manfaat-apel-hijau

Salah satu buah yang umum dan gampang untuk ditemukan dimana – mana adalah apel. Buah apel dapat ditemukan di seluruh penjuru dunia dan memiliki hingga 7.500 jenis apel lho! 

Pada umumnya 1 buah apel memiliki kalori di bawah 100 dan merupakan buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh orang diet karena bebas lemak, natrium dan kolesterol. Hal ini karena apel adalah sumber serat pektin, serat yang mengikat kolesterol dan memperlambat penyerapan glukosa.

Apel juga memenuhi banyak kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi 1 apel saja sudah memenuhi 14 persen dari kebutuhan vitamin C harian lho! 

Tidak hanya itu apel bagus untuk mencegah penyakit kronis seperti Alzheimer, kanker paru, penyakit jantung, kanker payudara, diabetes dan penyakit lainnya karena kandungan antioksidan dan fitokimia. 

Meski begitu, apel manakah yang bagus untuk dikonsumsi berdasarkan kebutuhan tubuh kita?

Apel Merah VS Apel Hijau

Jenis buah apel sangatlah beragam dan bisa dilihat dari beragam jenis apel yang bisa dipilih saat berbelanja di pasar atau di supermarket. Tidak hanya dari jenisnya, tetapi juga berbeda dari warnanya, ada apel merah dan apel hijau. 

Kedua apel pun memiliki cita rasa yang berbeda, apel merah rasanya lebih manis dan apel hijau memiliki kombinasi rasa asam dan manis. Namun apakah tidak ada lagi perbedaan selain jenis, warna dan rasanya? Tentu saja ada! Berikut ini adalah perbedaan dari kandungan nutrisi apel merah dan apel hijau.

Pada dasarnya, apel merah dan apel hijau mengandung jumlah serat dan vitamin C yang sama, tetapi kandungan beta karoten yang ada pada apel merah lebih tinggi dibanding apel hijau. Beta karoten ini yang berfungsi sebagai antioksidan. Pigmen antosianin yang memberikan warna merah pada kulit apel juga mengandung antioksidan.

Apel merah tidak hanya memiliki antioksidan, antosianin yang ada juga membantu proses anti radang, antivirus dan dipercaya untuk membantu dalam proses anti kanker lho! Selain dengan mengonsumsi apel merah, cegah juga risiko kanker dengan memiliki asuransi penyakit kritis. Tentu saja ini tidak mengatakan bahwa apel merah lebih bagus dari apel hijau. 

Dibanding apel merah, kadar kalori dan karbohidrat yang ada pada apel hijau 10 persen lebih rendah membuatnya sangat bagus untuk diet. 

Nah, apabila apel merah memiliki beta karoten dan antosianin yang berperan sebagai antioksidan, polifenol yang ada di apel hijau berperan sebagai antioksidan. Kandungan polifenol yang ada pada apel hijau membantu meningkatkan bakteri menguntungkan di usus dan bakteri ini lah yang berkurang pada para penderita obesitas. Berkurangnya bakteri baik ini pada penderita obesitas bisa menyebabkan gangguan metabolik dan peradangan.

Itu lah perbedaan dan manfaat dari apel merah dan apel hijau. Kedua apel sangat bagus untuk dikonsumsi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. 

Apel hijau bagus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah, dan apel merah bagus untuk meningkatkan antioksidan dan mencegah penuaan. Namun meski begitu, masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari apel hijau. Yuk ketahui dibawah ini.

Manfaat Apel Hijau 

1. Menurunkan berat badan 

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa apel hijau memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang lebih rendah dari apel merah. Dimana apel merah sudah memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang rendah, karena itu apel hijau cocok untuk dikonsumsi apabila ingin menurunkan berat badan.

 

2. Meningkatkan Metabolisme

Apel hijau memiliki banyak serat yang bagus untuk metabolisme dan bisa melancarkan pencernaan, mencegah kembung dan mengeluarkan racun dari perut jadi sangat bagus bagi metabolisme tubuh.

 

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Senyawa asam yang terkandung pada apel hijau bisa membantu membersihkan gigi dan gusi dan menjaga kesehatannya lho! Pastikan untuk menjaga kesehatan mulut dengan memiliki asuransi kesehatan.

 

4. Baik Untuk Mata 

Tidak hanya wortel, apel hijau juga mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata.

 

5. Membantu Penderita Diabetes

Apel hijau sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes dibandingkan apel merah. Hal ini karena apel hijau memiliki kadar gula yang rendah dan kandungan serat yang tinggi. Namun, sebelum ingin mengonsumsi apel hijau, pastikan untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter. Selain dengan apel hijau, lindungi diri anda dari diabetes dengan memiliki asuransi kesehatan.

 

6. Tinggi Antioksidan 

Seperti apel merah, apel hijau juga masih memiliki sumber antioksidan. Polifenol yang ada di apel hijau berperan sebagai sumber antioksidan. 

 

7. Mencegah Penyumbatan Darah 

Senyawa rutin yang ada pada apel hijau bisa mencegah risiko terjadinya penyumbatan darah. Hal ini dilakukan dengan cara mencegah pembentukan enzim yang bisa memicu penyumbatan darah.

 

8. Melindungi Kesehatan Tulang 

Apel hijau memiliki banyak kandungan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, yakni vitamin K, kalsium dan potasium. 

 

9. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit 

Kandungan vitamin A, vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada apel hijau tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk menjaga kemudaan kulit dan mencegah penuaan dini.

 

Nah, sekarang sudah tahukan perbedaan dari apel merah dan apel hijau? Kedua apel tersebut merupakan sumber makananan yang bagus dan apel hijau juga tidak kalah manfaatnya dari apel merah kok! Yuk, mulai konsumsi makanan yang bergizi, mulai dari buah apel. Selain itu melindungi diri juga dengan memiliki asuransi. Super You menawarkan asuransi online dengan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan keperluan masing – masing lho!