manfaat-kurma

Saat bulan puasa kurma menjadi salah satu buah terpopuler untuk di pasaran untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Salah satu penyebab kepopuleran buah kurma saat bulan puasa adalah karena Sunnah Nabi Muhammad SAW untuk memakan kurma dalam jumlah ganjil (1,3 atau 7) setelah membatalkan puasa dengan segelas air. 

Diketahui secara medis bahwa mengonsumsi buah kurma dalam jumlah genap seperti 2, 4, 6, 8 dan seterusnya dapat menghasilkan gula dalam darah dan potasium, tetapi tidak memberikan energi. Sebaliknya mengonsumi dalam jumlah ganjil maka bisa melindungi otak dari stres oksidatif, peradangan, sebagai karbohidrat yang memberikan energi. 

Dalam sebuah hadits pun dikatakan bahwa “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir ajwa (kurma nabi) pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir” kata HR Bukhari. 

Tentu saja manfaat mengonsumsi buah kurma selama bulan puasa tidak hanya itu. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dimiliki oleh buah kurma yang bagus bagi kesehatan tubuh!

Manfaat Buah Kurma

1. Sumber Energi 

Setelah berpuasa seharian, tidak aneh kalau kadar gula darah akan turun drastis. Mengonsumsi buah kurma yang merupakan sumber energi, serat dan gula dapat mengembalikan kadar gula darah tersebut secara instan. Namun jangan konsumsi terlalu banyak karena risiko gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. Pastikan untuk melindungi diri dari penyakit diabetes dengan asuransi kesehatan.

Salah satu keunikan buah kurma adalah meski rasanya sangat manis, tetapi kalori yang terkandung dalam buah kurma sangat rendah. Dalam 100 – gram buah kurma hanya terkandung kalori sebesar 281 kcal dan 0,4 – gram lemak lho! 

Baca Juga: Pahami Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai

 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah kurma adalah buah yang aman untuk dikonsumsi semua umur, bahkan orang tua karena tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga tidak perlu khawatir adanya lonjakan kolesterol.

Buah kurma meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin yang ada. Beberapa kandungan yang ada di buah kurma adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, serat, magnesium, seng dan selenium. 

Ini adalah beberapa kandungan terbesar yang ada pada kurma, vitamin A sebesar 10 IU, kalsium sebesar 39 miligram, vitamin C sebesar 0.4 miligram dan kandungan terbesar yang ada pada kurma adalah magnesium sebesar 43 miligram. 

 

3. Membantu Perut Kenyang

Kurma mengandung banyak serat dan termasuk serat larut makanan, karena itu mengonsumsi kurma bisa membantu perut untuk kenyang lebih lama jadi sangat bagus dikonsumsi saat bulan puasa.

Serat tersebut bisa membantu perut kenyang lebih lama dengan cara mampu menarik air dan meningkatkan fluiditas isi perut jadi memperpanjang waktu tubuh untuk memproses dan menyebabkan perut untuk kenyang lebih lama.

Hal ini menyebabkan kurma sangat bagus untuk dikonsumsi saat sahur jadi tubuh tidak mudah lapar, lemas dan lebih kuat untuk berpuasa. Selain kurma serat yang tinggi adalah salah satu manfaat apel hijau.

 

4. Melancarkan Pencernaan 

Saat berpuasa sangat mudah untuk kekurangan asupan air, makan terlalu banyak saat buka puasa karena lapar mata, berbuka dengan minuman dingin, dan banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. 

Untuk mencegah risiko terjadinya masalah ini, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti kurma. Mengonsumsi kurma dengan rutin bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghindari gangguan pencernaan yang terjadi karena kekurangan serat. 

 

5. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Kurma mengandung potasium baik dan mineral penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan hingga elektrolit. Hal – hal tersebit sangat penting bagi kesehatan saraf, pengaturan denyut nadi dan tekanan darah, karena itu mengonsumsi kurma bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Selain dengan kurma, cegah risiko penyakit jantung dengan memiliki asuransi penyakit kritis.

 

Nah itu lah manfaat dari mengonsumsi buah kurma. Sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah kurma, mari mulai mengonsumsinya lebih sering diluar bulan puasa. Jangan lupa melindungi diri juga dengan asuransi. Super You menyediakan asuransi online dengan harga terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Yuk, cek sekarang!