Latihan Keseimbangan

Siapa yang baru tahu kalau ternyata latihan keseimbangan sangat penting bagi tubuh dalam mencegah gangguan internal pada tubuh? Ada beberapa gerakan yang bisa sangat mudah kamu lakukan untuk melatih keseimbangan tubuh kamu dalam artikel kali ini.

Latihan keseimbangan bisa  memperkuat otot inti pada tubuh manusia, punggung bawah, dan kaki. Kalau kamu rutin melakukan gerakan ini, maka ini sangat baik dalam menunjang kebugaran tubuh, bahkan ditengarai mampu mengurangi risiko cedera saat sudah lanjut usia.

Perlu diketahui bahwa keseimbangan tubuh terbagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah statis kemudian yang kedua adalah dinamis. Keseimbangan statis adalah kemampuan dari seseorang untuk menahan tubuh pada posisi dan postur tertentu yang menetap.

Table of Contents

Jenis keseimbangan yang satu ini dilakukan pada aktivitas seperti jongkok atau berdiri dengan satu kaki. Sementara itu, gerakan keseimbangan dinamis adalah kemampuan seseorang untuk menjaga keseimbangan saat menggerakkan tubuh ataupun berjalan.

Kalau kamu tertarik untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, kami akan memberikan beberapa cara melatih keseimbangan tubuh dan contoh keseimbangan tubuh yang bisa kamu praktikkan dimana pun kamu berada.

Baca Juga : Apa Itu Workout? Yang Suka Olahraga, Wajib Tahu!

Contoh Latihan Keseimbangan

Contoh Latihan Keseimbangan

Sebenarnya ada banyak gerakan latihan keseimbangan yang bisa kamu aplikasikan dan praktikkan di rumah ataupun di kantor. Seperti sudah kami singgung di atas, ada begitu banyak manfaat dari latihan ini yang berkelanjutan bahkan sampai kamu tua nanti. Lantas, apa saja gerakan latihan keseimbangan yang mudah dilakukan?

1. Berdiri dengan Satu Kaki

Cara melatih keseimbangan tubuh pertama yang bisa kamu lakukan adalah berdiri dengan satu kaki. Pada prosesnya ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika menginginkan gerakan ini dipelajari.

  • Jadikan salah satu kaki sebagai tumpuan berat badan
  • Angkat kaki lain ke samping atau ke belakang
  • Lakukan pada kedua kaki secara bergantian, dengan rentan 30 detik sampai dengan 50 detik

2. Berjalan dengan Menggunakan Tumit dan Jari Kaki

Berjalan menjadi salah satu gerakan yang mudah untuk melatih keseimbangan tubuh manusia. Namun, ada yang perlu kamu perhatikan bahwa aktivitas berjalan di sini adalah menggunakan tumit dan jari kaki. Ini memang terlihat cukup menantang, namun jika kamu bisa melakukannya dengan baik maka hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh kamu.

Berjalanlah sebanyak 20 langkah ke depan dengan rumit dan lakukan bergantian dengan jari kaki. Lakukan juga dengan gerakan berjalan mundur.

3. Lakukan Latihan Squat

Kaki yang kuat tentu akan menurunkan risiko akan terjatuh. Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kekuatan otot kaki adalah dengan melakukan squat. Squat adalah salah satu bentuk latihan keseimbangan yang cukup bagus. Gerakannya bisa memperkuat otot kaki dan mengencangkan otot paha bagian depan.

Cara melakukan gerakan squat adalah:

  • Rentangkan kaki
  • Tekuk kedua bagian lutut
  • Turunkan pinggul seakan kamu sedang berjongkok secara perlahan
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 8-10 kali.

4. Memutar kaki dan tangan searah jarum jam

Gerakan latihan keseimbangan yang berikutnya adalah dengan memutar kaki dan tangan searah jarum jam. Gerakan ini tentu cukup mudah dilakukan di rumah ataupun di kantor tempat kami bekerja. Langkah yang bisa dilakukan juga cukup mudah, seperti:

Gerakan tangan:

  • Berdirilah dengan satu kaki
  • Posisikan tubuh lurus dengan tangan di letakkan di pinggang
  • Gerakkan sebelah tangan dengan mengikuti posisi jam 12, 3, dan 9 sebaik mungkin tanpa kehilangan keseimbangan tubuh.
  • Lakukan secara berulang dan bergantian dengan tangan yag lain.

Gerakan kaki:

  • Masih dengan posisi yang sama berdiri dengan satu kaki, luruskan satu kaki ke depan, lalu bayangkan bahwa kamu adalah pusat jam.
  • Arahkan kaki kamu memutar setengah lingkaran seperti arah jarum jam 12, 9, dan 3, dengan tangan terus memegangi pinggang.
  • Lakukan gerakan yang sama ini pada kaki sebelahnya.

Baca Juga : 9 Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Tubuh dan Mental Kamu

5. Gerakan Berjalan Mengangkat Lutut Secara Bergantian

Cara melatih keseimbangan tubuh berikutnya adalah dengan cara mengangkat lutut secara bergantian. Gerakan ini bisa kamu coba dengan sederhana, caranya berjalanlah sambil mengangkat lutut secara bergantian di setiap langkah.

Bila kamu masih merasa kesulitan untuk menjaga keseimbangan di awal latihan, lakukan gerakan ini sambil kamu berpegangan pada dinding.

6. Standing Tree Pose 

Standing Tree Pose

Gerakan standing tree pose ini dinilai sebagai gerakan latihan keseimbangan yang paling mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Selain bisa menjaga keseimbangan, gerakan ini diklaim mampu memperkuat otot pergelangan kaki.

Untuk melakukan pose ini, kamu harus berdiri dengan satu kaki. Kaki yang satunya bisa kamu tempelkan pada sisi betis dan kaki lainnya sehingga posenya mirip dengan pohon. Gerakan ini bisa menjaga keseimbangan tubuh manusia. Sementara gerakan kedua tangan bisa bergerak dengan bebas.

Kamu juga bisa mengangkat tangan ke atas atau kamu bisa menempelkan kedua telapak tangan seperti pose namaste. Lakukan gerakan ini sekitar kurang lebih 30 detik. Kemudian, ganti kaki yang diangkat dengan kaki yang satunya atau sebelahnya lagi.

7. Single Leg Deadlift

Pose single leg deadlift ini bisa melatih keseimbangan tubuh dan memperkuat otot paha, perut, serta bokong manusia. Jadi, bagi kamu yang mengencangkan paha dan perut, bisa melakukan gerakan keseimbangan tersebut. Cara untuk melakukannya juga cukup mudah.

Pertama, kamu harus dalam posisi berdiri dengan satu kaki, sementara kamu yang lain harus diangkat ke belakang. Posisi tubuh agak membungkung seperti pose pesawat terbang, lalu letakkan tangan menyentuh jari kaki.

Selain gerakan menyentuh jari kaki, kamu juga bisa menggunakan barbel sebagai alat bantu. Jadi, barbel harus kamu angkat dengan satu tangan. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali.

8. Bosu Ball Squat

Kalau kamu ingin melakukan gerakan keseimbangan yang satu ini, kamu perlu alat bantu yaitu bola bosu atau bola yang membentuk setengah lingkaran. Manfaat latihan keseimbangan ini adalah bisa mengencangkan otot paha dan otot kaki.

Untuk cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu berdiri di atas bola bosu. Lalu, lakukan gerakan squat jump dengan kedua tangan diletakkan di dada atau diluruskan ke depan supaya keseimbangan bisa terus dijaga.

Ulangi gerakan keseimbangan ini sampai dengan 10 kali sebelum melakukan gerakan yang lain.

9. Standing Crunch With Under The Leg Clap

Gerakan keseimbangan yang berikutnya adalah standing crunch with under the leg clap. Gerakan ini memang cukup sulit, tapi memiliki banyak manfaat dalam menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, gerakan ini juga bisa melatih otot lengan, kaki, paha, betis, dan perut.

Untuk melakukan gerakan ini, kamu harus berdiri dengan posisi salah satu kaki terangkat ke atas sampai pinggang. Setelah itu, lakukan gerakan bertepuk tangan pada bagian bawah paha kaki yang diangkat itu.

Lalu, angkat kedua tangan dan lakukan gerakan tepuk tangan tepat di atas kepala. Kamu tinggal melakukan gerakan ini sampai dengan 10 kali sebelum berganti posisi dengan kaki yang lain.

10. Balancing Star Pose

Yang terakhir adalah balancing media pose. Ini juga menjadi salah satu gerakan keseimbangan yang mudah dan tidak berat. Kamu bisa melakukan pose leaning star pose yang bisa memengaruhi koordinasi tubuh secara keseluruhan.

Untuk melakukan leaning star pose, kamu perlu berdiri dengan merentangkan kedua kaki lalu kedua tangan di angkat ke atas. Setelah itu, miringkan badan ke salah satu sisi dengan kedua tangan tetap berada di atas sementara salah satu kaki diangkat.

Kamu bisa melakukan gerakan ini setelah 1-3 detik. Pada awal latihan, lakukan gerakan ini secara perlahan. Namun, nantinya kalau kamu sudah bisa melakukan dengan lebih cepat, maka ini akan menjadi lebih baik lagi.

Super Well Campaign

Demikian lah penjelasan kami tentang 10 cara dan contoh latihan keseimbangan yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Sekarang, kamu juga sudah bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dengan cara yang cukup mudah di Super Easy Health by Super You.

Hanya dengan Rp 4.500 per hari, kamu sudah bisa menikmati asuransi kesehatan tersebut. Jadi, tunggu apa lagi, cek premi kamu sekarang juga ya.

Artikel Terkait