manfaat lari pagi

Manfaat lari pagi bisa Anda rasakan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, Anda harus melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal

Lari atau jogging termasuk salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan. Namun, tahukah Anda jika aktivitas ini dilakukan di pagi hari memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat lari pagi adalah untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori di dalam tubuh.

Lari pagi adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari lari pagi, tentu harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Tidak perlu waktu banyak untuk melakukan olahraga ini. Anda hanya perlu menyisihkan waktu sekitar 50 menit dalam seminggu atau 30 menit dalam sehari untuk lari pagi.

Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh

Ada banyak manfaat lari pagi untuk tubuh yang bisa Anda rasakan secara dahsyat. Apa saja itu, berikut ini ulasannya.

Untuk Menurunkan Berat Badan

Alasan utama orang melakukan lari pagi adalah untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Pasalnya, manfaat lari pagi yang paling banyak dirasakan oleh orang-orang adalah mampu menurunkan berat badan dengan maksimal. Namun, untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda bisa melakukan latihan lari yang lebih intensitas sedang hingga tinggi, seperti lari menanjak, sprint, dan lain sebagainya.

Jika Anda memilih jenis-jenis latihan lari di atas secara turin, tentu mampu membakar kalori lebih efektif, bahkan terus melakukan pembakaran hingga 48 jam setelah selesai berlari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lari pagi juga bisa meningkatkan dan menguatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, olahraga ini bisa meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, menghilangkan kelelahan, dan sebagainya. Adapun beberapa penyakit yang bisa diminimalisirkan oleh olahraga ini, seperti infeksi saluran pernapasan atas, hingga penyakit kritis, seperti diabetes.

Mencegah Stres

Bukan hanya untuk tubuh, ternyata manfaat lari pagi juga bisa menghilangkan stres karena olahraga ini mampu meningkatkan fungsi eksekutif dan juga melindungi otak dari penurunan. Selain itu lari pagi juga mampu menurunkan kadar kortisol sebagai salah satu respon tubuh jika mengalami stres.

Memperkuat Lutut

Mungkin untuk manfaat ini belum bisa Anda rasakan sekarang, tetapi ketika Anda memasuki masa lansia, tentu manfaat ini baru bisa dirasakan. Sebab, salah satu masalah yang biasa dirasakan ketika orang memasuki usia lanjut adalah osteoporosis dan sendi sudah tidak lentur lagi. Namun, jika Anda melakukan olahraga lari pagi secara rutin sedini mungkin, masalah-masalah tersebut tidak akan Anda rasakan. Sebab, lari pagi memiliki manfaat untuk menguatkan sendi lutut dan mencegah berkurangnya massa tulang.

Mencegah Penyakit Jantung

Lari adalah salah satu latihan kardiovaskular yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Apalagi jika dilakukannya di pagi hari karena lari pagi bisa memompa darah menjadi lebih cepat ke jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Tidak hanya itu, kadar glukosa dalam darah juga bisa terkendali jika lari pagi ini dilakukan secara rutin dan konsisten.

Mencegah Penuaan Dini

Rupanya ada manfaat lari pagi untuk kecantikan, lho. Anda bisa terhindar dari penuaan dini. Salah satu tanda terjadinya penuaan adalah munculnya keriput-keriput di wajah. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini bisa diatasi jika Anda melakukan lari pagi secara rutin. Sebab, penyebab munculnya kulit keriput dikarenakan produksi kolagen yang menurun, sedangkan lari pagi dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kesehatan kulit bisa terus terjaga.

Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Meskipun efek dari lari pagi adalah napas yang lebih cepat karena kelelahan, tapi rupanya manfaat lari pagi ini bisa menjaga kesehatan paru-paru. Suasana pagi hari yang memiliki kadar oksigen tinggi, mampu membuat paru paru menjadi lebih sehat. Olahraga lari membutuhkan banyak oksigen, sedangkan pagi hari udara masih bersih dan kaya akan oksigen, tentu hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan paru-paru Anda.

 

Itulah beberapa manfaat lari pagi yang bisa Anda rasakan baik untuk Kesehatan fisik, mental, dan juga kulit wajah. Meskipun jenis olahraga yang terbilang sederhana, tapi lari pagi memiliki banyak sekali manfaat. Yuk, mulai saat ini jangan ragu untuk lari pagi, ya!

Artikel Terkait