hari gizi nasional

Seperti yang diketahui pada tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Tahun ini adalah yang ke-61.  

Ketahui Sejarah Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional diselenggarakan untuk memperingati pengkaderan tenaga gizi Indonesia pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia.

Upaya perbaikan gizi masyarakat sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1950 yakni pada saat Menteri Kesehatan Dokter J Leimena mengangkat Prof Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR). Oleh karena itu, Prof Poorwo Soedarmo dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia. Peringatan Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan pada tahun 1960-an yang kemudian dilanjutkan hingga sekarang.

Tema tahun ini mengusung Remaja Sehat Bebas Anemia “Gizi Seimbang, Remaja Sehat, Indonesia Kuat”. Hal ini berdasarkan riset tahun 2018 yang menunjukan 4 dari 10 remaja Indonesia menderita anemia. Tentu saja dipengaruhi oleh asupan gizi yang kurang optimal. Tidak hanya berfokus pada tema yang diusung, tahun ini diharapkan semua elemen masyarakat dapat menjaga asupan makanan yang sehat untuk tubuh mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini.

Tahun ini, Hari Gizi Nasional memiliki beberapa tujuan penting diantaranya :

  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang betapa pentingnya kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja
  • Meningkatkan peran aktif masyarakat dan memberikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan gizi dalam penanggulangan anemia di masa COVID-19 ini.
  • Menyebarluaskan informasi tentang pentingnya suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD) untuk remaja anemia.
  • Meningkatkan peran media massa dalam kampanye tema tahun ini.
  • Semakin berkomitmen antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan swasta untuk menanggulangi kesehatan dan gizi remaja anemia.

Selain menjaga keseimbangan gizi dan kesehatan tubuh, kita juga harus rajin berolahraga, dan mengkonsumsi vitamin tambahan. Apalagi di masa pandemi seperti ini kesehatan menjadi yang terutama.

Baca Juga : Ingin Tubuh Sehat? Ini Manfaat Infused Water

 

Lindungi Diri dengan My Hospital Protection

My Hospital Protection merupakan asuransi kesehatan dari Super You yang memberikan santunan harian. Cocok untuk para millenials, premi mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan kamu sudah terlindungi. Daftar gak pake ribet, cuma online kok.

 

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya