lidah buaya

Lidah buaya atau dikenal sebagai aloe vera merupakan tanaman dengan berbagai macam kegunaan. Salah satu manfaat lidah buaya yang sangat populer adalah untuk kesehatan kulit seperti digunakan untuk melembabkan kulit atau meredakan iritasi kulit, tetapi lidah buaya memiliki banyak manfaat lainnya. 

Penemuan lidah buaya sudah dari kurang lebih 4000 tahun lalu dan diduga berasal dari kepulauan Canary di Afrika dan khasiat lidah buaya masih digunakan hingga sekarang. Kegunaan lidah buaya pada saat zaman itu adalah sebagai obat dan kosmetika. Fakta ini tercatat di Egyptian Book of Remedies yang sudah ada sejak zaman Cleopatra. Di tahun 333 SM, masyarakat Yunani menganggap tanaman lidah buaya sebagai tanaman yang bisa menyembuhkan segala penyakit.

Lidah Buaya

Karakteristik Lidah Buaya

Karakteristik Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya adalah bagian dari famili Liliaceae, semak semak basah dengan 4.000 jenis tubungan, 240 marga dan 12 anak suku. Dari famili Liliaceace sendiri terdapat 250 jenis tanaman lidah buaya.

Lidah buaya hidup di daerah kering dan bisa ditemukan di Afrika, Asia dan Amerika karena stomata daun tanaman lidah buaya yang tutup untuk menghindari risiko tanaman kehilangan air dari daunnya. Namun, hal ini tidak berarti tanaman lidah buaya hanya bisa tinggal di iklim panas karena lidah buaya juga bisa tumbuh di negara dengan iklim dingin.

Secara fisiologi tumbuhan, lidah buaya merupakan tanaman jenis CAM (Crassulacean Acid Metabolism) yang bersifat untuk tahan kekeringan. Stomata daun lidah buaya hanya tertutup saat panas, pada malam hari tanaman lidah buaya akan membuka stomata daun yang memperbolehkan uap air untuk masuk dan berembun. Dengan terbukanya stomata daun di malam hari, maka penguapan dari dari tanaman tidak akan terjadi dan air akan tetap berada di dalam tubuh daun dan membantu lidah buaya untuk tetap bertahan hidup mau sekering apapun kondisinya.

Kandungan Lidah Buaya 

  • Enzim

Pada tanaman lidah buaya, terkandung 8 jenis enzim yang memiliki peran penting bagi kesehatan yakni selulase, katalase, alkaline phosphatase, bradykinase, amylase, carboxypeptidase, aliase, peroksidase dan lipase. 

  • Vitamin

Ada banyak kandungan vitamin pada tanaman lidah buaya sehingga banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan. kandungan vitamin yang ada pada lidah buaya adalah vitamin C dengan fungsinya dalam proses pembentukan zat besi, pendukung sistem kekebalan serta menjaga kesehatan tulang dan gigi, Vitamin A yang berbentuk beta karoen dan Vitamin E.  Selain 3 vitamin tersebut, lidah buaya juga mengandung asam folat (B9), B12 dan kolin.

  • Mineral

Lidah buaya memiliki banyak kandungan mineral seperti selenium, kalsium, magnesium, kalium, natrium, mangan, seng, tembaga dan kronium. Kandungan mineral ini menjadi manfaat lidah buaya untuk kesehatan karena fungsi mineral adalah mengelola sistem enzim yang ada di aliran metabolisme tubuh agar bisa menjadi antioksidan.

  • Asam Amino 

Terdapat 7 jenis asam amino esensial dan 20 jenis asam amino yang penting oleh tubuh terkandung dalam tanaman lidah buaya. Selain asam amino, lidah buaya juga mengandung asam salisilat. Banyak manfaat lidah buaya dengan kandungan asam amino dan fungsi dari asam salisilat yang memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri.

  • Antrakuinon

Tanaman lidah buaya mengandung antrakuinon, senyawa fenolik yang digunakan sebagai obat pencahar. Kandungan antrakuinon pada lidah buaya memberikan manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Beragam Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

Hasil Analisis Kandungan Komponen pada Gel Lidah Buaya

Berikut adalah hasil analisis kandungan komponen yang ada pada gel lidah buaya dalam hitungan 100 gr bahan.

  • Air: 99,5%
  • Lemak: 0.067%
  • Karbohidrat: 0.043%
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Total padatan terlarut: 0.49%

Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

Selain fungsi lidah buaya untuk kulit, masih ada banyak kegunaan lidah buaya lainnya seperti banyaknya manfaat lidah buaya untuk kesehatan. 

1. Mengobati Luka Bakar

Manfaat lidah buaya sangat banyak, salah satunya adalah untuk mengobati luka bakar untuk derajat satu dan dua.

2. Meredakan GERD

Berdasarkan riset di tahun 2010, manfaat lidah buaya untuk kesehatan salah satunya adalah untuk meredakan Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD dengan mengonsumsi 25 hingga 85 gram gel lidah buaya.

3. Menangani Sariawan

Salah satu manfaat lidah buaya adalah menangani sariawan di bibir ataupun di dalam mulut. Kegunaan lidah buaya untuk mengobati sariawan adalah untuk mengurangi peradangan yang terjadi dan mengecilkan ukuran sariawan. Menggunakan lidah buaya juga bisa menurunkan rasa nyeri yang dialami.

4. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat lidah buaya untuk menangani kulit kering sudah banyak diketahui orang – orang. Hal ini karena khasiat lidah buaya yang mengandung enzim, mineral, antioksidan, vitamin A, C dan E yang bisa menguatkan lapisan pelindung kulit dan membuat kulit lebih lembab.

5. Menghilangkan Jerawat

Manfaat lidah buaya adalah menghilangkan jerawat karena bersifat antibakteri sehingga bisa mencegah bakteri pada pori – pori. Selain itu menggunakan lidah buaya juga bisa membuang kotoran dan minyak berlebih dari kulit.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan adalah membantu mempercepat penyembuhan luka seperti luka bakar atau iritasi.

7. Mengatasi Psoriasis

Manfaat lidah buaya adalah untuk mengatasi psoriasis. Hal ini karena kandungan dari gel lidah buaya yang mampu mengurangi plak kulit yang timbul karena terjadi psoriasis.

8. Melancarkan Pencernaan

Salah satu kegunaan lidah buaya adalah sebagai obat pencahar, tetapi harus hati – hati karena jika menggunakan terlalu banyak, efek sampingnya adalah diare.

9. Menurunkan Gula Darah

Berdasarkan sebuah penelitian, lidah buaya berpotensi untuk menjadi obat diabetes dan bisa menurunkan gula darah penderita diabetes tipe 2, tetapi pengguna harus berhati – hati karena jika konsumsi lidah buaya bersamaan dengan obat diabetes maka glukosa darah bisa menurun sangat banyak.

10. Sumber Vitamin C

Khasiat lidah buaya yang memiliki vitamin C membuatnya bagus untuk melawan inflamasi dan peradangan karena antioksidan.

Baca Juga : Ketahui 6 Manfaat Minyak Zaitun dan Cara Penyimpanan yang Benar!

Efek Samping Lidah Buaya

Fungsi lidah buaya sangat banyak, juga manfaat lidah buaya. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan lidah buaya berisiko menimbulkan efek samping seperti reaksi alergi saat mengoleskan lidah buaya ke kulit.

Selain efek samping dalam bentuk reaksi alergi, efek samping dari penggunaan lidah buaya adalah jika mengonsumsi lateks lidah buaya terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut dan kram. Jangka panjang dari efek samping ini adalah diare, berat badan turun, mengalami masalah ginjal, otot melemah, darah mengandung urine hingga mengalami gangguan jantung

Hati – hati jika ingin menggunakan lidah buaya dan untuk selalu membaca informasi yang ada pada kemasannya terlebih dahulu untuk mengurangi risiko mengalami efek samping. 

Berikut ini adalah kelompok orang – orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi gel atau lateks lidah buaya:

  • Bahaya bagi ibu hamil untuk mengonsumsi lidah buaya karena berisiko keguguran atau kecacatan pada janin.
  • Anak di bawah umur 12 tahun dilarang mengonsumsi tanaman lidah buaya karena berisiko menimbulkan kram, sakit perut atau diare.
  • Jika seorang pasien akan melakukan operasi 2 minggu kedepan, akan dilarang untuk mengonsumsi lidah buaya karena bisa mengganggu kadar gula darah sebelum menjalankan operasi dan setelahnya.
  • Mengonsumsi lidah buaya juga dilarang bagi penderita wasir, gagal ginjal atau radang usus karena bisa memperburuk kondisi.

super easy health

Itulah informasi mengenai lidah buaya. Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bukan hanya untuk kulit, jaga kesehatan tubuh menggunakan lidah buaya. Memiliki asuransi kesehatan juga bisa membantu menjaga kesehatan diri, Super Easy Health dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh hanya Rp135.000 per bulan, lho!

Artikel Terkait