manfaat squat jump

 

Squats adalah gerakan olahraga yang sudah tidak asing lagi. Gerakan squat banyak digunakan sebagai pemanasan atau sebagai gerakan tersendiri dan gerakan squat jump adalah salah satunya. Hal ini karena manfaat squat jump ada banyak, seperti gerakan squat jump melatih otot. Meskipun merupakan gerakan yang sering digunakan untuk pemanasan, apabila tidak dilakukan dengan benar bisa menyebabkan cedera. Untuk mencegah terjadinya cedera, mari belajar cara melakukan squat jump, pastikan untuk simak di bawah ini ya!

Table of Contents

Apa itu Squat Jump

Squat Jump adalah salah satu gerakan variasi dari squat yang merupakan salah satu gerakan dari olahraga kalistenik. Olahraga kalistenik adalah jenis olahraga yang memanfaatkan berat tubuh dan gaya gravitasi untuk membantu membentuk otot. Seperti manfaat dan gerakan squats pada umumnya, squat jump melatih otot bagian bawah tubuh dan membantu melatih keseimbangan serta kelincahan tubuh. 

Baca Juga: Pelajari 6 Gerakan Kalistenik untuk Olahraga Cepat Tanpa Alat

Manfaat Squat Jump

Ada banyak manfaat squat jump, dari manfaatnya untuk kesehatan, membentuk otot tubuh, hingga manfaat squat jump pada respon tubuh. Yuk, simak baik – baik manfaat dari melakukan gerakan squat jump di bawah ini!

  • Squat Jump Membakar Kalori 

Manfaat squat jump adalah bisa membakar kalori bahkan lebih banyak dari saat melakukan gerakan squat biasa. Tidak hanya lebih banyak dalam membakar kalori, dibandingkan squat biasa, gerakan squat jump juga menggunakan lebih banyak otot sehingga energi yang digunakan pun lebih besar. 

  • Squat Jump Melatih Otot

Selain membakar kalori, manfaat squat jump adalah membentuk otot. Gerakan squat jump melatih otot lebih banyak dibandingkan gerakan squat biasa karena langkah melompat yang ada di gerakan squat jump membuat betis bekerja dua kali lebih keras.

  • Gerakan Squat Jump Meningkatkan Peredaran Darah

Salah satu manfaat squat jump adalah meningkatkan peredaran darah karena dengan intensitasnya yang tinggi bisa memicu jantung untuk berdetak lebih cepat sehingga peredaran darah semakin lancar dan nutrisinya akan dibagi ke seluruh tubuh. 

  • Gerakan Squat Jump Meningkatkan Daya Ledak

Daya ledak adalah kemampuan otot untuk menggunakan kekuatannya dengan maksimal dalam waktu yang singkat. Kemampuan ini penting dalam beberapa olahraga tertentu dan manfaat squat jump berdasarkan Journal of Sports Science and Medicine adalah meningkatkan waktu sprint dengan meningkatkan kekuatan dan daya ledak kaki.

  • Squat Jump Melatih Keseimbangan 

Salah satu manfaat squat jump adalah melatih keseimbangan dengan meningkatkan koordinasi antara tangan dan kaki sehingga akan meningkatkan keseimbangan tubuh kamu.

  • Squat Jump Mengurangi Risiko Penyakit

Sebagai salah satu gerakan olahraga, salah satu manfaat squat jump adalah menyehatkan tubuh. Squat jump yang tergolong dalam olahraga kardio bisa membantu peredaran darah menjadi lebih lancar dan membantu mengurangi risiko penyakit, terutama risiko penyakit jantung, obesitas atau tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Olahraga yang Penting untuk Kesehatan

Cara Melakukan Squat Jump

Untuk mendapatkan manfaat squat jump secara maksimal, perlu melakukan gerakannya dengan benar. Pelajari cara melakukan squat jump dengan benar di bawah ini agar terhindar dari risiko cedera. 

1. Berdiri tegak dengan salah satu kaki di depan 

2. Kedua tangan berada di belakang kepala

3. Tekuk kedua kaki hingga pantat menyentuh tumit, pastikan tangan tetap di atas 

4. Lompat hingga kaki dalam keadaan lurus

5. Saat mendarat pastikan kaki yang di awal ada di depan menjadi di belakang pantat hingga bersentuhan dengan tumit 

6. Ulangi gerakan 10 – 15 kali.

Jenis Squat Jump

Meskipun gerakan squat jump adalah variasi dari gerakan squat biasa, di dalam squat jump masih ada variasi – variasi gerakan squat jump lainnya. Yuk, kita simak 4 variasi gerakan squat jump. 

  • Sumo Squat Jump

Untuk gerakan squat jump yang satu ini sedikit berbeda karena diawali mengambil posisi layaknya pesumo dengan kaki terbuka jaraknya selebar bahu dan menghadap ke luar. Pastikan kedua tangan berkacak pinggang sebelum melakukan squat dan melompat. Ulangi gerakan 15 – 20 kali.

  • Box Jump

Gerakan squat jump dalam variasi box jump tidak jauh berbeda dari squat jump pada umumnya, tetapi variasi box jump memerlukan kotak atau kursi yang tidak melebihi lutut. Gerakan ini dilakukan dengan meloncat dan mendarat di atas kursi atau box yang dimiliki dan ulangi gerakan 15 – 20 kali.

  • Jump Squat Heel Click

Gerakan squat jump ini mirip dengan squat jump biasa, bedanya adalah posisi kaki menjadi lebih rapat hingga akan bersentuhan saat melompat. Ulangi gerakan squat jump ini 15 – 20 kali.

  • Dumbbell Sumo Squat

Gerakan squat jump yang satu ini bisa dilakukan dengan mengambil posisi sumo squat jump sambil memegang dumbbell di depan dada dan lompat dengan dumbbell masih di genggaman. Ulangi gerakan 15 – 20 kali.

kalkulator masa subur

Bagaimana? Semoga dengan menyimak artikel ini bisa membantu melakukan gerakan squat jump dengan baik dan benar agar terhindar dari risiko cedera. Ambil manfaat squat jump dengan melakukan gerakan squat jump dalam rutinitas olahraga kamu secara rutin sehingga tubuh akan lebih kuat dan lebih sehat. Jangan lupa juga untuk proteksi kesehatan dengan asuransi kesehatan dari Super You!

Artikel Terkait