asam urat

Kadar asam urat dapat meningkat ketika ginjal gak bisa menghilangkan asam urat secara efisien. Hal ini tentu menyebabkan perlambatan dalam penghapusan asam urat termasuk jika mengkonsumsi makanan tertentu, kelebihan berat badan, diabetes, dan sering mengkonsumsi alkohol.

Beberapa gejala asam urat seperti nyeri di persendian yang umumnya dirasakan pada saat pagi hari dan malam hari. Kaki yang mengalami nyeri tersebut akan berwarna kemerahan kemudian akan susah digerakkan bahkan menjadi kaku.

Jika kamu adalah orang yang memiliki risiko asam urat, sebaiknya menghindari beberapa makanan yang menjadi penyebab asam urat. 

  1. Kerang
  2. Ikan Teri
  3. Ikan Sarden
  4. Kalkun
  5. Daging Rusa
  6. Hati
  7. Ginjal Sapi
  8. Otak
  9. Roti Manis
  10. Alkohol (Baca juga : 35 efek bahaya minum alkohol untuk tubuh)
  11. Jeroan
  12. Kacang-kacangan
  13. Bayam
  14. Daun Pepaya
  15. Jagung
  16. Seledri
  17. Wortel

Makanan yang menyebabkan asam urat adalah makanan yang mengandung zat purin yang mana merupakan zat yang diolah tubuh menjadi asam urat sebagai antioksidan, neuroprotektif, dan yang memberikan pertahanan terhadap tubuh untuk melawan sel tumor, dan lain-lain. Kelebihan asam urat dapat dikatakan berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar asam urat tetap seimbang dengan menjaga pola makan sehat.

 

Berikut jenis-jenis makanan alami untuk asam urat yang dapat kamu coba

Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat mengikat purin yang berlebih dan menetralisir kapasitas purin di dalam tubuh sehingga lebih seimbang. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan sisa-sisa metabolisme yang biasanya menempel di persendian yang menjadi penyebab asam urat. Buah-buahan yang mengandung vitamin C disarankan seperti jambu biji, pepaya, jeruk, kiwi, semangka, dan tomat.

Sayuran dengan Serat Tinggi

Salah satu sayur yang disarankan untuk pengidap asam urat adalah brokoli. Kamu bisa konsumsi dengan cara ditumis, dikukus, ataupun di jus dengan campuran tomat dan perasan lemon. Sayurang yang mengandung tinggi serat sangat efektif untuk menetralisir penumpukan purin dan memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh. Sistem metabolisme yang lancar dapat mencegah timbulnya asam urat.

Asuransi Penyakit Kritis

Kopi Hitam

Minuman manis dapat menjadi penyebab asam urat kambuh. Namun kopi hitam dapat menurunkan kadar asam urat. Kopi hitam terbukti dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh, menjaga kesehatan fungsi jantung, dan organ tubuh lainnya.

Air Putih

Air putih dapat menurunkan kadar asam urat. Mengkonsumsi air putih bermanfaat untuk membuang zat beracun di dalam tubuh termasuk purin yang berlebih. Minum air putih juga bermanfaat untuk membersihkan ginjal, meningkatkan fungsi hati, dan meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.

Lindungi dengan Asuransi Cashless

Asuransi kesehatan tentu penting untuk melindungi kamu dari biaya pengobatan rumah sakit. Asuransi kesehatan online di Super You mulai dari Rp 50 ribu per bulan seperti asuransi penyakit kritis Super Well Protection (termasuk perlindungan kanker, stroke, jantung dan lainnya), asuransi kesehatan santunan harian My Hospital Protection, dan asuransi penyakit menular Super Care Protection. Premi terjangkau, dapat santunan harian hingga Rp 1 juta per hari, dapat limit perlindungan hingga Rp 1 M per tahun. Tertarik? Coba pilih produknya disini.

Artikel Terkait Lainnya