Ketahui Manfaat Air Kelapa, Bahkan Untuk Ibu Hamil dan Penderita Asam Lambung!

Pohon kelapa sering disebut tree of life ataupun pohon seribu manfaat, termasuk manfaat air kelapa hijau yang juga baik. Makanya nggak heran lagi kalau air kelapa hijau banyak ditemukan di berbagai tempat, mau di restoran atau para pedagang di pinggir jalan.

Kadang-kadang kita pun menemukan variasi rasa air kelapa yang dicampur dengan minuman lainnya. Misalnya, dengan buah jeruk, buah blewah, sampai dengan es teler yang sudah sangat populer. Rasanya yang nikmat tidak turut menghilangkan manfaat air kelapa hijau bagi tubuh kita.

Manfaat air kelapa hijau yang mungkin kita tahu selama ini adalah mampu menyegarkan dahaga. Apalagi ketika berlibur di pantai atau di tengah siang hari yang panas aja. Ternyata oh ternyata, manfaat air kelapa hijau lebih dari itu loh! Nutrisi yang ada di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan.

Yuk, simak apa saja kandungan dan manfaat air kelapa hijau dalam artikel ini!

Manfaat Air Kelapa

Kandungan Air Kelapa Muda

Seberapa banyak kalori air kelapa hijau? Apakah bisa untuk yang program diet? Mungkin kita pun bertanya-tanya soal itu.

Faktanya, air kelapa hijau mengandung banyak elektrolit yang berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh dan mengembalikan energi. Elektrolit di air kelapa muncul dalam bentuk potasium, sodium, kalium, dan magnesium. 

Khasiat air kelapa hijau juga memiliki kandungan karbohidrat, gula, lemak, protein, dan vitamin C yang mudah dicerna oleh tubuh. Lebih baik ketahui selengkapnya di komposisi dan kandungan air kelapa ini, yuk!

  • Energi:17 kkal
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak: 0.1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 mg
  • Fosfor: 8 mg
  • Besi: 0.2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 149 mg

Dari komposisi nutrisi di atas, terlihat bahwa kalori air kelapa hijau sangat sedikit. Kalori air kelapa hijau pun tidak mengandung kolesterol. Wah, tentu manfaat air kelapa hijau sangat cocok diminum untuk yang sedang menurunkan berat badan nih. 

Manfaat Air Kelapa Hijau

Manfaat Air Kelapa

Manfaat air kelapa hijau memang nggak usah diragukan lagi, guys! Bahkan, manfaat air kelapa hijau tidak memandang usia, mulai anak-anak, ibu hamil, sampai orang tua. Berdasarkan hasil penelitian pun, khasiat air kelapa hijau mampu mencegah maupun mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan. 

Yuk, rutin minum air kelapa dalam jumlah yang cukup supaya merasakan 10 manfaat air kelapa berikut ini!

  • Mencegah Dehidrasi

Kita pasti sudah tidak asing dengan manfaat air kelapa hijau satu ini. Adanya aktivitas berlebihan ataupun kondisi kesehatan yang menyebabkan kita kehilangan sejumlah cairan. Tentu kita pun butuh cairan baru untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Nah, inilah manfaat air kelapa hijau sebagai penambah cairan!

  • Menambah Stamina Tubuh

Kandungan kalium pada air kelapa hijau dinilai lebih baik dibandingkan minuman olahraga yang diformulasi lho. Sebuah penelitian juga telah membuktikan manfaat air kelapa hijau yang diminum sebelum berolahraga dapat meningkatkan stamina sehingga mampu berolahraga lebih lama dan mencapai detak jantung lebih tinggi.

  • Mengurangi Tanda Penuaan Pada Kulit

Pada tahun 2014, Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry diterbitkan di India menyatakan salah satu khasiat air kelapa hijau bisa mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan mencegah penuaan sel termasuk pencegahan kerutan di kulit wajah. Lebih tepatnya karena kandungan cytokinin

Selain itu, khasiat air kelapa yang mengandung Vitamin C dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan membantu regenerasi kulit. Mikro nutrisi ini berperan sebagai antioksidan untuk tubuh dan melindungi kulit dari risiko kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: Belum Pakai Retinol? Ketahui Manfaatnya Untuk Wajah!

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, manfaat air kelapa hijau diyakini mampu menjaga ketahanan tubuh terhadap infeksi yang menyebabkan penyakit. Hal ini karena selain mengandung vitamin, air kelapa juga mengandung zat fenol. Zat fenol membuat manfaat air kelapa efektif melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh serangan bakteri maupun virus.

  • Membantu Stabilitas Tekanan Darah

Seperti yang sudah diketahui bahwa air kelapa mengandung elektrolit dalam bentuk potasium, sodium, kalium, dan magnesium. Kandungan elektrolit ini membuat khasiat air kelapa hijau membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga stabilitas tekanan darah. 

  • Menurunkan Kadar Kolesterol 

Beberapa komponen aktif yang ada di air kelapa adalah kalsium, magnesium, kalium, l – arginin, dan asam askorbat juga mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Namun, kebalikan dengan minyak kelapa yang bisa meningkatkan kadar kolesterol, mengonsumsi air kelapa justru bisa tingkatkan HDL kolesterol yang merupakan kolesterol baik.

  • Mengontrol Gula Darah 

Khasiat air kelapa hijau yang mengandung natrium bisa menurunkan kadar gula darah. Jadi, bagus untuk membantu mengontrol gula darah kita dan mencegah risiko terjadinya penggumpalan darah. Itu mengapa khasiat air kelapa hijau sangat baik untuk penderita prediabetes dan diabetes tipe 2. 

Selain natrium, arginine yang terkandung dalam air kelapa juga bisa membantu mengontrol gula darah dengan cara meningkatkan fungsi pankreas. Dengan begitu produksi hormon insulin berkadar normal yang diproduksi oleh pankreas bisa membantu menstabilkan gula darah.

  • Menghindari Risiko Batu Ginjal 

Tidak hanya air putih lho yang bagus untuk menjaga kesehatan ginjal, air kelapa ternyata bermanfaat juga. 

Batu ginjal bisa terjadi saat kalsium, asam oksalat, dan komponen lainnya mengeras menjadi kristal yang bisa terbawa dalam urine. Namun, khasiat air kelapa hijau bisa menghindari kita dari risiko batu ginjal karena air kelapa bisa meminimalisir radikal bebas yang terjadi karena kadar oksalat di urine. 

Penelitian yang berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water menunjukan bahwa pada tikus, air kelapa bisa mencegah kristal untuk menempel ke ginjal dan saluran kemih. Namun, penelitian mengenai efek air kelapa dalam batu ginjal pada manusia masih harus dipelajari lebih lanjut.

  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Khasiat air kelapa muda yang satu ini pasti sering kita dengar bukan? Pasalnya, banyak yang mengatakan khasiat air kelapa muda dapat membuat bayi putih. Tapi, ternyata hanyalah mitos belaka soal khasiat air kelapa muda, Moms! 

Faktanya, khasiat air kelapa muda justru dapat mendorong perkembangan janin. Kandungan mineral dan kalsium dalam air kelapa muda membantu pembentukan tulang, serta mencegah risiko berat badan bayi lahir rendah.

Selain itu, khasiat air kelapa muda juga bagus untuk para calon Moms nih. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil, antara lain dapat mengurangi rasa mual, muntah, dan mengganti cairan dalam tubuh. Namun, yang perlu dicatat adalah aturan minum manfaat air kelapa untuk ibu hamil tidak lebih dari dua gelas per hari ya!

Baca juga: Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia, Wajarnya Berapa?

  • Mengobati Asam Lambung

Air kelapa untuk asam lambung sangat aman dikonsumsi lho! Salah satu khasiat air kelapa muda adalah menjaga keseimbangan pH dalam tubuh karena ada kandungan kalium di dalamnya. Dengan begitu, kadar asam dalam lambung dapat dikendalikan dan mengurangi risiko terjadinya refluks.

Tak hanya manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang bisa mengurangi rasa mual dan muntah kok. Begitu juga dengan penderita asam lambung, air kelapa untuk asam lambung mampu menetralkan kadar asam dalam lambung.

Maka, aturan minum air kelapa untuk asam lambung adalah segelas pada pagi hari dan segelas lagi pada malam hari. Atau, satu buah secara rutin selama dua minggu. Hal ini disesuaikan dengan  kondisi tiap penderitanya serta harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya!

Efek Samping Air Kelapa Muda

Efek Samping Air Kelapa Muda

Ternyata, konsumsi air kelapa muda juga dapat memiliki efek samping dalam beberapa situasi tertentu. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terkait dengan konsumsi air kelapa muda.

  • Diare

Beberapa orang mungkin mengalami diare setelah mengonsumsi air kelapa muda, terutama jika mereka tidak terbiasa dengan minuman ini atau mengonsumsinya dalam jumlah besar.

  • Gangguan pencernaan

Sebagian kecil individu bisa merasakan gangguan pencernaan seperti kembung, gas, atau sakit perut setelah minum air kelapa muda.

  • Reaksi alergi

Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan seseorang dapat mengalami reaksi alergi terhadap air kelapa muda. Gejalanya bisa berupa ruam, gatal-gatal, atau bahkan sesak napas.

  • Kadar gula alami

Air kelapa muda mengandung gula alami, terutama gula kelapa (sukrosa). Ini perlu diperhatikan oleh individu dengan diabetes atau masalah metabolisme gula darah, karena konsumsi berlebihan dapat memengaruhi kadar gula darah.

  • Gangguan elektrolit

Meskipun jarang, minum air kelapa muda secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan elektrolit, terutama jika digunakan sebagai satu-satunya sumber cairan dalam jangka waktu yang lama. Kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa muda juga harus diperhatikan oleh individu dengan masalah ginjal.

  • Kandungan kalori

Meskipun lebih rendah kalori dibandingkan minuman manis lainnya seperti minuman bersoda, air kelapa muda masih mengandung kalori. Konsumsi berlebihan dapat berkontribusi pada masalah berat badan jika tidak seimbang dengan asupan kalori harian.

Baca Juga : 12 Manfaat Konsumsi Sayur Bayam dan Resep yang Wajib Dicoba!

Penting untuk diingat bahwa efek samping ini cenderung terjadi dalam jumlah yang sangat kecil atau dalam situasi tertentu. Bagi kebanyakan orang, air kelapa muda adalah minuman yang sehat dan segar yang dapat dinikmati dengan aman. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis khusus atau jika Anda mengalami reaksi negatif setelah mengonsumsi air kelapa muda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran yang sesuai.

asuransi rawat jalan

Nah, sudah tahukan manfaat air kelapa? Yuk jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, bisa di mulai dari air kelapa lho! Selain itu, memiliki asuransi kesehatan juga dapat melindungi diri. Kita bisa pilih Super Easy Health dari Super You dengan premi mulai Rp135.000 aja per bulan!

Artikel Terkait