penyakit infeksi

Penyakit infeksi adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh organisme seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit. Beberapa jenis infeksi bisa menyebar antar manusia, hewan, atau serangga.

Gejala umum dan cara penyebaran penyakit infeksi:

  • Demam
  • Diare
  • Lemas
  • Nyeri otot
  • Batuk-batuk

 

Gejala infeksi biasanya muncul beberapa hari setelah terpapar melalui:

  • Kontak kulit dengan orang yang sedang terinfeksi
  • Cairan tubuh seperti air liur, sperma, ataupun darah
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi
  • Menghirup partikel penyebab infeksi (airborne transmission)
  • Terpapar feses yang terkontaminasi
  • Menyentuh benda yang terkontaminasi sebelum mencuci tangan 

 

10 Penyakit infeksi yang umum terjadi dan penyebabnya

 

Penyakit infeksi virus

Ukuran patogen ini sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada bakteri. Untuk bisa hidup, virus membutuhkan inang. Karena bereplikasi, virus merusak sel sehat dan menimbulkan penyakit.

 

Contoh penyakit infeksi virus yang umum terjadi adalah:

  1. Pilek

Pilek alias common cold adalah penyakit yang bisa disebabkan oleh berbagai jenis virus, seperti rhinovirus, adenovirus, parainfluenza virus, hingga coronavirus yang menyebar lewat udara. Bisa juga menyebar dari partikel virus yang menempel di gagang pintu, meja, maupun benda-benda lain yang sering disentuh banyak orang.

 

  1. Cacar air

Biasanya, penyakit ini menyerang anak-anak yang belum memiliki kekebalan terhadap varicella zoster. Tandanya muncul lentingan merah berukuran kecil di seluruh tubuh serta rasa gatal. Gejala tersebut baru akan muncul 10-21 hari setelah paparan pertama.

 

  1. Covid-19

Penyakit ini disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang merupakan salah satu jenis virus dari kelompok coronavirus. Salah satu jenis virusnya bisa menyebabkan pilek, sedangkan jenis lainnya mengakibatkan COVID-19. Ada juga jenis yang bisa memicu SARS dan MERS.

 

Baca Juga : Sudahkah Kamu Terdaftar Vaksin COVID-19? Ini Caranya

 

Penyakit infeksi bakteri

Bakteri adalah organisme bersel tunggal yang terbagi dalam ribuan atau bahkan lebih jenis dan memiliki bentuk beragam. Organisme ini bisa hidup di berbagai area, mulai dari tanah, air, bahkan di lingkungan dengan kondisi ekstrim sekalipun.

Meski ada bakteri baik di tubuh, kalau sistem imun sedang turun, keseimbangan jumlah bakteri baik bisa terganggu dan menyebabkan penyakit.

 

Contoh penyakit infeksi bakteri yang umum terjadi di Indonesia antara lain:

  1. Tipes

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyebaran bakteri ini biasanya terjadi lewat makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Gejalanya seperti demam dan bercak merah di kulit. Penyakit ini juga bisa memicu sakit perut, konstipasi, diare, muntah, lemas, dan sakit kepala.

 

  1. TBC

Tuberculosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini umumnya menyerang paru-paru. Penyebarannya lewat udara saat seseorang yang terinfeksi bersin, batuk, atau berbicara tanpa menutup mulut.

 

  1. Bisul

Bisul adalah penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi bakteri Staphylococcus Aureus. Bakteri tersebut bisa masuk saat kulit mengalami iritasi ataupun goresan.

 

Penyakit infeksi jamur

Jamur yang terdapat di tubuh berukuran sangat kecil hingga tak kasat mata. Jika pertumbuhannya melonjak dari normal, infeksi bisa terjadi.

 

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur:

  1. Infeksi jamur mulut

Infeksi jamur mulut disebabkan oleh jamur Candida albicans. Bisa terjadi karena konsumsi antibiotik dalam jangka panjang, imun menurun, dan penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai aturan.

 

  1. Panu

Jamur mengganggu proses pigmentasi normal pada kulit, sehingga memicu bercak-bercak putih pada kulit. Panu bisa muncul karena minyak berlebih di kulit, udara yang panas dan lembap, perubahan hormon, hingga menurunnya sistem imun.

 

Penyakit infeksi parasit

Parasit hinggap di tubuh inang dan mendapatkan makanan dari tubuh inangnya. Ada tiga jenis parasit yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia, yaitu protozoa, helminths, dan ectoparasites.

 

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit antara lain:

  1. Malaria

Malaria menular lewat parasit yang dibawa nyamuk. Penyakit ini bisa memicu gejala seperti demam, menggigil, sakit kepala, mual dan muntah, serta sakit otot.

 

  1. Cacingan

Cacing yang masuk ke tubuh biasanya akan memicu gangguan pencernaan, penurunan berat badan, mual, dan muntah. Untuk meredakan gejala, obat seperti penurun demam, obat diare, pereda rasa nyeri, antibiotik, antijamur dapat dikonsumsi.

Yuk, hidup sehat dan rajin olahraga supaya terhindar dari penyakit infeksi! Jangan lupa juga lindungi keluarga dengan asuransi penyakit kritis dan asuransi kesehatan keluarga.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya