diet debm

Berat badan ideal merupakan idaman banyak orang, baik wanita maupun pria. Banyak cara dan jenis diet yang beredar untuk menurunkan berat badan. Salah satu jenis diet yang sedang populer saat ini adalah diet DEBM.

Diet DEBM merupakan singkatan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet DEBM adalah program diet yang dicetuskan oleh Robert Hendrik Liembono melalui buku diet yang dia tulis pada tahun 2018. Program diet DEBM yang dipopulerkan ini telah berhasil membuat berat badan banyak orang turun drastis.

Bagi Robert sendiri, dia mengalami penurunan berat badan yang semula 107 kg menjadi 75 kg dengan cara menjalani program diet DEBM ini. Dalam bukunya hingga sosial medianya, Robert membagikan tips diet berdasarkan pengalaman pribadinya. 

Program diet DEBM ini dilakukan dengan metode diet rendah karbohidrat dan metode ini telah terbukti dapat menurunkan berat badan. Namun, belum ada hasil penelitian yang kuat mengenai efektifitas metode diet DEBM. 

 

Berikut penjelasan metode diet DEBM:

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa diet karbohidrat efektif untuk menurunkan berat badan. Sama halnya dengan diet DEBM, dimana metode diet ini adalah mengharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat sehingga kalori (baca juga, 24 makanan rendah kalori khusus untuk diet) yang masuk dalam tubuh juga rendah. Minimnya karbohidrat yang masuk dalam tubuh akan memaksa tubuh untuk memecah lemak sebagai cadangan energi. Karbohidrat yang dikenal sebagai sumber energi akan digantikan oleh lemak. Semakin banyak lemak dalam tubuh yang diproses menjadi sumber energi, semakin menurun jumlah lemak dalam tubuh sehingga berat badan pun ikut menurun.

CARI TAHU JUMLAH KEBUTUHAN KALORI PER HARI DISINI

Bagaimana sih aturan diet DEBM? 

Diet DEBM sesuai dengan kepanjangannya, metode diet ini menyenangkan dan tidak terlalu berat untuk dijalani. Dalam menjalani metode diet DEBM, diperbolehkan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan enak dengan catatan harus rendah karbohidrat dan gula namun tinggi protein dan lemak.

Berikut aturan umum diet DEBM:

1. Mengkonsumsi makanan berikut:

  • Berbagai jenis ikan yang mengandung lemak tinggi (salmon dan tuna)
  • Telur
  • Daging Sapi
  • Ayam
  • Semua produk yang berasal dari susu
  • Sayuran hijau
  • Buah-buahan tinggi lemak seperti alpukat

2. Pantangan makanan:

HITUNG BERAT BADAN IDEAL DENGAN KALKULATOR BMI DISINI

3. Jadwal makan

  • Sarapan Pagi

Dalam menjalani program diet DEBM, saraan tidak boleh terlewat. Pada sarapan pagi disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan serat untuk menekan nafsu makan lebih lama, seperti buah alpukat, susu tinggi protein, telur, yogurt, tomat, keju, dan daing.

  • Makan Siang

Pada saat siang, kita pasti membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas. Dalam program diet ini, disarankan untuk mengganti karbohidrat dengan sayuran rendah pati seperti wortel, buncis atau sayuran hijau lainnya. Lalu bisa dikombinasikan dengan makanan tinggi protein seperti telur, keju atau susu tinggi protein. Makanan yang hendak dikonsumsi boleh dimasak dengan menggunakan minyak dan garam, namun harus tanpa gula.

  • Makan Malam

Untuk makan malam, menunya bisa disamakan persis dengan menu makan siang. Namun dibatasi waktunya maksimal jam 6 sore.

  • Camilan

Camilan yang boleh dikonsumsi saat menjalani program diet ini adalah telur rebus, telur goreng, alpukat, biji-bijian atau kacang-kacangan seperti kacang almond, buah apel, stroberi dan yogurt.

asuransi digital

Meski program diet ini telah membuat banyak orang berhasil menurunkan berat badan, namun tidak semua orang cocok dalam menjalani diet DEBM. Sebagian orang yang tidak cocok tersebut akan mengalami beberapa kondisi akibat efek samping seperti mual, sakit kepala, sembelit, lemas atau tidak bertenaga, perut kembung, insomnia dan kram otot. Karbohidrat berperan menjaga massa otot dalam tubuh sehingga ketika mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah minim bisa menyebabkan jaringan otot melemah.

Kesimpulannya, diet ini bisa jadi berbahaya jika dilakukan secara terus menerus tanpa dimbangi pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta berolahraga secara rutin. Disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu sebelum memulai program diet DEBM ini.

Lindungi Kesehatan Tubuh dengan Asuransi Super You

Menjaga berat badan ideal adalah hal penting agar kamu tetap sehat. Namun untuk memperlengkapi tubuh kamu tetap sehat kamu butuh perlindungan asuransi kesehatan. Super You memberikanmu berbagai pilihan asuransi kesehatan seperti My Hospital dengan santunan harian, Super Care untuk 30 jenis penyakit menular termasuk COVID-19, dan Super Well untuk 10 jenis penyakit kritis.

Premi terjangkau. Mulai dari Rp 30 ribu-an saja per bulan. Yuk, beli produknya!