manfaat oatmeal untuk kesehatan

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum, susu sapi, dan air. Oatmeal sendiri didominasi oleh karbohidrat sebesar 71%, lalu disusul 15% lemak, dan 13% protein. Meski dikenal rasanya hambar, oatmeal mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu jenis oatmeal yang paling mudah ditemukan adalah whole grain oatmeal. Whole grain adalah jenis oatmeal yang masih berbentuk gandum utuh yang kaya akan serat, vitamin B, fosfor, magnesium, dan zinc. Whole grain saat ini banyak tersedia dalam bentuk instan, kamu hanya perlu air hangat untuk mencampur kemudian bisa langsung dikonsumsi.

Apa aja sih manfaat Oatmeal?

Apakah manfaat oatmeal se-instan kita merebusnya? Agar kamu tahu, yuk simak 13 manfaat oatmeal di sini!

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu kandungan beta-glukan dalam oatmeal dapat membantu tingkatkan kekebalan? Beta-glukan dalam gandum jauh lebih kuat khasiatnya, seperti meningkatkan kekebalan karena sindrom kelelahan kronis atau stres fisik dan meningkatkan kekebalan selama perawatan intensif kemoterapi atau radiasi.

Baca Juga : Manfaat Infused Water untuk Kekebalan Tubuh

 

  • Berguna untuk Kesehatan Jantung

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh bukan hanya dibutuhkan oleh yang sedang menjalani diet. Bahkan berat badan yang terlihat ideal, bisa saja menyimpan kolesterol jahat di dalamnya. Apabila kolesterol jahat ini dibiarkan begitu saja, tentu dapat memicu penyakit berbahaya dalam tubuh, seperti penyakit jantung dan stroke. Maka, selain untuk kekebalan, beta-glukan juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga : Pantangan Makanan untuk Penyakit Jantung

 

 

  • Dapat Mengobati Diabetes

Karena kaya akan serat, oatmeal dapat dicerna dengan lambat dan membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, oatmeal juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang mengubah gula darah menjadi energi.

  • Untuk Konstipasi

Serat yang ada di dalam oatmeal juga terbukti melunakkan feses yang mana dapat melancarkan pencernaan. Proses pembuangan kotoran yang mudah tersebut tentu akan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit, bahkan kanker kolorektal.

  • Memerangi Kanker

Sudah disebutkan di atas bahwa kandungan oatmeal yang terbuat dari gandum ini mampu melindungi diri terhadap kanker, seperti kanker dubur dan kanker usus besar. Senyawa-senyawa yang ada dalam gandum ditemukan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

  • Mengatasi Hipertensi

Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi hipertensi khususnya jika kamu memilih yang non-instan dan organik. Oatmeal juga dikenal sebagai makanan yang menenangkan, tentu hal ini dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dan meningkatkan serotonin yang mana dapat menghasilkan perasaan tenang. Hal ini juga tentu berkontribusi terhadap tekanan darah rendah.

  • Mencegah Asam Lambung

Pengidap asam lambung bisa sangat menderita karena penyakit yang sering dianggap sepele ini. Untungnya ada cara untuk mencegah kambuhnya asam lambung, yaitu dengan makan makanan yang tidak akan memicu asam lambung. Makanan tersebut salah satunya berasal dari biji-bijian dan berserat tinggi, seperti oatmeal. Kandungan serat dalam oatmeal dinilai bermanfaat untuk mencegah gejala asam lambung.

  • Pilihan Diet yang Tepat

Oatmeal bisa jadi pilihan diet yang tepat. Oatmeal merupakan makanan rendah kalori, namun dipercaya dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Tapi, apa kamu tahu berapa kandungan kalori dalam oatmeal? Kandungan dalam oatmeal masak dan kering ternyata berbeda loh. Jumlah kalori semangkuk oatmeal masak adalah 142 kkal. Sedangkan, semangkuk oatmeal kering berkisar 720-770 kkal. Dengan diet oatmeal, ruang dalam perut kamu untuk menerima makanan berkalori tinggi akan semakin sempit!

  • Baik Dimakan Sebelum Tidur

Oatmeal pada umumnya dijadikan menu sarapan karena selain menambah energi juga membuat kenyang lebih lama. Padahal tahukah kamu oatmeal dapat dikonsumsi sebelum tidur. Mengapa? Karena gandum yang mengandung melatonin dan karbohidrat kompleks sebenarnya dapat membantu banyak triptofan masuk ke otak dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

  • Sebagai Anti-Inflamasi dan Anti-Gatal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, oatmeal mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satu jenis antioksidannya adalah avenanthramides, yang mana memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-gatal yang membantu melindungi kulit dari iritasi secara alami.

Lindungi Diri dari Risiko Kanker dengan Asuransi Super Well Protection

  • Menstimulasi Kolagen

Kolagen dalam tubuh sering dikaitkan dengan pertambahan usia, mengapa? Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang. Kolagen sendiri merupakan protein yang dihasilkan oleh kulit secara alami sehingga ketika produksinya semakin berkurang, diperlukan stimulan atau asupan baru bagi kulit. Jawabannya oatmeal! Dipercaya dapat menstimulasi produksi kolagen agar kulit tetap terlihat awet muda.

  • Dijadikan Masker Wajah

Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh dari dalam, bagian tubuh luar juga perlu dijaga loh! Manfaat oatmeal bisa dirasakan secara “instan” oleh kulit wajah dengan cara menjadikannya masker. Baik melalui kandungan oatmeal pada skincare yang beredar di pasaran maupun oatmeal instan. Masker oatmeal ini bermanfaat untuk memberi kelembapan pada kulit. 

DIY Masker Wajah dari Oatmeal

Yuk, coba simak tips mudah meracik masker wajah dari oatmeal yang bisa kamu ikuti dari rumah di sini!

  1. Kamu bisa merebus setengah cangkir oatmeal dengan perbandingan air 1:1.
  2. Aduk sampai berbentuk pasta. 
  3. Tunggu hingga dingin, sembari mempersiapkan kuas masker.
  4. Pastikan kulit wajah dalam keadaan kering, lalu oleskan secara merata pada wajah namun hindari area mata dan mulut. 
  5. Diamkan masker kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih dan tidak meninggalkan residu. 
  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain dapat melembapkan kulit wajah, masker scrub badan dari oatmeal dapat dijadikan sebagai senjata melawan kulit kering. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa masker oatmeal ini dapat mengangkat sel kulit mati secara lembut serta diyakini lebih baik dibandingkan masker dari buah-buahan.

Itulah beberapa manfaat oatmeal yang bisa menjadi referensi kamu. Kamu juga bisa membuat masker dari oatmeal di rumah untuk memaksimalkan manfaatnya! Tetap jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Jangan lupa lindungi diri dari segala risiko kesehatan dengan asuransi. Kamu dapat memilih asuransi penyakit kritis atau asuransi kesehatan dari Super You. Premi terjangkau, mulai dari Rp28.500 per bulan.

Yuk baca juga, 7 manfaat konsumsi buah salad untuk kesehatan tubuh.