makanan untuk diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi dimana kadar glukosa atau gula darah meningkat atau di atas batas normal. Penyebabnya adalah glukosa menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Salah satu faktor risiko yang memicu diabetes adalah pola dan menu makanan yang salah.

Ada beberapa kategori makanan pemicu diabetes, yaitu sebagai berikut :

1. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti: Nasi putih, roti, pasta atau produk tepung lainnya. Makanan tinggi karbohidrat mudah dan cepat dicerna menjadi glukosa sehingga kadar gula darah dalam tubuh pun meningkat.

2. Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi, seperti: daging merah, olahan daging, junk food, keju, susu tinggi lemak, margarin dan lain sebagainya. Makanan tinggi lemak ini tidak secara langsung menyebabkan gula darah meningkat, melainkan kadar kolesterol yang meningkat lalu menyebabkan resistensi insulin sehingga meningkatkan resiko diabetes.

3. Buah yang diolah menjadi buah kering, buah kalengan dan buah yang dibekukan untuk smoothies. Buah yang diolah tersebut biasanya memiliki kadar gula yang tinggi.

Selanjutnya, makanan apa saja sih yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Yuk simak penjelasannya.

1. Karbohidrat Kompleks

Untuk menghindari makanan karbohidrat tinggi, penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yaitu:

  • Umbi-umbian: kentang dan ubi jalar
  • Biji-bijian: beras merah dan oatmeal
  • Roti gandum
  • Buah-buahan: seperti tomat dan pisang

2. Lemak sehat

Untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, makanan mengandung lemak baik berikut disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu:

  • Lemak tak jenuh tunggal: buah alpukat, kacang almond, minyak zaitun dan minyak kanola
  • Lemak tak jenuh  ganda: kenari, ikan, minyak jagung dan minyak bunga matahari.

Baca Juga : 10 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah

3. Protein

Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang baik, yaitu:

  • Protein hewani: dada ayam tanpa kulit, ikan berdaging putih dan telur.
  • Protein nabati: kacang merah, kacang polong, edamame dan makanan yang diolah dari kacang kedelai (tahu dan tempe)

Asuransi Penyakit Kritis

4. Serat 

Untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, yaitu:

  • Sayur-sayuran: brokoli, bayam dan selada
  • Buah-buahan: papaya, apel dan pir
  • Kacang-kacangan: kacang tanah dan almond
  • Serta biji-bijian seperti chia seed dan lainnya

5. Vitamin, mineral, dan antioksidan

Untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, penderita diabetes juga perlu memenuhi gizi harian yang seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral (baca juga, 13 makanan yang mengandung vitamin D tinggi).

Berikut adalah beberapa makanan tinggi vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes:

  • Sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta kalsium, seng, dan potassium
  • Buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti antosianin dan polifenol, yaitu strawberry
  • Buah yang tinggi akan serat, vitamin C, folat, dan potassium, yaitu jeruk
  • Buah yang mengandung vitamin C dan K, serta mangan, serat, dan potassium, yaitu beri.

Baca Juga : Berapa Kadar Gula Darah Normal menurut Usia Kamu

Penderita diabetes harus lebih hati-hati dan cermat saat memilih dan mengkonsumsi makanan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk meminta saran mengenai menu atau porsi makanan untuk penderita diabetes.

Penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Anda bisa memantau dan menakar bahan baku dan bahan tambahan lain apa saja yang akan digunakan.

Penderita harus mengontrol dengan cara rutin mengecek kadar gula darah paling sedikit 1 kali dalam 3 bulan dan menerapkan pola hidup sehat.

Kadar gula darah pada penderita diabetes dapat lebih mudah terkontrol dengan menjaga pola makan sehat, olahraga, dan pengobatan yang tepat. Sehingga risiko terkena komplikasi penyakit diabetes pun akan menjadi lebih rendah.

asuransi covid

Agar Anda tetap sehat dan gula darah tetap terkontrol, Anda harus menjaga pola makan makanan sehat dan istirahat yang cukup. Jangan lupa persiapkan asuransi kesehatan sebagai perlindungan tambahan jika Anda membutuhkan biaya pengobatan di rumah sakit terdekat. Di Super You, Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan dengan premi terjangkau, cuma mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan.