madu-manuka

Madu banyak digemari oleh masyarakat dan bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Bisa dari sebagai bahan masakan, obat hingga untuk perawatan penggunaan luar. Madu manuka adalah salah satu jenis madu yang diperoleh lebah yang mengonsumsi serbuk atau nektar bunga manuka, berbeda dari madu biasa yang diproduksi dari lebah yang mengonsumsi berbagai macam nektar tanaman. 

 

Namun, apakah perbedaan madu manuka dan madu biasa sangat signifikan? Yuk ketahui manfaat dari madu manuka disini!

 

11 Manfaat Madu Manuka:

1. Membantu Masalah Pencernaan

Madu Manuka bisa membantu masalah pencernaan karena mengandung antibiotik. Salah satu masalah pencernaan yang bisa diatasi oleh madu manuka adalah small intestinal bacterial overgrowth (SIBO) yang juga berhubungan dengan peningkatan asam lambung. Mengonsumsi madu manuka dapat melawan Clostridium, bakteri yang ada pada asam lambung. 

2. Bersifat Antivirus

Madu manuka bersifat antivirus dan sudah digunakan sebagai antibiotik selama berabad – abad. Berdasarkan hasil dari penelitian, hidrogen peroksida yang diproduksi oleh enzim lebah yang membuat madu dapat membunuh kuman. Namun, madu manuka tidak hanya membunuh kuman, juga bisa menyembuhkan luka ringan dan kronis karena zat MGO.

3. Bersifat Antibakteri

Diketahui bahwa terdapat puluhan jenis bakteri yang rentan terhadap madu manuka. Tidak hanya itu, peneliti juga tertarik bahwa madu manuka tampaknya menyerang infeksi yang membentuk biofilm dimana saat infeksi telah membentuk biofilm, dianggap bahwa infeksi tersebut tidak dapat diobati.

4. Bisa Menjadi Obat Sakit Tenggorokan 

Selama ini madu juga banyak digunakan sebagai obat tradisional. Madu manuka banyak digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dengan membantu meredakannya. Hal ini karena madu manuka memiliki sifat antivirus dan antibakteri jadi bisa membantu dengan peradangan yang terjadi dan menyerang bakteri yang menyebabkan rasa sakit.

5. Mencegah Sakit Maag

Seperti yang sudah diketahui bahwa madu manuka memiliki sifat antibakteri yang kemudian dapat membantu mencegah penyakit seperti sakit maag yang disebabkan oleh H. pylori, bakteri umum yang biasa menyebabkan maag atau tukak lambung.


6. Membantu Masalah Kulit

Banyak skincare yang mengandung madu, hal ini karena madu bisa membantu masalah kulit. Ini juga berlaku pada madu manuka yang bisa membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat dan eksim. 

 

Baca Juga: 

15 Cara Menghilangkan Jerawat, Apa Saja?

Pentingnya Perawatan Kulit untuk Pria

Makeup Bikin Jerawatan? Yuk Cek Kebersihan Alat Makeup mu


7. Meringankan Luka

Madu manuka bersifat asam dengan kandungan pH 3,2 – 4,5 dan sifat asam tersebut yang bisa membantu meningkatkan penyembuhan luka. Keasaman tersebut bisa memblokir enzim yang bisa memecah protein dan peptida. Keduanya dibutuhkan oleh tubuh untuk perbaikan diri. 

 

Tidak hanya itu, gula yang tinggi di madu juga bisa membantu untuk melindungi luka serta kadar airnya yang rendah juga bisa menarik cairan dari luka dan mempercepat proses penyembuhan. Kadar air tersebut juga menarik air dari sel – sel bakteri yang menyerang sehingga membunuh bakteri karena bakteri memerlukan air untuk tetap hidup. 


8. Membantu Masalah Gigi dan Gusi

Madu manuka bagus untuk kesehatan mulut dengan membantu menghindari terjadinya kerusakan gigi dan kesehatan gusi. Madu manuka bisa menyerang bakteri berbahaya yang terdapat di mulut. Bakteri ini yang dapat menyebabkan pembentukan plak, radang gusi dan menyebabkan kerusakan gigi. 

 

Baca Juga: Rutin Sikat Gigi Tapi Apakah Caranya Sudah Benar? Yuk, Ketahui Disini!


9. Meningkatkan Imunitas

Berdasarkan Journal of Leukocyte Biology yang dipublikasikan pada tahun 2007 mengusulkan bahwa komponen dalam madu manuka bisa membantu meningkatkan sel – sel imun tubuh. Hal ini disebabkan oleh sifat antibakteri yang ada di madu manuka, karena itu saat kondisi tubuh tidak sehat, mengonsumsi madu manuka bisa memperbaiki kondisi tubuh dalam beberapa jam kemudian.


10. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Tidak ada yang menyangka kalau madu bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, tetapi madu manuka bisa menjadi tips tidur cepat terbaru karena bisa membantu tubuh mengeluarkan glikogen yang dibutuhkan untuk tubuh ketika tidur. 

 

Untuk meningkatkan kualitas tidur, sebelum tidur bisa mencampurkan madu manuka kedalam susu yang membantu tubuh mengeluarkan melatonin yang membantu otak sehingga bisa tidur nyenyak. Selain itu dengan melakukan ini akan membantu menghindari risiko kesehatan karena kurang tidur seperti penyakit jantung dan stroke.


11. Pertahanan dari Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA)

Methicillin Resistant Staphylococcus Aereus (MRSA) terjadi karena penggunaan antibiotik berlebihan. Hal ini menyebabkan bakteri Staph tidak bisa dilawan. Namun, berdasarkan penelitian dari Cardiff Metropolitan University di Inggris menemukan bahwa madu manuka dapat menurunkan aktivitas gen dalam bakteri MRSA.

 

Nah itulah 11 manfaat dari mengonsumsi madu manuka bagi kesehatan tubuh. Miliki juga asuransi untuk melindungi diri secara maksimal. Super You menawarkan asuransi online dengan harga terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing lho!

Artikel Terkait