Manfaat minum Air Putih

Sangat sulit untuk membentuk kebiasaan minum air putih 2 Liter sehari dan kepentingan untuk minum air putih sering dihiraukan. Padahal manfaat minum air putih merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh manusia lho! Pada dasarnya tubuh manusia mengandung sekitar 60-70% dan keberadaan air dalam tubuh manusia memastikan untuk setiap organ didalam tubuh untuk bekerja dengan baik. Berikut ini adalah beberapa fungsi air putih pada tubuh:

  • Di dalam tubuh air bekerja untuk mentransportasi mineral, protein, vitamin dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh
  • Air juga bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan suhu pada tubuh
  • Menjadi pelumas untuk jaringan tubuh dan menjadi bantalan untuk sendi-sendi, tulang dan otot

Apabila tubuh kekurangan air putih, maka akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk atau akibat kurang minum air putih bagi tubuh:

  • Dehidrasi
  • Terjadinya konstipasi
  • Saluran urin bisa terinfeksi
  • Terbentuknya batu ginjal
  • Masalah rambut, kulit dan kuku

Selain diperlukan untuk tubuh, masih banyak manfaat lainnya dari minum air putih lho! Yuk simak apa saja manfaat minum air putih dibawah ini!

Manfaat Minum Air Putih

1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Salah satu manfaat minum air putih yang diketahui adalah mengonsumsi air putih yang cukup akan mencegah tubuh untuk terdehidrasi. Mungkin banyak yang menganggap hal ini sepele, namun dehidrasi bisa jadi berbahaya apabila tidak ditangani karena bisa menyebabkan gangguan pada organ tubuh seperti menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, menyebabkan kejang dan syok.

2. Menurunkan Berat Badan

Salah satu tips diet adalah dengan banyak minum air putih, apalagi untuk meminum segelas air putih sebelum makan. Ini karena air bisa memberikan efek kenyang sehingga mengonsumsi banyak air saat diet bisa menyebabkan konsumsi makanan yang lebih sedikit sehingga asupan kalori tetap terjaga dan berat badan terkontrol. Selain dengan air putih, air lemon juga bisa membantu menurunkan berat badan lho!

Mengonsumsi air putih juga meningkatkan metabolisme yang memudahkan tubuh untuk membakar lemak. Air putih juga bisa membantu untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh dengan memproduksi cairan yang dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk keringat, urin, dan tinja.

3. Kesehatan Kulit

Mengonsumsi air putih bisa membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga hidrasi pada kulit dan bibir. Meski tidak terlalu terasa, sebaliknya apabila tubuh kita kekurangan cairan maka kulit bisa menjadi kering lho, karena itu penting saat menjaga kulit untuk juga mengonsumsi banyak air putih.

Baca Juga: Kenali Kulit Kering dan Cara Mengatasinya!

4. Meningkatkan Konsentrasi

Tahukah kalian bahwa apabila tubuh kurang minum air putih maka akan berdampak pada fungsi otak? Bila tubuh kekurangan cairan maka fungsi otak akan terganggu dan yang paling terlihat adalah pada kemampuan otak untuk fokus dan konsentrasi. Untuk memastikan otak bisa berfungsi secara optimal jangan lupa konsumsi air putih yang cukup agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Artikel Terkait