pemanasan olahraga

Pemanasan sebelum berolahraga penting dilakukan karena dapat memaksimalkan hasil dari olahraga kamu. Walau terkesan ringan dan sederhana, ada berbagai macam manfaat pemanasan sebelum olahraga. 

Faktanya,  jika kamu langsung berolahraga, hal tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu. Terutama bagi kesehatan jantung kamu. Karena itu, kebanyakan dokter dan personal trainer merekomendasikan pemanasan dan pendinginan sebelum berolahraga. 

 

Sebelum berolahraga, yuk cari tahu pentingnya pemanasan!

1. Menaikkan Suhu Tubuh

Namanya juga pemanasan. Tentunya tujuannya juga untuk menaikkan suhu tubuh kamu. Dengan suhu otot yang lebih tinggi, oksigen pun dapat lebih menjangkau otot kamu dengan lebih mudah. 

Alhasil, naiknya suhu tubuh akan membuat kamu lebih efektif dalam berolahraga, karena:

  • Peredaran darah di tubuh lebih lancar;
  • Otot kamu lebih mudah berkontraksi dan relaksasi dengan tambahan oksigen;
  • Jantung kamu lebih mudah beradaptasi sebelum olahraga, terutama yang ekstrim; serta
  • Gizi makanan lebih menyebar ke seluruh tubuh sehingga mencegah nyeri dan mempercepat proses penyembuhan jika ada cedera.

2. Berkurangnya Kemungkinan Cedera

Ketika peredaran darah di tubuh lebih lancar, maka otomatis tubuh kamu, terutama otot, menjadi lebih fleksibel. Dengan begitu, lebih sedikit kemungkinan kamu untuk cedera atau mencelakai diri. 

Kamu pun terselamatkan dari overheating (tubuh menjadi terlalu panas dalam waktu yang terlalu singkat). Hal ini dapat mempersiapkan tubuh kamu dan mengurangi risiko kram atau pingsan.

asuransi covid

 

3. Mempersiapkan Mental 

Olahraga bukan hanya masalah fisik, tapi juga mental. Terkadang kita malas berolahraga karena kita merasa olahraga itu terlalu susah. 

Namun, salah satu manfaat pemanasan sebelum berolahraga adalah mempersiapkan tubuh kamu untuk beradaptasi secara perlahan. Jadi mental kamu pun tidak kagok dan keburu ingin menyerah karena susah. 

Karena itu, gunakan waktu pemanasan juga sebagai persiapan mental. Siapkan pikiran kamu untuk lebih mindful akan olahraga yang akan kamu lakukan, sehingga tubuh dan mental kamu pun siap.

Baca Juga : 9 Manfaat Olahraga Lari untuk Mental Kamu

 

4. Lebih Fleksibel

Fleksibilitas penting dalam olahraga. Ketika kamu melakukan pemanasan, peredaran darah ke otot lebih lancar, sehingga otot lebih mudah berkontraksi dan rileks. Hal ini menyebabkan tubuh kamu lebih fleksibel. 

Dengan begitu, tubuh kamu pun lebih mudah beradaptasi dengan jenis olahraga yang lebih susah. Jika tidak, maka kamu dapat mengalami cedera saat memaksakan tubuh untuk melakukan gerakan olahraga tertentu.

Dalam jangka panjang, hal ini juga baik saat kamu beraktivitas sehari-hari. Karena itulah, ada baiknya kamu melakukan stretching saat bangun di pagi hari.

Baca Juga : 18 Olahraga Kardio Ini Bantu Jaga Kesehatan Kamu

 

5. Menambah Energi Saat Berolahraga

Pemanasan mengurangi kemungkinan kamu cepat lelah. Hal ini dikarenakan beban yang diberikan kepada tubuh diberikan secara bertahap dan bukan sekaligus. Dengan begitu, kamu pun merasa lebih bersemangat.

Saat melakukan olahraga, kamu juga bisa menjadi lebih efektif. Dalam arti, tubuh kamu yang sudah beradaptasi dan energi tambahan dapat mempersiapkan tubuh kamu untuk lebih kuat dalam berolahraga. Ini berarti lebih aman dalam menggunakan peralatan olahraga yang berat, bisa berolahraga dalam waktu yang lebih lama, serta bisa membakar lebih banyak kalori.

Tips Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Kamu bisa menerapkan tips pemanasan berikut:

  1. Lari jogging selama beberapa menit. Alternatifnya, kamu juga bisa mencoba bersepeda atau menggunakan gerakan senam.
  2. Regangkan otot dan sendi. Kamu bisa mulai dari kepala, leher, pundak, tangan, pinggang, kemudian kaki. Lakukan masing-masing gerakan selama 20-30 detik dan ulangi 2-3 kali.
  3. Regangkan otot dan sendi sesuai jenis olahraganya. Misalnya jika kamu ingin bermain badminton, regangkan otot pergelangan tangan dan bahu. Jika kamu ingin bersepeda jarak jauh, pastikan otot kaki dan pergelangan kaki kamu sudah diregangkan.
  4. Setelah pemanasan, urutkan aktivitas dari yang mudah ke yang sulit. Jika berenang, lakukan 10 putaran dulu. Kemudian baru naikkan ke 20, 30, dan seterusnya. Jika melakukan voli, bisa mulai dengan latihan passing dulu. Kemudian baru latihan spiking dan memulai pertandingan. 

Nah, dengan begitu, tubuh kamu bisa lebih siap dalam menghadapi olahraga. Kamu pun bisa mengurangi risiko cedera. Namun, kita tidak selalu bisa memprediksi cedera saat berolahraga.

Karena itu, ada baiknya jika kamu juga mengantisipasi cedera. Bagaimana caranya?

Kamu cukup membeli perlindungan asuransi kesehatan Super Care. Mulai dari Rp50.000-an saja per bulan, kamu sudah mendapatkan perlindungan risiko kecelakaan sehari-hari (termasuk tenggelam dan keracunan makanan) serta risiko 30+ penyakit menular (termasuk COVID-19). Semuanya sesuai tagihan dengan batas maksimal Rp50 Juta per infeksi/kecelakaan.

Asuransi Penyakit Kritis

Artikel Terkait