Manfaat sunscreen

Makin banyak beredarnya produk sunscreen dengan varian dan formula yang berbeda di pasaran. Namun, masih banyak yang belum tahu manfaat sunscreen dan bingung memilih varian dan formula berdasarkan manfaat sunscreen yang diperlukan.

Table of Contents

Mengenal sunscreen 

Apa itu Suncreen? Sunscreen adalah salah satu jenis tabir surya yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen dapat melindungi kulit dengan cara menembus dan terserap oleh kulit, membentuk lapisan proteksi terhadap sinar matahari.

 

Mengenal UVA/UVB 

Terdapat 3 sinar UV yang dipancarkan oleh matahari, sinar UVA, UVB dan UVC. Namun, hanya sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kulit.

Sinar UVA menyebabkan masalah pada kulit dikemudian hari. Dampak dari sinar UVA adalah penuaan dini pada kulit dan menyebabkan kulit keriput.

Sinar UVB menyebabkan masalah pada kulit yang lebih cepat. Dampak dari sinar UVB adalah sunburn, warna kulit menggelap, dan dampak jangka panjangnya adalah risiko terkena kanker kulit.

Berbeda dengan sinar UVA dan UVB, sinar UVC tidak berbahaya untuk kulit karena tidak dapat menembus kulit, sehingga tidak dapat menyebabkan masalah.

 

Baca Juga: Base Makeup dengan SPF VS Sunscreen Murni

Jenis-jenis sunscreen 

Setelah kamu mengerti apa itu sunscreen, muncul petanyaan “Apa saja sihjenis jenis sunscreen?” Saat ini, semakin banyak sunscreen dengan formula yang berbeda. Hal ini memberikan opsi bagi pengguna untuk dapat mencocokan dengan kebutuhan yang diperlukan.  Terdapat 3 jenis sunscreen  terbagi menjadi 3 jenis dengan manfaatnya masing-masing:

  • Chemical sunscreen 

Chemical sunscreen, dengan tekstur yang ringan dan tidak meninggalkan efek keputihan setelah pemakaian cocok untuk yang memiliki kulit kombinasi atau berminyak. Chemical sunscreen akan bekerja 15-20 menit setelah pemakaian, karena itu ingat untuk menggunakannya 15 menit sebelum beraktivitas.

  • Physical sunscreen 

Physical sunscreen, dengan tekstur yang tebal lebih cocok untuk yang memiliki kulit kering atau sensitif. Namun, penggunaan physical sunscreen dapat meninggalkan efek keputihan pada kulit setelah pemakaian. Berbeda dengan chemical sunscreen, efek dari physical sunscreen akan bekerja setelah digunakan.

  • Hybrid sunscreen 

Hybrid sunscreen merupakan kombinasi antara chemical dan physical sunscreen. Teksturnya yang ringan layaknya chemical sunscreen dan bekerja layaknya physical sunscreen membuatnya cocok untuk semua jenis kulit.

 

Baca Juga:

15 Cara Menghilangkan Jerawat, Apa Saja?

Pentingnya Perawatan Kulit untuk Pria

Manfaat sunscreen 

Berikut adalah manfaat sunscreen yang dapat menjaga Kesehatan kulit dan mencegah risiko kerusakan yang dapat disebabkan oleh sinar matahari.

  • Melindungi kulit dari sinar UV

Membiarkan kulit terpapar sinar UV tanpa perlindungan berisiko menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti tekstur kulit menjadi kering dan kasar. Dampak lainnya bisa berisiko lebih parah dari pergantian tekstur kulit. Penggunaan sunscreen dapat memberikan perlindungan untuk kulit dan mencegah risiko kerusakan terjadi.

  • Mencegah kanker kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan kulit berisiko terkena kanker kulit karena kerusakan yang terjadi pada DNA sel kulit. Menggunakan sunscreen secara rutin bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

  • Mencegah sunburn

Kulit terbakar karena sinar matahari atau sunburn disebabkan oleh terpapar sinar matahari saat beraktivitas diluar ruangan dengan cuaca yang panas. Penggunaan sunscreen sebelum beraktivitas dapat mencegah terbakarnya kulit karena sinar matahari.

  • Meratakan warna kulit 

Fungsi sunscreen lainnya adalah dapat mencegah warna kulit menjadi belang dan dapat membantu meratakan warna kulit.

  • Mencegah penuaan dini

Tanpa perlindungan dari sinar UVA akan menyebabkan kolagen yang ada pada kulit wajah menurun. Hal ini menyebabkan penuaan pada kulit lebih cepat, menimbulkan kerutan flek hitam dan kulit kendur. Menggunakan sunscreen akan memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

 

Baca Juga: 7 Manfaat Niacinamide untuk Wajah, Cara Penggunaan dan Efek Samping

 

Maksimalkan manfaat penggunaan sunscreen dengan cara pemakaian sunscreen yang benar:

  • Gunakan setiap hari 

Cara pemakaian sunscreen pertama adalah Pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas untuk memaksimalkan proteksi dan mencegah kerusakan pada kulit.

  • Gunakan 20 menit sebelum beraktivitas

Pemakaian sunscreen selanjutnya adalah Sunscreen memerlukan waktu untuk menyerap pada kulit dan 20 menit hingga bekerja. Gunakan sunscreen 20 menit sebelum beraktivitas sehari-hari.

  • Kocok sebelum digunakan

Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan untuk mengocok dahulu. Hal ini akan memastikan semua partikel yang ada dikandungan sunscreen tercampur rata.

  • Gunakan sesuai kebutuhan

Jangan pelit dalam mengaplikasikan sunscreen. Standar pengaplikasian sunscreen bagi orang dewasa adalah satu ons untuk seluruh tubuh. Apabila susah untuk menakar, two-fingers-rule dapat diaplikasikan. Tarik garis dengan sunscreen dari ujung ke ujung sebanyak dua jari. Setiap seksi yang terpapar sinar matahari harus diaplikasikan sunscreen sebanyak dua jari.

  • Oleskan secara merata 

Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata kepada bagian kulit yang terpapar matahari. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen pada bagian yang terpapar namun jarang diaplikasikan seperti telinga, leher dan punggung.

  • Aplikasikan ulang

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sunscreen untuk diaplikasi ulang:

  • Sinar UV perlahan akan menghancurkan pertahanan sunscreen, karena itu sunscreen harus diaplikasi ulang setiap 2 jam setelah pemakaian. 
  • Air dapat melunturkan sunscreen. Setelah berkeringat atau terkena air sunscreen harus diaplikasikan ulang. Pengecualian adalah  apabila sunscreen yang digunakan adalah water resistant dan saat berkeringat atau terkena air masih dalam jangka waktu ketahanan water resistant.

Itulah beberapa manfaat dan tips penggunaan sunscreen yang dapat menjaga kulit dan tubuh apabila dilakukan secara rutin. Meski terlihat gampang, penggunaan sunscreen memiliki banyak manfaatnya. Yuk, mulai menggunakan sunscreen secara rutin! Selain menggunakan sunscreen, kamu bisa mencoba 7 makanan sehat ini untuk menjaga kesehatan kuli

Artikel Terkait