minuman untuk diet

Diet dilakukan jika berat badan tidak ideal atau berat badan kamu melebihi batas ideal. Untuk mengetahui berat badan yang ideal Kamu dapat menggunakan kalkulator BMI. Kalkulator BMI adalah angka yang menentukan apakah berat dari badan kamu ini kurang, lebih, atau sudah ideal. Sudah banyak tips diet yang bertebaran di jaringan internet. Ini cara menghitung berat badan ideal jika kamu masih bingung.

Banyak orang yang melakukan program diet hanya dengan minum air putih saja, padahal terdapat minuman lainnya yang dapat membantu menurunkan berat badan. Minuman tradisional yang biasanya digunakan sebagai pengganti air putih. Berikut minuman sehat yang dapat menurunkan berat badan.

Tips Memilih Minuman Diet untuk Mengurangi Berat Badan

Jus Sayuran

Banyak para ilmuwan yang meneliti tentang program diet yang dilakukan oleh orang dewasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, rata-rata orang dewasa mengkonsumsi sampai 16 ons jus sayuran. Jus sayuran ini rendah natrium dan saat menjalani program diet yang rendah kalori berat badan akan turun secara drastis.

Walau begitu, kamu sebaiknya mengonsumsi sayuran yang masih utuh dibandingkan dengan jus sayuran. Hal ini dikarenakan sayuran utuh memiliki kandungan nutrisi dan serat yang lebih banyak dibandingkan dengan jus sayuran yang sudah dicampurkan dengan sesuatu.

Kopi Hitam

Seperti yang kita tahu kopi mengandung kafein. Disamping kafein ternyata kopi hitam merupakan salah satu minuman untuk diet lho. Kopi hitam dapat menurunkan berat badan karena kafein yang ada didalamnya membantu membakar lemak dan metabolisme.

Teh Hitam

Teh hitam umumnya juga dapat membantu menurunkan berat badan. Senyawa yang didalam teh hitam dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Teh Jahe

Selain teh hitam dan teh hijau, teh jahe juga dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi teh jahe diketahui dapat membantu mengurangi nafsu makan lho. Teh jahe juga bermanfaat untuk membakar kalori.

Baca Juga : Manfaat Air Lemon untuk Turunkan Berat Badan

Overweight? Ini 3 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Susu Tanpa Lemak

Susu biasanya mengandung lemak di dalam komposisinya, tetapi susu tanpa lemak ini berbeda. Susu tanpa lema ini memiliki komponen tanpa adanya lemak dan biasa disebut susu nabati. Jika Kamu sedang dalam proses diet, maka kamu jangan minum susu dengan lemak tetapi minumlah susu tanpa lemak.

Perbedaan lainnya antara susu dengan lemak dan susu tanpa lemak adalah jumlah kalorinya. Jika susu dengan lemak memiliki jumlah kalori yang sangat banyak dibandingkan dengan susu tanpa lemak. Susu tanpa lemak ini menjadi pilihan atau sebuah tips diet yang sangat berpengaruh terhadap berat badan Kamu.

kalkulator kalori

Cuka Apel

Tips diet selanjutnya adalah mengonsumsi cuka apel. Cuka apel dapat menurunkan kadar insulin dalam tuduh kamu, sehingga minuman ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mengalami program diet. Dengan penurunan kadar insulin, metabolisme tubuh kamu akan meningkat dan dapat menahan nafsu makan kamu.

Semua itu dikarenakan adanya asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel ini. Walau dapat membantu menurunkan berat badan, jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan akan membuat gigi kamu rusak. Oleh karena itu, kamu harus mengatur supaya tidak terlalu sering meminum cuka apel ini.

Minuman Teh Hijau

Minuman yang satu ini sudah cukup lama orang mengenal sebagai minuman yang mampu dapat menurunkan berat badan. Minum teh hijau yang bebas kalori jika Kamu meminumnya tanpa menggunakan gula atau pemanis buatan lainnya. Karena gula dapat menambah berat badanmu. 

Kemampuan yang dimiliki oleh teh hijau ini disebabkan oleh adanya senyawa katekin dalam teh hijau. Katekin merupakan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga sebagai pembakar lemak. Hal ini juga sudah dibuktikan dengan adanya hasil penelitian oleh para peneliti mengenai kandungan dari teh hijau.

Tips Supaya Diet Kamu Berhasil

Sebelum melakukan diet, ada baiknya kamu tahu dulu berapa berat badan ideal yang kamu butuhkan.

Yuk Hitung Berat Badan Ideal Kamu Dengan Kalkulator BMI

Sudah tau berapa berat badan ideal? Sebaiknya kamu perhatikan 

  1. Apa yang kamu makan misalnya dapat menghindari makanan seperti gorengan, daging berlemak, atau junk food. Untuk membantu diet kamu bisa makan buah, sayur, ikan, dan kacang-kacangan.
  2. Berolahraga secara rutin. Usahakan kamu gak malas untuk berolahraga ya. Karena olahraga secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Idealnya kamu harus olahraga selama 150 menit setiap minggunya.
  3. Jangan minum minuman berkalori tinggi. Kamu harus bisa menghindari minuman yang mengandung kalori tinggi seperti soda, teh kemasan, alkohol, dan minuman yang mengandung gula tambahan.

Tips diet untuk memperoleh tubuh yang lebih ideal sudah banyak dilakukan orang-orang. Namun, yang tak kalah penting yakni selalu menjaga kesehatan. Untuk itu, selain menjaga pola makan, mempercayakan kesehatan di asuransi Kesehatan My Hospital by Super You menjadi hal yang sangat dipertimbangkan. Dengan asuransi My Hospital, dapatkan fasilitas santunan tunai harian untuk rawat inap Rumah Sakit dan ICU dengan harga premi mulai dari Rp 39,500 per bulan. Yuk miliki asuransi Kesehatan My Hospital dari Super You by Sequis Online.

My Hospital Protection, Premi Terjangkau, Kamu Terlindungi!