manfaat pisang

Manfaat pisang sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah yang bertekstur padat ini, termasuk jenis buah yang mudah di dapatkan di Indonesia.

Apa manfaat pisang? Buah pisang atau nama latinnya Musa acuminate ini merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak gizi dan baik untuk tubuh Anda. Namun, setiap makanan tentu memiliki porsi masing-masing agar tidak berlebihan, tidak terkecuali buah pisang. Jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat, tentu akan ada segudang manfaat pisang yang bisa dirasakan.

Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang untuk Tubuh

Manfaat Buah Pisang untuk Tubuh

Pisang termasuk buah yang kaya mineral kalium dan serat pektin. Buah yang memiliki rasa manis ini mengandung sumber magnesium, vitamin C, vitamin B6, zat besi, zinc, omega 3, dan lain-lain. Selain itu, manfaat pisang juga mengandung rendah lemak dan cocok yang memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat pisang untuk tubuh?

Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat pisang yang lain adalah menjaga kesehatan ginjal. Pisang dipercaya mampu menjaga kesehatan ginjal. Kalium yang ada di dalam pisang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Agar tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi pisang 2-3 pisang dalam seminggu untuk meminimalisirkan risiko penyakit ginjal sejumlah 33% lebih rendah.

Mengatasi Lapar

Ternyata, buah pisang mengandung vitamin serat yang bisa mengatasi lapar atau membuat Anda menjadi kenyang lebih lama. Tidak heran jika Anda yang sedang diet atau hidup sehat, pasti memilih pisang sebagai camilan yang dikonsumsi.

Baca juga : 15 jenis buah untuk diet.

Menurunkan Berat Badan

Karena bisa mengatasi kenyang lebih lama, tentu pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan. Selain bisa membuat kenyang lebih lama, kandungan gizi pisang juga dapat mengendalikan nafsu makan, membatasi penyerapan lemak dalam sel yang sangat penting agar berat badan tetap terjaga. Selain itu, magnesium yang terkandung dalam pisang juga dapat memecahkan sel lemak dalam tubuh. Yuk, coba hitung berat badan ideal dengan kalkulator BMI.

Tekanan Darah Tetap Stabil

Manfaat Pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak orang yang mengonsumsi pisang untuk mengelola tekanan darah agar tetap stabil. Tidak hanya itu, kalium juga memiliki fungsi untuk meredakan ketegangan pada pembuluh darah, membantu mengikiskan kolesterol jahat, sehingga meminimalisirkan risiko serangan jantung dan stroke.

Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat buah pisang selanjutnya adalah mengatasi penuaan dini. Bukan hanya menjaga ginjal, tekanan darah, dan juga berat badan, rupanya pisang juga mampu mengatasi penuaan dini yang banyak ditakuti oleh semua wanita. Kandungan vitamin C dan B6 yang merupakan antioksidan ini bisa melindungi kulit dari keriput, flek hitam, dan garis-garis halus. Agar terhindar dari tanda-tanda penuaan tersebut, yuk rajin-rajinlah mengonsumsi pisang.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat pisang memiliki kadar indeks glikemik yang cukup rendah. Maksudnya, gula alami yang ada di pisang secara perlahan dilepas ke dalam darah, sehingga kadar gula akan terkontrol dan mencegah terjadinya kadar gula yang tinggi. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Meningkatkan Daya Ingat

Siapa yang sangka, jika Anda rutin mengonsumsi pisang, bisa bermanfaat pada kesehatan memori Anda. Kandungan triptofan (salah satu jenis asam amino) ini bermanfaat untuk menjaga daya ingat seseorang. Bukan itu saja, triptofan juga bermanfaat untuk mengatasi mood atau suasana hati yang sedang tidak baik. Nah, jika Anda memiliki mood yang mudah berubah, yuk coba mengonsumsi buah pisang.

Mencegah Kanker

Selain serangan jantung dan juga diabetes, manfaat pisang juga mampu mencegah timbulnya penyakit kritis lainnya, seperti kanker. Lectin yang merupakan salah satu kandungan antioksidan di dalam pisang ini memiliki peran untuk mencegah pertumbuhan sel leukemia di dalam tubuh.

Itulah 8 manfaat pisang yang bisa Anda rasakan di dalam tubuh jika mengonsumsinya dengan porsi yang tepat. Pisang termasuk buah yang cukup umum di Indonesia dan tentu Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Jadi, untuk menjadi sehat, tidak ribet kan?

Artikel Terkait