Manfaat Kurma

Teman SUPERjuangan, kamu udah tau belum manfaat kurma yang dianjurkan untuk dikonsumsi selepas berbuka puasa? Sini deh, SuperMin kasih tau apa aja sih manfaat kurma untuk kesehatan tubuh kita!

Saat bulan puasa, kurma memang menjadi salah satu buah yang populer di pasaran dan banyak dicari orang. Salah satu alasannya karena Sunnah Nabi Muhammad SAW untuk memakan kurma dalam jumlah ganjil (1,3, atau 7) untuk membatalkan puasa.

Dalam sebuah hadits pun dikatakan bahwa “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa (kurma nabi) pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir” kata HR Bukhari. Tapi, kalau dilihat dari dunia medis gimana? Apa harus berjumlah ganjil juga?

Faktanya sama, manfaat kurma dalam jumlah ganjil bisa melindungi otak dari stres oksidatif, peradangan, juga sebagai karbohidrat yang memberikan energi. Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti bernama Musthafa Muhamed Essa, Ph.D. loh!

Sebaliknya, mengonsumsi buah kurma dalam jumlah genap seperti 2, 4, 6, 8, dan seterusnya hanya akan menghasilkan gula dalam darah dan potasium, tetapi tidak memberikan energi.

Tetapi, sebelum kita membahas manfaat kurma nih, kita cari tahu asal-usul buah kurma dulu, yuk. Banyak fakta menarik yang bisa bikin kita tercengang dan sayang banget untuk dilewatkan. Makanya, simak terus ya!

Baca juga: Ini Persiapan Mudik 2023 Semua Jalur Transportasi!

Asal-Usul Pohon Kurma

Pohon Kurma

Buah kurma merupakan buah tertua di dunia! Tapi, ada yang tau nggak buah kurma berasal dari mana? Pohon kurma dipercaya sudah ada sejak tahun 4000 SM atau sekitar 8000 tahun yang lalu, loh. Banyak pendapat yang menetapkan bahwa pohon kurma pertama kali ditemukan di Teluk Persia atau sekitar Irak.

Kemudian sekitar tahun 6000 SM, pohon kurma juga ditemukan di Arab bagian timur. Dari situ, pohon kurma mulai menyebar hingga beberapa bagian Asia, Afrika, Eropa, bahkan Amerika Serikat. Dengan kata lain, pohon kurma hanya dapat tumbuh subur di daerah yang kering, panas, dan mengandung pasir.

Mungkin kita pun bertanya-tanya nih, apa pohon kurma hanya berbuah saat bulan puasa aja? Jawabannya, nggak guys! Rata-rata pohon kurma akan berbuah sekitar empat tahun sejak ditanam. Pohon kurma biasanya akan berbuah pada musim panas atau kemarau setiap tahunnya. Sekali panen jumlahnya juga ribuan, loh.

Table of Contents

Jenis Kurma

Puasa Lebih Bertenaga, Yuk Ketahui Manfaat Kurma yang Dikonsumsi Secara Rutin!

Meski yang kita tahu kebanyakan adalah kurma ajwa, nyatanya masih ada banyak jenis kurma lainnya. Bahkan jumlahnya bisa mencapai 500-an jenis kurma, wah! Jenis kurma juga sering dibedakan antara jenis kurma kering dan jenis kurma basah. Namun, apa ya yang membedakan keduanya? Manakah yang lebih bagus?

Jenis kurma basah berwarna cerah dan teksturnya yang lebih lunak. Karena mengandung lebih banyak air, jenis kurma basah mudah busuk. Jenis kurma basah juga mengandung lebih banyak gula alami. Tapi, sekitar 100 gram jenis kurma basah mengandung 142 kalori aja. 

Dengan ukuran yang sama, jenis kurma basah mengandung 34 mg kalsium, 6 mg zat besi, dan 30 mg vitamin C. Selain itu, baik jenis kurma basah maupun kering, mengandung 50-75 gr karbohidrat.

Sedangkan, pada jenis kurma kering itu telah melewati proses pengeringan. Proses ini menghilangkan hampir seluruh kadar air di dalamnya. Karena itu, jenis kurma yang biasa kita konsumsi saat bulan puasa berwarna coklat. Dan tentu lebih awet, bisa bertahan sampai lima tahun bila disimpan dalam lemari pendingin, guys!

Sayangnya, jenis kurma kering memiliki kalori yang lebih tinggi. Sekitar 100 gram jenis kurma kering mengandung 284 kalori. Sementara dengan ukuran sama, jenis kurma kering mengandung 81 mg kalsium, 8 mg zat besi, tanpa vitamin C.

Nah, terdapat 10 jenis kurma yang paling enak berdasarkan kesukaan netizen alias masyarakat Indonesia nih, guys! Wah, apa aja sih?

  • Kurma ajwa
  • Kurma barhi
  • Kurma safawi
  • Kurma sayer
  • Kurma sukari
  • Kurma medjool
  • Kurma mazafati
  • Kurma zahidi
  • Kurma ruthob
  • Kurma muda

Selain karena makna religi, kurma ajwa juga dipengaruhi oleh rasa khas yang tidak terlalu manis dan ada sedikit rasa asam, seperti kismis. Kurma ajwa berbentuk bulat dengan warna coklat kehitaman. Dan kurma ajwa memiliki kandungan mineral dan kalsium yang lebih tinggi dibanding kurma lainnya lho!

Baca juga: Apa itu Madu Manuka dan Manfaatnya

Manfaat Buah Kurma

Sebenarnya, ada banyak sekali manfaat buah kurma. Bahkan bukan hanya untuk orang pada umumnya, manfaat buah kurma juga bagus bagi ibu hamil. Wah, buah kurma ini bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit ya! Nah, SuperMin sudah merangkum 5 manfaat buah kurma untuk kesehatan di bawah ini!

1. Sumber Energi

Setelah berpuasa seharian, tidak aneh kalau kadar gula darah akan turun drastis. Manfaat buah kurma yang merupakan sumber energi, serat, dan gula dapat mengembalikannya secara instan. Namun, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang cukup. Tapi, udah tau belum berapa biji kurma untuk buka puasa?

Jumlah kurma yang dianjurkan tiap berbuka puasa adalah 3 butir. Pakar teknologi pangan, Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, M.P menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi 3 kurma sudah setara sepiring nasi lho! Jumlah kalorinya sekitar 70 kkal sebagai sumber energi yang dapat langsung diserap oleh tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Buah kurma adalah buah yang aman untuk dikonsumsi semua umur, bahkan orang tua dan ibu hamil. Karena kurma tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga tidak perlu khawatir adanya lonjakan kolesterol.

Manfaat buah kurma meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin yang ada. Beberapa kandungan yang ada di buah kurma adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, serat, magnesium, seng dan selenium. 

Selain itu, manfaat buah kurma untuk ibu hamil adalah mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Zat besi pada kurma dapat menjaga hemoglobin yang memperkuat kekebalan tubuh dan juga bayi, Moms!

3. Membantu Perut Kenyang

Sari kurma mengandung banyak serat dan termasuk serat larut makanan, karena itu manfaat kurma bisa membantu perut untuk kenyang lebih lama. Jadi, sangat bagus dikonsumsi saat bulan puasa.

Serat tersebut bisa membantu perut kenyang lebih lama dengan cara mampu menarik air dan meningkatkan fluiditas isi perut jadi memperpanjang waktu tubuh untuk memproses dan menyebabkan perut untuk kenyang lebih lama.

Hal ini menyebabkan kurma sangat bagus untuk dikonsumsi saat sahur. Jadi, manfaat kurma membuat tubuh tidak mudah lapar, lemas, dan lebih kuat untuk berpuasa. Selain kurma, serat yang tinggi adalah salah satu manfaat apel hijau.

4. Melancarkan Pencernaan

Saat berpuasa sangat mudah untuk kekurangan asupan air, makan terlalu banyak saat buka puasa karena lapar mata, berbuka dengan minuman dingin, dan banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan masalah pencernaan

Untuk mencegah risiko terjadinya masalah ini, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti kurma. Mengonsumsi buah kurma dengan rutin bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghindari gangguan pencernaan yang terjadi karena kekurangan serat.

5. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Buah kurma mengandung potasium baik dan mineral penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan hingga elektrolit. Hal-hal tersebut sangat penting bagi kesehatan saraf, pengaturan denyut nadi dan tekanan darah, karena itu manfaat buah kurma bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Tips Bikin Susu Kurma

Susu Kurma

Dengan beragamnya manfaat kurma untuk kesehatan, tidak salah kalau kurma jadi menu buka puasa. Tapi, kalau kalian bosan dengan olahan kurma yang gitu-gitu aja, bikin susu kurma aja, yuk! Selain segar, membuat susu kurma praktis banget dan bisa kamu coba di rumah aja loh! Daripada penasaran, ini dia caranya!

Bahan-bahan susu kurma:

  • 3 butir kurma
  • 125 ml susu UHT full cream
  • Keju cheddar secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat susu kurma:

  • Bersihkan terlebih dahulu kurma sebentar saja
  • Selanjutnya, pisahkan daging buah kurma dari bijinya
  • Blender bersama susu UHT sesuai takaran
  • Tambahkan keju secukupnya, lalu blender lagi
  • Setelah halus, tinggal tuang ke dalam gelas yang berisi es batu!

Nah, itu dia manfaat buah kurma! Supaya makin maksimal, yuk mulai mengonsumsinya secara rutin. Eits, jangan lupa juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Super You menyediakan Super Easy Health mulai setara Rp4.500 aja per hari. Wah, cek premi kamu sekarang ya!

Artikel Terkait