manfaat beras merah

Beras merah adalah jenis beras yang memiliki warna cokelat atau merah kecoklatan karena masih memiliki lapisan kulit ari (aleuron) yang tidak dihapus selama proses penggilingan. Lapisan aleuron ini mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan beras putih yang telah mengalami pengupasan kulit ari.

Table of Contents

Kandungan Beras Merah

Kandungan Beras Merah

Kita perlu ketahui dahulu bahwa beras merah merupakan gandum utuh dimana tiga bagian aslinya, dedak benih dan endosperm tetap utuh. Karena beras merah adalah gandum utuh, khasiat beras merah, seratnya menjadi dua kali lipat dari nasi putih. 

Satu cangkir beras merah long grain yang dimasak memiliki kandungan beras merah 248 kalori, 5,5 gram protein, 52 gram karbohidrat 3 gram serat dan 2 gram lemak. Kandungan beras merah juga memiliki mineral dan kaya akan vitamin, salah satu khasiat beras merah juga dalam porsi ini 88% kebutuhan harian untuk mangan, mineral untuk kekebalan tubuh, produksi kolagen, menguatkan tulang dan 20% dari kebutuhan harian magnesium yang dibutuhkan untuk otot, fungsi saraf, produksi DNA, pengaturan darah sudah terpenuhi.

Berikut adalah beberapa kandungan beras merah yang penting:

  • Serat

Beras merah mengandung lebih banyak serat daripada beras putih. Serat membantu pencernaan, mengendalikan gula darah, dan dapat membantu dalam manajemen berat badan.

  • Vitamin B

Beras merah kaya akan berbagai vitamin B, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), dan asam folat (B9). Vitamin B penting untuk metabolisme energi dan kesehatan sistem saraf.

  • Mineral

Beras merah mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, zat besi, dan selenium. Magnesium, misalnya, penting untuk kesehatan tulang dan otot.

  • Antioksidan

Beras merah mengandung antioksidan seperti beta-karoten, polifenol, dan senyawa fenolik lainnya. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Zat Gizi Esensial

Beras merah juga mengandung zat gizi esensial seperti protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

  • Fitonutrien

Beras merah mengandung berbagai fitonutrien yang memberikan manfaat kesehatan tambahan. Misalnya, antosianin adalah fitonutrien yang memberikan warna merah pada beras merah dan memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

  • Kalori

Meskipun beras merah lebih tinggi serat dan nutrisi daripada beras putih, kedua jenis beras ini memiliki jumlah kalori yang serupa. Oleh karena itu, beras merah adalah pilihan yang baik untuk mendapatkan nutrisi lebih tanpa peningkatan signifikan dalam asupan kalori.

Manfaat beras merah jika dimasak maka bisa memenuhi 10 – 27% kebutuhan harian selenium, tembaga, fosfor, serta banyak vitamin B lainnya untuk kesehatan maksimal. Selain itu manfaat beras merah bahwa gandum utuh penuh dengan antioksidan. 

Baca JugaDaftar Makanan untuk Penderita Diabetes

Manfaat Beras Merah

Manfaat Beras Merah

Ada banyak manfaat beras merah untuk kesehatan, salah satu manfaat beras merah yang paling terkenal adalah untuk diet. Namun, beras merah juga memiliki banyak manfaat diluar diet. Yuk, ketahui apa manfaat beras merah lainnya, simak di bawah ini!

  • Atasi Diabetes

Salah satu manfaat beras merah yang terkenal selain kandungan serat yang tinggi adalah khasiat besar merah yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hiperglikemia. Hal ini karena kandungan beras merah yang memiliki glikemik rendah sehingga bisa mencegah lonjakan insulin dan membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. 

Mengonsumsi beras merah lebih dianjurkan untuk penderita diabetes karena manfaat beras merah yang merupakan karbohidrat kompleks sehingga pelepasan gula lebih lambat dibandingkan nasi putih. Mengonsumsi beras merah juga bisa mengurangi risiko terkena diabetes seperti yang dibahas oleh Dr. Melina Jampolis, seorang Ahli Diet dan Kebugaran bahwa ditemukan penelitian baru yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine mengenai manfaat beras merah. Jika dalam seminggu seseorang mengonsumsi dua porsi atau lebih dalam seminggu maka akan mengalami 11% penurunan risiko diabetes tipe 2.

  • Membantu Mengontrol Tingkat Kolesterol

Salah satu kandungan beras merah adalah hiperkolesterolemia yang mampu membantu untuk mengatur metabolisme kolesterol. Selain itu nutrisi kandungan beras merah juga bisa untuk membantu glukosa dan metabolisme lemak.

  • Menjaga Kesehatan Jantung 

Salah satu kandungan beras merah adalah selenium yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya itu manfaat beras merah adalah bisa membantu mengurangi risiko penyumbatan arteri yang terjadi karena penumpukan plak. Manfaat beras merah ini sangat bagus untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan jantung seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) atau penyakit pembuluh darah.

Manfaat beras merah menjaga hipertensi juga dengan jaringan yang ada di sekitar butiran beras merah dengan komponen yang bisa melawan protein endokrin angiotensin II, penyebab utama pengembangan darah tinggi dan aterosklerosis.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Jantung

  • Mencegah Kanker

Manfaat beras merah lainnya adalah untuk mencegah kanker dengan kandungan beras merah, zat antosianin. Zat antosianin memiliki antoksidan alami yang bisa membantu melawan radikal bebas. 

Zat ini juga bermanfaat untuk melawan terjadinya pembentukan sel tumor. Salah satu manfaat beras merah juga serat yang ada di beras merah bisa membantu mengikatkan diri dengan racun yang menyebabkan kanker berbahaya dalam tubuh. Hal ini membantu untuk mencegah racun tersebut bisa menempel ke dinding usus besar serta menghilangkan racun tersebut hilang dari tubuh. 

  • Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf

Manfaat beras merah juga untuk meningkatkan kecepatan metabolisme pada otak karena adanya vitamin B dan mineral mangan dan magnesium. Mineral tersebut bisa menyeimbangkat kalsium di tubuh dan membantu dengan pengaturan saraf. Salah satu hal yang beras merah jaga adalah lonjakan kalsium secara tiba – tiba sehingga mencegah terjadinya kontraksi berlebihan dan otot tetap rileks.

  • Kaya Serat

Beras merah mengandung lebih banyak serat daripada beras putih. Serat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung berat badan yang sehat.

  • Menjaga Gula Darah

Konsumsi beras merah dapat membantu mengendalikan kadar gula darah karena seratnya yang tinggi dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Ini adalah manfaat penting bagi orang yang berisiko diabetes atau yang telah didiagnosis dengan diabetes.

  • Antioksidan

Beras merah mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta-karoten, polifenol, dan senyawa fenolik lainnya. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Karbohidrat dalam beras merah adalah sumber energi yang baik dan memberikan energi yang tahan lama.

  • Kesehatan Pencernaan

Serat dalam beras merah mendukung sistem pencernaan yang sehat dan dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.

Baca Juga : Jaga Imun, Cobain 13 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Cara Memasak Beras Merah

Cara Memasak Beras Merah

Berikut adalah panduan umum tentang cara memasak beras merah.

Bahan yang Diperlukan

  • Beras merah
  • Air
  • Garam (opsional)

Langkah-langkah Memasak Beras Merah

  • Bersihkan Beras Merah

Sebelum memasak, cuci beras merah dalam air dingin. Anda bisa memasukkannya ke dalam saringan atau wadah dan bilas hingga airnya jernih. Ini membantu menghilangkan debu, kotoran, dan kelebihan pati yang bisa membuat beras lengket.

  • Rendam Beras Merah (Opsional):

Anda bisa merendam beras merah selama beberapa jam atau semalaman sebelum memasak. Ini dapat membantu mempercepat waktu memasak. Jika Anda memilih untuk merendam, buang air rendaman dan bilas beras sebelum memasak.

  • Ukur Air

Rasio air tergantung pada preferensi Anda dan metode memasak yang digunakan. Secara umum, perbandingan beras merah dengan air adalah 1:2 hingga 1:2,5. Artinya, untuk setiap cangkir beras merah, gunakan 2 hingga 2,5 cangkir air. Anda dapat menyesuaikan jumlah air sesuai dengan seberapa lunak Anda ingin nantinya.

  • Masak Beras Merah dengan Panci Biasa

Masukkan beras merah ke dalam panci dan tambahkan air sesuai dengan perbandingan yang Anda pilih.

    • Anda juga dapat menambahkan sedikit garam untuk memberi rasa pada beras (opsional).
    • Tutup panci dan panaskan hingga mendidih.
    • Setelah mendidih, kurangi panasnya menjadi rendah, dan biarkan beras merah mendidih perlahan selama sekitar 40 hingga 45 menit hingga beras merah menjadi empuk dan airnya terserap.
    • Periksa beras sesekali dan tambahkan air jika perlu.
  • Masak dengan Panci Presto

Untuk menghemat waktu, Anda juga dapat menggunakan panci tekanan (presto) untuk memasak beras merah. Caranya adalah sama dengan di atas, tetapi waktu memasak akan lebih singkat, sekitar 15-20 menit setelah panci tekanan mencapai tekanan yang tepat.

  • Istirahatkan dan Fluff

Setelah beras merah matang, matikan panas dan biarkan beras merah beristirahat selama sekitar 10 menit. Setelah itu, gunakan garpu atau sendok untuk mengembangkan beras, sehingga butir-butirnya terpisah.

  • Sajikan

Beras merah siap disajikan sebagai pendamping berbagai hidangan. Anda dapat menghidangkannya dengan lauk seperti sayuran, daging, atau saus, sesuai selera.

Cara memasak beras merah dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan peralatan yang digunakan. Pastikan untuk mengikuti instruksi di kemasan beras merah yang Anda beli dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Suka Seblak? Ini 10 Cara Membuat Seblak Khas Bandung Mudah Di Rumah!

super easy health

Mari jaga kesehatan tubuh dengan memerhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dengan banyaknya manfaat beras merah untuk kesehatan, perbanyak konsumsinya untuk mendapatkan khasiat beras merah. Selain manfaat beras merah, menjaga tubuh juga bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You dengan harga yang aman di kantong dan aman untuk kesehatan kita, tunggu apa lagi?

Artikel Terkait