jaga kesehatan

Mungkin beberapa minggu ini kamu sudah di rumah saja. Antara sibuk work from home, atau mungkin kamu malah jadi gabut? Apa pun kasusnya, hal yang paling utama yang mungkin mudah untuk terlupakan adalah untuk tetap menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yuk langsung saja bahas 7 cara efektif tingkatkan daya tahan tubuh berikut!

1. Jaga berat badan

Berdiam di rumah saja bisa membuat kita tergoda dengan berbagai camilan yang mungkin bersarang di kulkas. Atau di satu sisi, mungkin kamu akan merasa lebih malas untuk memasak atau sekedar memesan makanan karena sibuk bekerja di rumah. Karena itu penting sekali bagi kita untuk memonitor berat badan ideal.

Berat badan ideal, kamu pun aman!

Bagaimana cara tahu berat badan ideal?

Pertama kamu harus tahu berapa berat badan kamu dan apakah mereka proporsional dengan tinggimu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan perhitungan berat badan ideal dengan body mass index (atau disebut juga BMI).

Belum tahu? Coba cek BMI kamu dengan kalkulator berat badan ideal Super You.

Dengan kalkulasi BMI, kamu bisa tahu apakah kamu sudah mencapai berat badan ideal, kekurangan berat badan (underweight), kelebihan berat badan (overweight), atau bahkan sudah obesitas.

Kenapa harus tahu berat badan ideal?

BMI bisa menjadi tolak ukur kamu dalam hidup sehat. Hal ini dikarenakan underweight mau pun overweight, apalagi kalau obesitas, mempunyai risiko penyakit masing-masing.

Jika kurang nutrisi karena underweight, maka kamu bisa mengalami penurunan imunitas tubuh. Sementara jika berlebihan nutrisi karena overweight, maka kamu lebih berisiko untuk terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes karena kadar gula tinggi, bahkan berbagai penyakit jantung dan juga strokes.

2. Istirahat yang cukup

Tidur harus cukup, tapi jangan kebablasan ya!

Selalu ingat bahwa tidur yang cukup menjadi hal yang cukup penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Idealnya bagi orang dewasa adalah 7 – 9 jam untuk waktu tidur.

Jika kekurangan tidur, kamu bisa merasakan berbagai efek negatif, seperti kelelahan, perubahan mood yang drastis, menjadi bolot, bahkan sampai penyakit jantung lho! Namun di saat yang sama, kelebihan tidur pun bisa berujung penyakit, dengan efek samping seperti obesitas, diabetes, sakit kepala, sakit punggung, dan juga depresi.

Karena itu jangan sampai bergadang karena nonton drama Korea, tapi jangan juga kebablasan tidur sampai tidak sarapan ya, Teman Superjuangan!

Bagaimana cara istirahat yang baik?

Tidur bukanlah masalah kuantitas tapi masalah kualitas. Karena itu penting untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Sederhananya, kamu bisa memulai dengan:

  • Olahraga yang cukup dan rutin.
  • Hindari konsumsi kafein sebelum tidur.
  • Hindari atau batasi jam tidur siang.
  • Siapkan segelas susu hangat sebelum tidur.
  • Minum yang teratur dan cukup.
  • Pastikan kondisi ruangan tidur nyaman.

3. Jangan lupa berolahraga

Walau di rumah, kamu tetap bisa (dan harus) berolahraga lho!

Olahraga yang cukup menjadi kunci dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga mempengaruhi berat badan dan juga kualitas tidur. Karena itu, penting untuk melakukan aktivitas fisik. Menurut Dr. Edward Laskowski, idealnya waktu olahraga mencapai 300 menit per minggu. Namun, untuk kamu yang baru memulai rutin olahraga, bisa menargetkan 30 menit per hari.

Jika masih terasa berat, potong waktu 30 menit itu menjadi 5 atau 6 kali berjalan selama 5 menit. Dengan begitu, setidaknya tubuh kamu pun tidak hanya duduk diam saja. Lebih baik dimulai sedikit daripada tidak sama sekali. Coba dengan jenis-jenis olahraga yang lebih ringan dan mudah dilakukan.

Apa bisa berolahraga saat social distancing?

Ada baiknya kamu menghindari pergi ke gym atau berenang di tengah wabah ini. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh keliling komplek untuk lari atau bersepeda. Hanya pastikan bahwa kamu juga menjaga jarak dengan orang lain. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah membeli matras yoga dan berolahraga di rumah.

4. Imbangi asupan gizi

Nutrisi dan gizi yang seimbang adalah kunci utama dalam menjaga berat badan, juga meningkatkan imunitas tubuh.

Pastikan semua makanan yang kamu makan mengandung komposisi yang tepat sehingga bisa melawan penyakit yang mungkin masuk.

Nutrisi apa saja yang kita perlukan?

Menurut berbagai sumber referensi, berikut adalah vitamin dan mineral yang tubuh butuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Vitamin C: Terdapat dalam brokoli, kiwi, jeruk, paprika merah, dan bayam.
  • Vitamin E: Terdapat dalam kuaci, bayam, dan kacang almond.
  • Vitamin B6: Terdapat dalam salmon, dada ayam, ubi, dan tahu.
  • Vitamin A: Terdapat dalam ubi.
  • Omega-3: Terdapat dalam berbagai jenis ikan, seperti salmon dan tuna.
  • Flavonoid (antioksidan): Terdapat dalam blueberry, bayam, dan green tea.

5. Minimalisir stress

Terlalu terkurung dalam tempat tertutup bisa mengakibatkan stress ya?

Social distancing bisa berakibat buruk kepada mental dan menimbulkan stress. Hal utama yang kamu butuh lakukan adalah dengan mempraktikkan self-love agar beban mentalmu pun berkurang.

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan sosialmu dengan menelpon sahabat atau kerabat dekat. Kurangi fokus kepada wabah yang sedang terjadi sehingga kamu pun tidak stress sendiri.

6. Hindari rokok dan alkohol

Konsumsi rokok secara rutin tidak hanya mempunyai risiko penyakit, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan pada tidur dan pola makan yang sehat. Selain itu, alkohol juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika kamu termasuk perokok aktif, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut sesuai saran Help Guide:

  • Buat rencana atau tanggal untuk berhenti total.
  • Bilang ke sanak saudara atau pun teman kalau kamu ingin berhenti.
  • Antisipasi tantangan yang mungkin akan datang.
  • Buang semua pak rokok yang kamu punya.
  • Konsultasikan ke ahli medis.
  • Cari alternatif lain, seperti permen karet atau yupi.

7. Hindari penyebaran virus

Jangan bosan mendengarnya ya, tetapi kamu tetap harus menjaga diri dengan melakukan pencegahan penyebaran virus. Ini termasuk mencuci tangan dengan sabun, menyemprotkan disinfektan kepada benda yang mungkin dipegang banyak orang, memakai masker bila perlu, dan hindari menyentuh wajah.

Kamu juga bisa mendapatkan perlindungan dengan mencari asuransi yang menutupi risiko terjangkit Corona. Beberapa jenis asuransi tertentu, seperti asuransi jiwa dan asuransi penyakit kritis, mungkin bisa melindungi kamu.

Lindungi kesehatanmu

Jika melakukan 7 cara menjaga kesehatan ini dengan benar, kamu bisa melindungi dirimu lebih lagi. Sehingga walaupun kamu #dirumahaja, tapi kamu pun tetap sehat dan terpenuhi secara fisik dan mental. Stay safe and stay healthy ya, Teman Superjuangan!

SHARE

Artikel Terkait Lainnya