makanan olahan

Saat ini masyarakat di seluruh dunia tengah menghadapi pandemi Covid 19. Dalam menghadapi pandemi, kesehatan menjadi suatu hal yang wajib dijaga. Salah satu tips jaga kesehatan yaitu mengonsumsi makanan yang sehat.

Makanan sehat diartikan sebagai makanan yang mampu memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh manusia. Ketika muncul kata makanan sehat, mungkin kamu berpikir tentang sayur-sayuran atau buah-buahan. Namun  makanan sehat tidak hanya berasal dari dua kelompok itu.

Rekomendasi Makanan Olahan yang Sehat

Makanan olahan juga banyak yang termasuk dalam kategori makanan sehat. Tidak selamanya makanan olahan berdampak buruk bagi tubuh manusia. Berikut ini beberapa makanan olahan yang berdampak baik untuk kesehatan.

1. Salmon Kaleng

Makanan olahan sehat yang pertama adalah salmon kaleng. Kandungan gizi yang terdapat di dalam salmon kaleng sama sekali tidak berbeda dengan salmon segar. Hal ini sudah diteliti dan dilaporkan dalam Journal of Agriculture and Food Research pada 2020 lalu.

Salmon kaya akan kandungan zat omega 3 yang baik untuk kesehatan serta perkembangan otak manusia. Kandungan utama yang ini tidak hilang meskipun salmon telah melalui proses pengolahan dan pengemasan dalam kaleng.

Selain omega 3, salmon juga kaya akan kalsium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium pada salmon banyak ditemukan pada tulang lunaknya.

2. Yoghurt

Salah satu tips jaga kesehatan yang sering disampaikan oleh dokter atau ahli gizi adalah mengonsumsi yoghurt. Makanan olahan yang satu ini dibuat dari susu segar yang difermentasi.  

Dilansir dari sebuah laporan yang diterbitkan dalam International Journal of Food Properties tahun 2019, yoghurt punya banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaatnya antara lain melancarkan proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan meningkatkan imunitas.

Selain itu, yoghurt juga masih mengandung banyak kalsium sama seperti susu. Oleh karena itu, makanan olahan satu ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

 

Baca Juga : 7 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

 

3. Selai Kacang

Selai  kacang paling nikmat jika dikombinasikan dengan roti. Sangka bahwa makanan yang satu ini termasuk dalam kategori produk olahan yang sehat. Selai kacang atau peanut butter mengandung berbagai zat gizi seperti zinc, potasium, magnesium, vitamin, dan protein.

Beberapa manfaat dari selai kacang yang disebutkan dalam laman Medical News Today antara lain:

  • Menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung
  • Menurunkan risiko penyakit kanker payudara
  • Menyeimbangkan kadar gula di dalam darah
  • Membantu proses penurunan berat badan

Dengan banyak manfaat yang disebutkan di atas, kamu tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi selai kacang. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang satu ini.

 

4. Puree Tomat

Produk makanan olahan sehat yang berikutnya adalah puree tomat.  Bahan yang satu ini kerap dijumpai pada makanan Eropa khususnya Italia. Puree tomat ini memiliki kandungan yang setara dengan tomat segar.

Justru kandungan yang terdapat di dalam puree tomat dapat diserap oleh tubuh dengan lebih maksimal. Kandungan utama di dalam puree tomat adalah likopen atau pigmen warna merah. Fungsi utamanya yaitu mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit kanker.

 

Baca Juga : 7 Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

 

5. Buah-buahan Kering

Buah-buahan banyak yang diawetkan dengan cara dikeringkan. Setelah proses pengeringan, buah-buahan bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Meskipun begitu, zat gizi yang terdapat di dalamnya tidak mengalami penurunan drastis.

Buah-buahan kering seperti kismis tetap miliki zat gizi yang sama dengan buah segar yaitu vitamin dan serat. Fungsi utamanya adalah untuk mengontrol tekanan darah, kandungan gula, serta kolesterol dalam darah.

Sebaiknya kamu selalu menerapkan tips jaga kesehatan seperti yang dikatakan oleh ahli gizi dan dokter di masa pandemi saat ini. Salah satu caranya yaitu mengonsumsi makanan olahan yang telah dijelaskan di atas.

 

Yuk Jaga Kesehatan dengan Asuransi!

Menjalankan pola hidup sehat memang perlu, tapi kamu juga tetap butuh perlindungan diri dengan asuransi kesehatan. Di Super You, asuransi kesehatan premi terjangkau mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan. Kamu juga bisa dapat santunan harian lho. Masuk keluar rumah sakit gak pakai ribet.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya