golongan darah

Setiap manusia pasti mempunyai golongan darah yang berbeda-beda. Dalam dunia kedokteran darah digolongkan menjadi 4 jenis yakni A, O, AB, dan B. Mengetahui di jenis yang mana darah kita merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Mengingat jika darah masih ada hubungannya dengan kesehatan tubuh ataupun penyakit.

 

Alasan Mengapa Kamu Wajib Tahu Golongan Darah

Judul di atas sangat menggambarkan bahwa sebagian banyak orang masih mengabaikan golongan darah yang mereka miliki. Padahal jika mengetahuinya ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh dan juga dapat memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkannya. Berikut ini ada penjelasan lebih yang akan memberikan kelengkapannya.

 

  • Membantu untuk mengetahui penyakit yang bersarang di tubuh

Penelitian pernah menyebutkan bahwa wanita yang darahnya bergolongan O mempunyai hormon FSH yang cukup tinggi. Sehingga hal itu menunjukkan ovariumnya lebih rendah dan menjadi penentu tingkat kesuburan rahimnya.

Kemudian ada juga pernyataan yang menyebutkan bahwa orang-orang yang darahnya termasuk ke dalam golongan B, A, dan AB memiliki resiko tinggi terserang penyakit jantung. Padahal penyakit ini mudah membunuh penderitanya jika tak diketahui lebih awal.

 

  • Memberikan pertolongan ketika terjadi kecelakaan

Tak ada yang pernah tahu dan ingin mengalami kejadian buruk seperti kecelakaan sampai harus menjalani operasi. Jika itu terjadi maka donor darah akan sangat dibutuhkan sehingga membutuhkan data golongan darah dari orang yang membutuhkan itu.

Jika pihak dari rumah sakit langsung mengetahui dari identitas diri, maka hal itu tidak akan membuang waktu lama untuk segera melakukan penanganan. Namun yang lebih tepat lagi jika Kamu sudah berasuransi jiwa di Superyou, karena dengan

Super Safe Protection by Superyou yang akan memberikan kamu akan jaminan kesehatan dan biaya untuk pengobatan secara optimal

 

  • Menjadi faktor utama untuk menentukan KB

Pasangan suami istri pasti selalu menginginkan anak untuk melengkapi kehidupannya. Namun juga tetap melakukan pencegahan kelahiran agar tidak terlalu banyak memiliki anak, salah satunya dengan KB.

Para ahli menyampaikan bahwa perencanaan KB sangat dipengaruhi oleh faktor golongan darah. Sebab ada beberapa golongan yang memang tidak bisa dicampur dengan obat ataupun hal lainnya. Jika nekat maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan anak ketika sudah hamil lagi di kemudian hari.

Baca Juga : Berapa Tekanan Darah Normal untuk Orang Dewasa

 

Ketahui Golongan Darah, Lakukan Donor, dan Dapatkan Manfaatnya

 

  • Meminimalisir resiko terserang penyakit

Darah mempunyai kadar zat besi yang cukup tinggi, sehingga sangat berpengaruh pada serangan jantung secara mendadak jika tidak dicegah. Bahkan juga dapat memicu kanker serta penyakit hati yang sangat membahayakan. 

Pencegahan itu bisa dilakukan dengan cara melakukan donor darah secara rutin. Hal itu akan menetralkan zat besi sehingga lebih stabil dan lebih menyehatkan tubuh Kamu.

 

  • Bisa untuk diet

Berat badan yang berlebih memang dapat menurunkan rasa percaya diri, terlebih pada perempuan. Salah satu cara mudah untuk mengidealkan berat badan yaitu dengan donor darah. Namun jangan terlalu sering, karena malah akan memicu kedatangan penyakit lainnya. Yuk, baca juga 5 tips diet anti-mainstream yang dapat kamu coba.

 

  • Menaikkan kesehatan psikologis

Donor darah termasuk kegiatan sosial, karena membantu orang lain yang membutuhkannya. Nah menurut pakar penelitian kegiatan ini akan membantu kenaikan kesehatan psikologis seperti berkurangnya stres berlebih, membantu menghilangkan perasaan negatif, dsb.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa hal yang wajib diketahui tentang golongan darah. Salah satunya adalah dapat berdonor darah yang sangat bermanfaat bagi orang lain maupun diri sendiri. Selain kegiatan itu, ada cara lain untuk melindungi diri dari resiko penyakit yaitu dengan asuransi penyakit kritis online di Superyou.

Baca Juga : 7 Fungsi Asuransi yang Perlu Kamu Tahu

SHARE

Artikel Terkait Lainnya