Manfaat minum Air Putih

Apa sih manfaat minum air putih? Berapa gelas minum air putih sehari?

Sangat sulit untuk membentuk kebiasaan minum 2 Liter air putih setiap harinya dan kepentingan untuk minum air putih sering dihiraukan. Padahal air putih merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh manusia lho! Pada dasarnya tubuh manusia mengandung sekitar 60-70% dan keberadaan air dalam tubuh manusia memastikan untuk setiap organ didalam tubuh untuk bekerja dengan baik. Berikut ini adalah beberapa fungsi air pada tubuh:

  • Di dalam tubuh air bekerja untuk mentransportasi mineral, protein, vitamin dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh 
  • Air juga bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan suhu pada tubuh 
  • Menjadi pelumas untuk jaringan tubuh dan menjadi bantalan untuk sendi-sendi, tulang dan otot 

Apabila tubuh kekurangan air, maka akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk saat tubuh kita kekurangan air:

  • Dehidrasi
  • Terjadinya konstipasi 
  • Saluran urin bisa terinfeksi
  • Terbentuknya batu ginjal 
  • Masalah rambut, kulit dan kuku 

Selain diperlukan untuk tubuh, masih banyak manfaat lainnya dari minum air putih lho! Yuk simak apa saja manfaatnya dibawah ini!

Air Putih

Manfaat Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih

Berikut adalah manfaat minum air putih 2 liter atau 8 gelas setiap hari.

 1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Salah satu manfaat air putih yang diketahui adalah mengonsumsi air putih yang cukup akan mencegah tubuh untuk terdehidrasi. Mungkin banyak yang menganggap hal ini sepele, namun dehidrasi bisa jadi berbahaya apabila tidak ditangani karena bisa menyebabkan gangguan pada organ tubuh seperti menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, menyebabkan kejang dan syok. 

2. Menurunkan Berat Badan

Salah satu tips diet adalah dengan banyak minum air, apalagi untuk meminum segelas air sebelum makan. Ini karena air bisa memberikan efek kenyang sehingga mengonsumsi banyak air saat diet bisa menyebabkan konsumsi makanan yang lebih sedikit sehingga asupan kalori tetap terjaga dan berat badan terkontrol. Selain dengan air putih, air lemon juga bisa membantu menurunkan berat badan lho!

Mengonsumsi air putih juga meningkatkan metabolisme yang memudahkan tubuh untuk membakar lemak. Air putih juga bisa membantu untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh dengan memproduksi cairan yang dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk keringat, urin, dan tinja. 

3. Kesehatan Kulit

Mengonsumsi air putih bisa membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga hidrasi pada kulit dan bibir. Meski tidak terlalu terasa, sebaliknya apabila tubuh kita kekurangan cairan maka kulit bisa menjadi kering lho, karena itu penting saat menjaga kulit untuk juga mengonsumsi banyak air putih.

Baca Juga: Kenali Kulit Kering dan Cara Mengatasinya!

4. Meningkatkan Konsentrasi

Tahukah kalian bahwa apabila tubuh kekurangan cairan maka akan berdampak pada fungsi otak? Bila tubuh kekurangan cairan maka fungsi otak akan terganggu dan yang paling terlihat adalah pada kemampuan otak untuk fokus dan konsentrasi. Untuk memastikan otak bisa berfungsi secara optimal jangan lupa konsumsi air putih yang cukup agar tubuh tidak kekurangan cairan. 

5. Melancarkan Pencernaan

Sering kali kekurangan asupan cairan dalam tubuh untuk mengganggu fungsi pencernaan dan menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi karena kekurangan cairan pada tubuh adalah sembelit atau konstipasi. Untuk mencegah terjadinya sembelit dan melancarkan pencernaan pastikan untuk mengonsumsi banyak air putih.

6. Meningkatkan Stamina

Selain makanan, air juga merupakan sumber energi untuk tubuh. Dengan mengonsumsi banyak air putih maka akan membantu mendapatkan energi yang cukup untuk tubuh menjalankan aktivitas sehari-hari. Ini juga akan membantu tubuh untuk tidak lemas saat beraktivitas, maka dari itu pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup.

7. Menjaga Fungsi Ginjal

Air sangat penting bagi kesehatan ginjal dan salah satu faktor yang memastikan bahwa ginjal berfungsi dengan baik. Apabila tubuh kekurangan cairan maka akan ada risiko untuk urin yang keluar memiliki bau yang tidak sedap serta warnanya tidak jernih. Juga kekurangan air bisa meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. 

Baca Juga : 7 Minuman untuk Diet Ini Terbukti Dapat Turunkan Berat Badan

8. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Dengan memperbanyak konsumsi air putih hangat sebelum tidur, maka akan semakin terhindar dari risiko penyakit jantung. Hal ini karena mengonsumsi air hangat sebelum tidur bisa membantu melancarkan sirkulasi darah.

9. Mengatasi Heat Stroke

Heat stroke terjadi apabila suhu tubuh meningkat secara drastis. Peningkatan ini bisa terjadi apabila berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Dengan mengonsumsi air, suhu tubuh bisa kembali normal dan mengatasi masalah heat stroke.

10. Menurunkan Demam

Seperti heat stroke, saat demam suhu tubuh akan meningkat. Dengan mengonsumsi banyak air putih tubuh akan terbantu untuk kembali ke suhu normal. Disarankan untuk menggunakan air dingin untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat demam.

11. Menyembuhkan Flu dan Batuk

Air putih hangat bisa membantu saat sakit flu dan batuk dengan melegakan hidung yang tersumbat dan tenggorokan yang kering atau berlendir. Hal ini bisa membantu untuk tidur lebih lega saat sakit flu dan batuk.

Baca Juga : Sajikan Daun Sambiloto untuk Kesehatan! Ketahui Caranya Di sini!

12. Menurunkan Stres

Saat stres perbanyak konsumsi air putih. Ternyata air putih bisa membantu menurunkan stres dengan membuat tubuh lebih rileks dan mencegah wajah kusam. Selain itu bisa membantu dengan suasana hati yang tidak baik lho!

13. Menutrisi Kulit

Air putih bisa membantu kulit untuk tetap ternutrisi dan lembab. Semakin tua kulit akan semakin kehilangan cairannya, jadi mengonsumsi banyak air bisa membantu menjaga kelembaban pada kulit. Kelembaban pada kulit ini bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

14. Membantu Menyerap Vitamin

Mengonsumsi air putih sangat bagus bagi kesehatan dan pertahanan tubuh. Air putih bisa membantu tubuh untuk menyerap vitamin, mineral dan nutrisi lainnya dengan baik. Selain itu air putih juga bisa membantu dengan penyakit lainnya seperti sembelit, batu ginjal, infeksi pada saluran kemih dan asma.

15. Melindungi Sendi

Air putih bisa membantu memberikan proteksi pada tulang dan sendi yang ada di tubuh. Perbanyak konsumsi air putih untuk melindungi tulang dan sendi sehingga bisa menikmati banyak aktivitas fisik dan mengurangi risiko kondisi yang berhubungan dengan tulang maupun sendi.

16. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Memperbanyak konsumsi air hangat sangat bagus untuk mengeluarkan kotoran dan racun yang ada dalam tubuh lho! Mengonsumsi air hangat sebelum tidur bisa membantu tubuh untuk detoksifikasi dan menyebabkan tubuh untuk berkeringat. Racun yang ada dalam tubuh akan keluar melalui keringat – keringat tersebut.

17. Membantu Fungsi Kognitif

Tidak hanya meningkatkan produktivitas otak dengan membantu tingkat fokus, tetapi mengonsumsi air putih juga bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif seseorang apabila mengonsumi air putih yang cukup.

Mengonsumsi air putih yang cukup dan sesuai anjuran bisa membantu meningkatkan fungsi ingatan dan memori lho! Melansir healthline kondisi kekurangan air seperti dehidrasi ringan saja bisa menyebabkan 1-3% berat badan dan menyebabkan banyak kerusakan pada fungsi otak, jadi mari mulai konsumsi air sesuai dengan anjuran! 

18. Menyuplai Oksigen Tubuh

Dengan mengonsumsi banyak air, hal ini akan menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan akan membantu oksigen untuk menyebar ke seluruh sel – sel tubuh. 90% dari darah terdiri dari air dan kandungan oksigen dalam air sangat dibutuhkan oleh darah. Tidak hanya itu darah lah yang mengantarkan oksigen, nutrisi dan zat kimia lainnya ke seluruh tubuh. Karena itu dengan mengonsumsi banyak air maka oksigen akan lebih banyak dan lebih menyebar ke seluruh tubuh.

super easy health

Sekarang tahu kan pentingnya dan manfaat banyak minum air putih dengan cukup? Mengonsumsi air putih dengan cukup sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan untuk memastikan kesehatan tubuh kita. Namun, selain mengonsumsi air putih yang cukup, memiliki asuransi juga merupakan salah satu cara memastikan kesehatan dan mengamankan diri dari risiko yang bisa terjadi di masa depan. Mari ketahui lebih lanjut mengenai asuransi di Super You. Super You menyediakan asuransi online dengan harga yang terjangkau lho, yuk cek sekarang!

Artikel Terkait