manfaat beras merah

Beras merah merupakan sumber karbohidrat populer terutama bagi mereka yang sedang diet dengan manfaat beras merah dimana kalorinya lebih rendah dibandingkan nasi putih biasa. Namun, manfaat beras merah tidak hanya untuk diet, seperti banyaknya manfaat beras merah untuk kesehatan. 

Kandungan Beras Merah 

Kita perlu ketahui dahulu bahwa beras merah merupakan gandum utuh dimana tiga bagian aslinya, dedak benih dan endosperm tetap utuh. Karena beras merah adalah gandum utuh, khasiat beras merah, seratnya menjadi dua kali lipat dari nasi putih. 

Satu cangkir beras merah long grain yang dimasak memiliki kandungan beras merah 248 kalori, 5,5 gram protein, 52 gram karbohidrat 3 gram serat dan 2 gram lemak. Kandungan beras merah juga memiliki mineral dan kaya akan vitamin, salah satu khasiat beras merah juga dalam porsi ini 88% kebutuhan harian untuk mangan, mineral untuk kekebalan tubuh, produksi kolagen, menguatkan tulang dan 20% dari kebutuhan harian magnesium yang dibutuhkan untuk otot, fungsi saraf, produksi DNA, pengaturan darah sudah terpenuhi.

Manfaat beras merah juga jika dimasak maka bisa memenuhi 10 – 27% kebutuhan harian selenium, tembaga, fosfor, serta banyak vitamin B lainnya untuk kesehatan maksimal. Selain itu manfaat beras merah bahwa gandum utuh penuh dengan antioksidan. 

Baca JugaDaftar Makanan untuk Penderita Diabetes

Manfaat Beras Merah

Ada banyak manfaat beras merah untuk kesehatan, salah satu manfaat beras merah yang paling terkenal adalah untuk diet. Namun, beras merah juga memiliki banyak manfaat diluar diet. Yuk, ketahui apa manfaat beras merah lainnya, simak di bawah ini!

  • Atasi Diabetes

Salah satu manfaat beras merah yang terkenal selain kandungan serat yang tinggi adalah khasiat besar merah yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hiperglikemia. Hal ini karena kandungan beras merah yang memiliki glikemik rendah sehingga bisa mencegah lonjakan insulin dan membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. 

Mengonsumsi beras merah lebih dianjurkan untuk penderita diabetes karena manfaat beras merah yang merupakan karbohidrat kompleks sehingga pelepasan gula lebih lambat dibandingkan nasi putih. Mengonsumsi beras merah juga bisa mengurangi risiko terkena diabetes seperti yang dibahas oleh Dr. Melina Jampolis, seorang Ahli Diet dan Kebugaran bahwa ditemukan penelitian baru yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine mengenai manfaat beras merah. Jika dalam seminggu seseorang mengonsumsi dua porsi atau lebih dalam seminggu maka akan mengalami 11% penurunan risiko diabetes tipe 2.

  • Membantu Mengontrol Tingkat Kolesterol

Salah satu kandungan beras merah adalah hiperkolesterolemia yang mampu membantu untuk mengatur metabolisme kolesterol. Selain itu nutrisi kandungan beras merah juga bisa untuk membantu glukosa dan metabolisme lemak.

  • Menjaga Kesehatan Jantung 

Salah satu kandungan beras merah adalah selenium yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya itu manfaat beras merah adalah bisa membantu mengurangi risiko penyumbatan arteri yang terjadi karena penumpukan plak. Manfaat beras merah ini sangat bagus untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan jantung seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) atau penyakit pembuluh darah.

Manfaat beras merah menjaga hipertensi juga dengan jaringan yang ada di sekitar butiran beras merah dengan komponen yang bisa melawan protein endokrin angiotensin II, penyebab utama pengembangan darah tinggi dan aterosklerosis.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Jantung

  • Mencegah Kanker

Manfaat beras merah lainnya adalah untuk mencegah kanker dengan kandungan beras merah, zat antosianin. Zat antosianin memiliki antoksidan alami yang bisa membantu melawan radikal bebas. 

Zat ini juga bermanfaat untuk melawan terjadinya pembentukan sel tumor. Salah satu manfaat beras merah juga serat yang ada di beras merah bisa membantu mengikatkan diri dengan racun yang menyebabkan kanker berbahaya dalam tubuh. Hal ini membantu untuk mencegah racun tersebut bisa menempel ke dinding usus besar serta menghilangkan racun tersebut hilang dari tubuh. 

  • Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf

Manfaat beras merah juga untuk meningkatkan kecepatan metabolisme pada otak karena adanya vitamin B dan mineral mangan dan magnesium. Mineral tersebut bisa menyeimbangkat kalsium di tubuh dan membantu dengan pengaturan saraf. Salah satu hal yang beras merah jaga adalah lonjakan kalsium secara tiba – tiba sehingga mencegah terjadinya kontraksi berlebihan dan otot tetap rileks.

merdeka berasuransi

Mari jaga kesehatan tubuh dengan memerhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dengan banyaknya manfaat beras merah untuk kesehatan, perbanyak konsumsinya untuk mendapatkan khasiat beras merah. Selain manfaat beras merah, menjaga tubuh juga bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You dengan harga yang aman di kantong dan aman untuk kesehatan kita, tunggu apa lagi?

Artikel Terkait