makanan penurun kolesterol

Terakhir telah membahas mengenai jenis jenis kolesterol umum, dan kadar kolesterol yang normal untuk tubuh. Seperti yang telah diketahui bahwa gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat dapat memicu kolesterol, karena itu penting untuk mengetahui makanan yang bagus untuk menurunkan kolesterol, dan bisa memicu nya.

Makanan Yang Dapat Memicu Kolesterol Jahat 

Gorengan 

Dimulai dari yang sulit, menghindari aneka makanan gorengan akan menjadi cobaan karena tidak hanya gampang ditemukan dimana-mana, makanan gorengan merupakan makanan favorit hampir semua kalangan. Namun, makanan yang digoreng cenderung memiliki lemak jenu dan lemak trans, jadi bisa untuk meningkatkan kolesterol jahat.

Untuk mencegah peningkatan kolesterol jahat, hindari konsumsi makanan gorengan dan beralih ke makanan yang diolah dengan cara alternatif lainnya seperti ditumis, dipanggang, direbus, atau dikukus. Tentu saja makanan gorengan akan dibolehkan dalam moderasi dan akan lebih baik lagi apabila dilakukan dengan menggoreng menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun, kelapa atau kedelai.

asuransi rawat jalan

Fast Food

Meski enak, dan gampang ditemukan, makanan fast food, sama seperti gorengan, bisa meningkatkan kolesterol jahat. Tentu saja mengonsumsi fast food sesekali tidak apa apa, tetapi ingat untuk tidak terlalu sering atau akan berdampak lebih dari kolesterol jahat. Pola makan yang tidak sehat bisa juga meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.

Jeroan

Jeroan memiliki sisi yang baik dan buruk, meski mengandung protein, vitamin A dan zat besi, jeroan juga mengandung kolesterol jahat dan purin yang bisa memicu asam urat. Jenis jeroan yang mengandung kolesterol tinggi tak lain adalah jantung, usus, hati, dan otak karena itu sebaiknya hindari konsumsi jeroan.

Lobster 

Lobster adalah salah satu makanan yang harus dimakan hanya sesekali, dan coba untuk dihindari. Ini karena lobster merupakan makanan yang tinggi atas kolesterol dimana setiap 100-gram lobster bisa mengandung sekitar 145 miligram kolesterol, 70% dari batas kolesterol yang direkomendasikan. Kandungan kolesterol lobster akan meninggi tergantung dari penyajian, menggoreng lobster atau menyajikannya dengan mayones tentu akan mengandung lebih banyak kolesterol jahat.

Steak Iga

Meski kandungan kolesterol dalam steak iga tidak sebanyak lobster, steak iga tetap mengandung 11-gram lemak yang didominasi oleh lemak jenuh, dan kolesterol jahat. Akan lebih baik untuk mengonsumsi steak iga hanya sesekali atau untuk memilih alternatif seperti sirloin yang memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

Artikel Terkait