asam urat

Kita harus berhati – hati dengan makanan yang kita konsumsi, tidak hanya karena kalorinya, tetapi karena bisa menjadi makanan penyebab asam urat. asam urat adalah kondisi terjadinya radang sendi dimana sering terjadi padai jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jempol kaki. Penyebab asam urat adalah terjadi penumpukan kristal asam urat sehingga gejala asam urat biasanya diikuti dengan rasa nyeri pada sendi.

Salah satu faktor yang bisa memicu penyebab asam urat adalah makanan, karena itu salah satu obat asam urat adalah kebiasaan makan seseorang. Untuk bisa mencegah terjadinya asam urat, mari ketahui 17 makanan yang menjadi pantangan asam urat. 

Table of Contents

Apa itu Asam Urat

Apa itu Asam Urat

Sebelum mengetahui makanan penyebab asam urat, mari kita pahami dulu apa itu asam urat?

Penyakit asam urat adalah kondisi dimana kadar mineral asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi yang kemudian mengkristal sehingga bisa menyerang dan menyebabkan radang persendian. 

Lalu apa yang dianggap kadar asam urat normal? 

Kadar asam urat normal aslinya bergantung pada jenis kelamin seseorang:

  • Kadar asam urat normal untuk laki-laki adalah 4,0 – 8,5 mg/dL.
  • Kadar asam urat normal untuk perempuan adalah 2,5 – 7,5 mg/dL.

pada urine, kadar asam urat normal yang dihasilkan per 24 adalah 250 – 750 miligram atau 1,48 – 4,43 milimol (mmol). Kadar asam urat dinyatakan terlalu tinggi jika melebihi 6,0 mg/dL pada wanita dan 7,0 mg.dL pada pria.

Kadar asam urat dapat meningkat ketika ginjal tidak bisa menghilangkan asam urat secara efisien dan menyebabkan perlambatan dalam penghapusan asam urat termasuk jika mengkonsumsi makanan penyebab asam urat, kelebihan berat badan, diabetes, dan sering mengkonsumsi alkohol.

Jika seseorang menderita asam urat, bisa disertai dengan beberapa ciri – ciri asam urat, yaitu adalah:

  • Mendadak timbul rasa nyeri. 
  • Merasa nyeri di malam hari. 
  • Demam

Hindari 17 Makanan Penyebab Asam Urat Ini!

Salah satu cara mengobati asam urat adalah dengan menghindari makanan pantangan asam urat. Makanan penyebab asam urat mengandung zat purin, zat yang diolah tubuh menjadi asam urat sebagai antioksidan, neuroprotektif, dan memberikan pertahanan terhadap tubuh untuk melawan sel tumor, dan lain-lain. Kelebihan asam urat dapat dikatakan berbahaya bagi kesehatan. Jika kamu adalah orang yang memiliki risiko asam urat, sebaiknya menghindari beberapa makanan penyebab asam urat di bawah ini.

  • Kerang

Beberapa jenis makanan laut perlu hindari oleh penderita asam urat karena memiliki kadar purin yang tinggi. Kerang merupakan salah satu makanan laut yang perlu dihindari karena mengandung kadar purin yang tinggi.

  • Ikan Teri

Ikan teri banyak dikatakan menyebabkan darah tinggi, tetapi selain itu ikan teri juga bisa memicu terjadinya asam urat. Hal ini bisa terjadi karena ikan teri seperti makanan laut lainnya mengandung purin yang tinggi sehingga harus dijauhi oleh para penderita asam urat. Dari semua jenis makanan laut dengan tingkat purin yang tinggi, kadar purin yang ada pada ikan teri adalah yang tertinggi hingga 1.108,6 mg per 100 gram.

  • Ikan Sarden

Seperti pada kerang dan ikan teri, ikan sarden juga makanan laut yang perlu dihindari akibat kandungan purin yang ada. Namun, berbeda dengan ikan teri, kandungan purin yang ada di ikan saren masih lebih rendah hanya dengan 210,4 mg purin. 

  • Kalkun

Berdasarkan Healthcare Associates of Texas kalkun merupakan salah satu makanan yang harus dihindari jika menderita asam urat. Hal ini karena daging kalkun mengandung kadar purin yang tinggi. 

  • Daging Merah 

Daging merah baik daging sapi, daging domba, daging kambing, daging rusa, dan lainnya lebih baik dihindari jika menderita asam urat. Daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga bisa memicu asam urat. 

  • Hati

Hati yang merupakan bagian dari jeroan hewan bisa memicu terjadinya asam urat. Hal ini karena jeroan mengandung kadar purin yang tinggi, seperti hati. Hati ayam per 100 gram mengandung 312,2 mg purin sehingga jatuh dalam kategori makanan yang mengandung kadar purin sangat tinggi. Hati sapi meski lebih rendah juga mengandung kadar purin yang tinggi dengan 100 gram memiliki 219,8 mg purin.

  • Durian

Durian memang diakui sebagai raja buah dan sangat terkenal di Asia Tenggara. Tetapi, bagi para pecinta buah durian, pastikan untuk hati – hati menyantapnya, karena merupakan salah satu makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Durian memiliki kadar purin yang tinggi sehingga bisa memicu asam urat, selain itu juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan memicu penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

  • Otak

Salah satu makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi adalah otak. Sebagai bagian dari jeroan hewan, otak memiliki kadar purin yang tinggi sehingga jika dikonsumsi bisa memicu terjadinya asam urat.

  • Nanas

Selain durian, buah nanas juga memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena bisa berisiko memicu terjadinya asam urat. Selain itu nanas yang mengalami fermentasi di pencernaaan akan menjadi alkohol dan akan berbahaya bagi penderita asam urat. 

  • Alkohol 

Makanan dan minuman mengandung alkohol adalah barang konsumsi yang harus dihindari para penderita asam urat. Pastikan untuk membatasi konsumsi alkohol baik minuman atau makanan yang melewati proses fermentasi agar asam urat tidak kambuh. (Baca juga : 35 efek bahaya minum alkohol untuk tubuh)

  • Jeroan

Jeroan seperti otak, hati, usus limpa, jantung, paru dan ginjal merupakan makanan yang bisa memicu penyebab asam urat. Hal ini karena jeroan mengandung purin yang tinggi dan bisa memperburuk kondisi asam urat.

  • Kacang-kacangan

Meski kacang – kacangan bagus untuk dikonsumsi, nyatanya tidak semua kacang bagus bagi penderita asam urat. Beberapa jenis kacang yang harus dihindari adalah kacang tanah, kacang almond, kacang kenari dan kacang mete.

  • Bayam

Sayuran yang identik dikonsumsi oleh Popeye ini memang menyehatkan, tetapi berbahaya bagi penderita asam urat. Pada dasarnya sayur bayam mengandung purin yang tinggi dimana 100 gr bayam mengandung 57 gram purin, lho. 

  • Daun Pepaya

Daun papaya mungkin santapan lalapan yang nikmat, tetapi bisa berbahaya bagi penderita asam urat, lho. Hal ini karena seperti kol, kangkung dan asparagus, daun papaya mengandung purin yang tinggi sehingga dapat memicu penyebab asam urat.

  • Kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang bahaya untuk dikonsumsi terlalu banyak. Hal ini karena dalam 100 gram kangkung terkandung 9 – 10 mg purin. 

  • Emping

Emping adalah kerupuk yang berbahaya untuk dikonsumsi terlalu banyak akibat kandungan purin yang tinggi sehingga bisa memicu asam urat. Dalam 100 gram emping terkandung 150 – 800 mg purin, lho.

  • Tape Ketan

Tape ketan merupakan makanan yang dihasilkan dengan proses fermentasi. Proses fermentasi membuat makanan mengandung alkohol sehingga berbahaya karena bisa memicu asam urat. Kandungan purin yang memiliki 100 gram tape ketan adalah 100 – 1000 mg.

Makanan yang boleh dimakan penderita asam urat

Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat mengikat purin yang berlebih dan menetralisir kapasitas purin di dalam tubuh sehingga lebih seimbang. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan sisa-sisa metabolisme yang biasanya menempel di persendian yang menjadi penyebab asam urat. Buah-buahan yang mengandung vitamin C disarankan seperti jambu biji, pepaya, jeruk, kiwi, semangka, dan tomat.

Sayuran dengan Serat Tinggi

Salah satu sayur yang disarankan untuk pengidap asam urat adalah brokoli. Kamu bisa konsumsi dengan cara ditumis, dikukus, ataupun di jus dengan campuran tomat dan perasan lemon. Sayurang yang mengandung tinggi serat sangat efektif untuk menetralisir penumpukan purin dan memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh. Sistem metabolisme yang lancar dapat mencegah timbulnya asam urat.

Asuransi Penyakit Kritis

Kopi Hitam

Minuman manis dapat menjadi penyebab asam urat kambuh. Namun kopi hitam dapat menurunkan kadar asam urat. Kopi hitam terbukti dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh, menjaga kesehatan fungsi jantung, dan organ tubuh lainnya.

Air Putih

Air putih dapat menurunkan kadar asam urat. Mengkonsumsi air putih bermanfaat untuk membuang zat beracun di dalam tubuh termasuk purin yang berlebih. Minum air putih juga bermanfaat untuk membersihkan ginjal, meningkatkan fungsi hati, dan meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.

Lindungi dengan Asuransi Cashless

Asuransi kesehatan tentu penting untuk melindungi kamu dari biaya pengobatan rumah sakit. Asuransi kesehatan online di Super You mulai dari Rp 50 ribu per bulan seperti asuransi penyakit kritis Super Well Protection (termasuk perlindungan kanker, stroke, jantung dan lainnya), asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan menyeluruh Super Easy Health, dan asuransi penyakit menular Super Care Protection. Premi terjangkau, dapat santunan harian hingga Rp 1 juta per hari, dapat limit perlindungan hingga Rp 1 M per tahun. Tertarik? Coba pilih produknya disini.

Artikel Terkait