Manfaat Buah Pepaya

Pepaya atau dalam bahasa latin disebut Carica papaya L adalah buat yang berasal dari wilayah selatan Meksiko dan bagian utara Amerika Selatan. Ternyata, selain memiliki rasa yang enak, manfaat buah papaya juga bisa dirasakan oleh tubuh secara tidak langsung.

Karena, buah ini mengandung banyak vitamin dan berbagai nutrisi yang ada di dalamnya untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjalankan fungsinya dengan optimal. Kalau kamu adalah penggemar buah papaya, ternyata mengonsumsi buah ini secara rutin bisa membuat kamu merasakan berbagai manfaat.

Khasiat buah pepaya ini juga tak main-main untuk tubuh manusia. Kandungan pepaya yang memiliki banyak sekali nutrisi sangat baik untuk dikonsumsi manusia. Hal ini bisa dilihat dari efek baik ketika kita sudah mengonsumsinya dengan takaran yang pas.

Table of Contents

Kandungan Nutrisi pada Buah Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah sehat yang sangat mudah kamu temukan. Selain itu, buah ini juga memiliki rasa yang manis sehingga banyak masyarakat yang menyukai jenis buah ini. Sekarang, kamu mau tahu kandungan nutrisi apa saja yang ada pada buah pepaya?

Dalam 152 gram pepaya mengandung:

  • Kalori sebanyak 59
  • Karbohidrat sebanyak 15 gram
  • Serat sebanyak 3 gram
  • Protein sebanyak 1 gram
  • Vitamin C sebayak 157 persen kebutuhan harian
  • Vitamin A sebanyak 33 persen kebutuhan harian
  • Folat sebanyak 14 persen kebutuhan harian
  • Potasium sebanyak 11 persen kebutuhan harian.

Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti kalsium, magnesium, pepaya mengandung vitamin B, dan vitamin K.

Pepaya juga memiliki kandungan antioksidan karotenoid salah satunya yaitu likopen. Buah ini juga mengandung enzim papain. Kandungan nutisi ini lah yang membuat manfaat mengkonsumsi pepaya begitu baik untuk kesehatan manusia.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Daun pepaya memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita, mulai dari melebatkan rambut sampai dengan mencegah kulit keriput. Berikut ini akan kami jelaskan manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Khasiat Buah Pepaya
Sumber: https://www.freepik.com

Ada banyak sekali manfaat pepaya untuk kesehatan manusia. Hal ini mungkin jarang sekali kamu ketahui, untuk itu kami akan memberikan informasi selengkapnya dalam poin yang berikut ini.

  • Melancarkan Pencernaan

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa pepaya memiliki khasiat melancarkan pencernaan manusia. Manfaat pepaya untuk pencernaan ini berasal dari enzim yang terkandung di dalamnya. Enzi mini antara lain adalah papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Kadar enzim paling tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang.

Enzim tersebut kemudian mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, kelompok yang mengonsumsi formula dengan bahan dadar pepaya, bisa menurunkan risiko sembelit dan perut kembung selama 40 hari.

  • Bisa Mengoptimalkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat lain dari pepaya adalah berkaitan dengan sistem imunitas tubuh. Buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin A, C, dan E. Vitamin C sendiri menjadi salah satu jenis vitamin yang cukup tinggi kandungannya.

Vitamin C juga menjadi jenis vitamin yang sangat penting untuk mengoptimalkan imunitas tubuh manusia. Perlu kamu ingat bahwa berbagai vitamin ini penting bagi sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang berbagai penyakit infeksi juga semakin kurang.

  • Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pepaya juga merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung manusia. Buah ini banyak sekali mengandung Vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Pepaya juga mengandung anti oksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada pada tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi pada Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki ukuran yang sangat besar, lebarnya bisa mencapai 50-70 cm dan panjang hingga 90 cm. Dalam 100 gram daun pepaya terdapat 350 kalori dan beberapa nutrisi, di antaranya adalah:

  • 6 gram protein
  • 78 gram karbohidrat
  • 1,5 gram lemak
  • 13 gram serat
  • 31 miligram Vitamin C
  • 366 miligram kalsium, 534 miligram kalium, dan 32 miligram magnesium

Selain itu, daun pepaya juga mengandung Vitamin B, fosfor, zat besi, carpaine, dan beta karoten, serta kaya akan antioksidan. Daun pepaya juga mengandung enzim papain yang bisa mencegah protein, sehingga proses pencernaan berjalan dengan sangat lancar. Kandungan nutrisi pada tumbuhan ini juga sangat mirip dengan daun pepaya Jepang.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Khasiat Daun Pepaya
Sumber: https://www.livemint.com

Tak hanya buahnya, ternyata manfaat daun pepaya juga baik untuk tubuh manusia, terutama untuk mengobati demam berdarah, mengontrol kadar gula penderita diabetes, dan mengatasi sembelit. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi yang ada pada daun pepaya, termasuk enzim papain yang sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

  • Mampu Mengatasi DBD

Salah satu manfaat daun pepaya adalah sebagai obat untuk mengatasi demam berdarah dengue atau DBD. Saat mengalami DBD, trombosit bisa berkurang dan menyebabkan beberapa gejala. Selain itu, DBD juga bisa meningkatkan risiko terjadinya pendarahan yang bisa menyebabkan kematian.

Mengonsumsi ekstrak daun pepaya ternyata bisa meningkatkan kadar trombosit dalam darah, sehingga mampu meringankan beberapa keluhan yang terjadi saat DBD.

Manfaat daun pepaya untuk penderita DBD ini diperoleh dari kandungan carpaine yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit pada tubuh. Selain itu, beberapa senyawa dalam ekstrak daun pepaya juga bersifat antivirus yang dipercaya mampu melawan virus penyebab DBD.

  • Atasi Sakit Tenggorokan

Papain merupakan kandungan yang ada dalam daun pepaya dan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, seperti meredakan gejala sakit tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, obat pelega tenggorokan yang mengandung 2 miligram papain bisa membantu sakit tenggorokan.

Kamu bisa mengonsumsi permen dengan kandungan papain untuk mendapatkan manfaat daun pepaya. Tapi, pastikan kamu tidak mengonsumsinya melebihi dosis yang dianjurkan pada kemasan yang ada.

  • Pengontrol Tekanan Darah

Ekstrak daun pepaya ternyata juga bisa membantu mengontrol tekanan darah manusia. Hal ini karena daun pepaya mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita diabetes.

  • Mencegah Sembelit dan Mengatasinya

Fungsi pepaya dan daunnya yang berikutnya adalah bisa mengatasi perut kembung. Papain dalam daun pepaya bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Manfaat daun pepaya ini diperoleh karena kandungan serat dalam daun pepaya yang bisa melunakkan kotoran, sehingga bisa mencegah dan mengatasi sembelit.

Itu lah tadi penjelasan kami tentang manfaat daun pepaya yang tidak biasa untuk tubuh manusia. Selain manfaat tadi, kamu juga sekarang sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan lewat asuransi kesehatan Super Easy Health dari Super  You by Sequis.

Hanya dengan membayar Rp 4.500 saja per harinya, kamu sudah bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari rumah sakit di seluruh Indonesia. Jadi, tunggu apalagi, cek premi kamu sekarang juga ya.

Artikel Terkait