manfaat renang

Apakah kamu tahu manfaat renang untuk kesehatan tubuh?

Renang adalah olahraga air yang cocok untuk dilakukan oleh siapa saja. Berdasarkan definisi oleh Badruzaman, seorang ahli renang, bahwa renang adalah cara yang dilakukan oleh manusia atau binatang untuk menggerakan tubuhnya di air.

Tidak hanya olahraga yang populer, manfaat renang tidak perlu diragukan lagi, salah satunya adalah renang merupakan olahraga yang bagus bagi penderita penyakit jantung. Tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat yang bahkan tidak dimiliki oleh cabang olahraga lainnya lho! Yuk, ketahui semua manfaat renang bagi tubuh!

Manfaat Olahraga Renang

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga renang yang bisa didapatkan apabila rutin berenang.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Olahraga yang Penting untuk Kesehatan

 

1. Kekuatan Otot dan Tulang Meningkat 

Saat berenang, seluruh otot akan bergerak dan membantu untuk membentuknya dengan sempurna. Hal ini akan membantu untuk meningkatkan kekuatan otot secara menyeluruh. Selain itu karena seluruh badan bergerak, renang bisa menjadi olahraga yang bagus apabila kebanyakan duduk di kantor atau di sekolah. 

2. Meninggikan Badan

Menurut Kasiyo Dwijowinoto, seorang ahli renang, bahwa renang merupakan salah satu cabang olahraga yang bisa dilakukan oleh semua umur dan bahkan bayi yang baru beberapa bulan pun sudah boleh untuk diajarkan renang.

Berenang sangat bagus untuk dilakukan oleh anak – anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena renang memerlukan pergerakan seluruh badan, otot dan tulang. Maka saat fase pertumbuhan anak – anak rutin untuk berenang, ini akan membantu perkembangan tulang dan untuk meningkatkan tinggi badan mereka.

3. Membantu Dengan Stres dan Depresi 

Berbeda dengan olahraga lainnya, berenang meregangkan otot sehingga otot akan lebih rileks. Ini menyebabkan tubuh menjadi lebih rileks dan akan meningkatkan mood. Hal ini juga dibantu dengan teknik pernapasan yang dibutuhkan saat berenang. Semua hal tersebut akan membantu menyingkirkan pikiran yang negatif, stress dan depresi yang terjadi.

4. Bagus untuk Jantung 

Berenang sangat bagus untuk memelihara kesehatan jantung sehingga bisa mencegah risiko terkena penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Revista Portuguesa de Pneumologia pada tahun 2016 menyatakan bahwa paru – paru perenang lebih kuat dibandingkan atlet lainnya. 

Olahraga renang bisa membantu memelihara kesehatan jantung karena bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen. Renang juga dipercaya bisa membantu memelihara fungsi organ serta mencegah risiko terjadinya stroke.

Baca Juga: 

 

5. Bagus untuk Paru – Paru 

Selain untuk memelihara kesehatan jantung, manfaat renang juga sangat bagus untuk memelihara kesehatan paru – paru. Berdasarkan studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology, jumlah udara masuk dan keluar dari paru – paru saat pernapasan rileks yang dimiliki oleh perenang lebih baik dibandingkan pelari.

Ada penelitian satu lagi yang dilakukan oleh B.J. Medical College, India yang menyebutkan bahwa rutin berenang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru – paru dan membantu untuk mengontrol pernapasan.

Manfaat renang bagus bagi penderita asma karena membantu kondisi paru – paru dan meningkatkan pernapasan. Namun, klorin bisa meningkatkan risiko asma, jadi apabila ingin berenang lebih baik untuk dilakukan di kolam yang bebas klorin. 

Selain berenang, masih banyak juga jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan juga bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan lho! Super You menyediakan asuransi online yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu dengan harga yang aman di kantong. Yuk, cek sekarang!

Artikel Terkait