manfaat oatmeal

Di tengah pandemi saat ini kita perlu menerapkan gaya hidup sehat dan menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari. Pola hidup sehat bisa dari kegiatan olahraga atau mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi sehat.

Salah satu makanan bebas gluten adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Manfaat oatmeal pun beragam. Oatmeal sendiri terbagi atas dua yaitu whole grain dan oatmeal instan. Whole grain adalah jenis yang masih berbentuk gandum utuh dan instan, kamu hanya perlu air hangat untuk mencampur kemudian bisa langsung dikonsumsi.

Berikut 7 manfaat oatmeal untuk kesehatan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu kandungan beta-glukan dalam oatmeal dapat membantu tingkatkan kekebalan. Beta-glukan dalam gandung jauh lebih kuat khasiatnya seperti meningkatkan kekebalan karena sindrom kelelahan kronis atau stres fisik dan meningkatkan kekebalan selama perawatan intensif kemoterapi atau radiasi.

Baca Juga : Manfaat Infused Water untuk Kekebalan Tubuh

 

Baik dimakan Sebelum Tidur

Oatmeal pada umumnya dijadikan menu sarapan pagi karena selain menambah energi juga membuat kenyang lebih lama. Padahal tahukah kamu oatmeal dapat dikonsumsi sebelum tidur. Mengapa? Karena gandum yang mengandung melatonin dan karbohidrat kompleks sebenarnya dapat membantu banyak triptofan masuk ke otak dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Berguna untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan diatas oat mengandung beta-glukan selain untuk kekebalan, juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Beta-glukan dapat mengurangi kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik. Kandungan didalam gandum ini dapat mempengaruhi kesehatan jantung selain itu Vitamin E yang juga terdapat didalamnya bertujuan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga : Pantangan Makanan untuk Penyakit Jantung

 

 

Dapat Mengobat Diabetes

Karena kaya akan serat, dapat dicerna dengan lambat dan membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, oatmeal juga dapat mengurangi dosis insulin.

Untuk Konstipasi

Manfaat lain adalah mengatasi sembelit karena serat yang ada didalam oatmeal, juga terbukti meningkatkan berat feses yang mana dapat mengobati sembelit. Nutrisi dalam oatmeal tentu juga dapat memberi perlindungan terhadap kanker kolerektal. Oatmeal bisa jadi pilihan untuk diet lho.

Memerangi Kanker

Sudah disebutkan diatas bahwa kandungan dalam gandum mampu melindungi diri terhadap kanker seperti kanker dubur dan usus besar. Senyawa-senyawa yang ada dalam gandum ditemukan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

Lindungi Diri dari Risiko Kanker dengan Asuransi Super Strong Protection

Mengatasi Hipertensi

Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi hipertensi khususnya jika kamu memilih yang non-instan dan organik. Oatmeal juga dikenal sebagai makanan yang menenangkan, tentu hal ini dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dan meningkatkan seretonin yang mana dapat menghasilkan perasaan tenang. Hal ini juga tentu berkontribusi terhadap tekanan darah rendah.

Itulah beberapa manfaat dari oatmeal yang bisa menjadi referensi kamu. Tetap jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Jangan lupa lindungi diri dari segala risiko kesehatan dengan asuransi. Kamu dapat memilih asuransi penyakit kritis atau asuransi kesehatan dari Super You. Premi terjangkau, mulai dari Rp.28.500 per bulan.

Yuk baca juga, 7 manfaat konsumsi buah salad untuk kesehatan tubuh.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya