutan mata kanan atas. Selain itu mengonsumsi kafein berlebihan juga bisa menyebabkan mata kedutan sebelah kanan atas.

  • Mata Kering 

Mata kering merupakan kondisi yang umum di kalangan orang yang sudah berumur terutama usia di atas 50 tahun. Kondisi mata yang kering juga bisa menyebabkan terjadinya kedutan mata kanan atas.

  • Mengalami Kondisi Alergi 

Mengalami pembengkakan di area mata, gatal dan berair merupakan hal yang umum saat alergi. Saat alergi atau infeksi terjadi, sel – sel darah putih akan mengeluarkan histamin. Nah, jika mata digosok dan melepaskan histamin di jaringan kelopak mata dan air mata bisa menyebabkan kedutan mata kanan atas. 

  • Mata Tegang 

Salah satu penyebab mata tegang adalah sering melihat layar. Ketegangan pada mata ini bisa menyebabkan kedutan mata kanan atas.

Risiko Kedutan Mata Kanan Atas 

Risiko Kedutan Mata Kanan Atas 

Source : Freepik

Kedutan mata kanan atas memang tidak berbahaya pada umum nya, meski begitu tidak berarti bahwa adanya kedutan mata ini tidak perlu di cek. Yuk, ketahui risiko dari mata kedutan sebelah kanan atas.

Risiko terbesar dari adanya kedutan mata adalah merupakan pertanda kerusakan pada saraf di area sekitar kelopak dan bola mata yang disebabkan oleh penyakit yang bernama blefarospasme atau spasme hemifasial

Penyakit blefarospasme memiliki gejala awal berupa:

  • Kelopak mata yang semakin sering berkedip 
  • Semakin lama kelopak menutup dan tidak bisa dibuka lagi 

Penyakit spasme hemifasial memiliki gejala awal berupa denyutan yang terjadi tidak hanya pada kelopak mata kanan atau kiri, tetapi terjadi hampir pada seluruh satu sisi wajah.

Cara mengetahui bahwa kedutan mata kanan atas bisa berbahaya adalah jika sudah memunculkan hal – hal di bawah ini:

  • Kedutan mata menetap hingga berminggu – minggu 
  • Setiap kali kedutan mata muncul makan kelopak mata akan menutup total 
  • Muncul kedutan di area lainnya selain mata 
  • Mata berair, terlihat merah atau mengeluarkan kotoran. 

Jika sudah muncul gejala – gejala tersebut segera lakukan konsultasi dengan mengecek kondisi mata ke dokter sehingga bisa mencegah kondisi menjadi semakin parah dan mencegah menjadi komplikasi mata yang lebih serius. 

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Atas

cara mengatasi kedutan mata kanan atas

Source : Freepik

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kedutan mata kanan atas mulai dari pengobatan dengan cara mengubah pola hidup atau jika sudah kronis maka pengobatan dengan melakukan tindakan medis. 

Baca Juga : Sakit Perut Bagian Bawah, Ketahui Penyebab dan Cara Diagnosisnya!

Berdasarkan National Center for Biotechnology Information, mengatasi kedutan mata kanan atas yang ringan bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup seperti pasien direkomendasikan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas, tidak hanya dengan waktu tidur, tetapi juga pengelolaan stres. 

Pasien juga disarankan untuk mengurangi kegiatan yang tidak menguntungkan dan bahkan bisa membahayakan seperti minum alkohol, merokok dan mengonsumsi kafein secara berlebihan dimana hal – hal tersebut berpotensi untuk memicu faktor yang bisa menimbulkan kedutan mata kanan atas dan juga memicu timbulnya faktor risiko kesehatan lainnya. Hal – hal tersebut dinilai paling efektif untuk mengatasi adanya kedutan pada mata. 

Jika kasus kedutan mata kanan atas adalah myokymia yang berlangsung lebih dari tiga bulan maka memerlukan penanganan yang lebih dari perbaikan pola hidup seperti melakukan suntik toksin botulinum atau dikenal dengan botox. Pengobatan botox memiliki tingkat keberhasilan tinggi untuk mengatasi kedutan mata kanan atas. 

Beberapa pengobatan lainnya yang bisa dilakukan untuk mengobati kedutan mata dengan kondisi kronis bisa dengan air tonik, kalsium, asam folat, fosfor, kalium dan multi vitamin. Namun, harus berhati – hati karena hingga saat ini masih belum ada bukti yang mendukung penggunaan perawatan ini. Lebih baik untuk segera lakukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan jenis apa pun. 

Demikian informasi mengenai arti kedutan mata kanan atas. Jika terjadi gejala – gejala kedutan mata yang terjadi secara berkelanjutan segera cek ke dokter untuk mencegah kondisi menjadi semakin serius. Jaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga waktu beristirahat, memiliki asuransi kesehatan juga bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan.

super easy health

Asuransi kesehatan dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh dimulai dari Rp135.000 per bulan. Yuk, Cek Promonya.

Artikel Terkait