apa itu overthinking

Kita semakin sering mendengar kata overthinking semakin masyarakat peduli dengan kesehatan mental. Arti Overthinking sering digunakan untuk seseorang yang terlalu banyak memikirkan tentang masalah yang dialami.

Tapi apa itu overthinking sebenarnya?

Pengertian Overthinking

Apa Itu Overthinking?

“Overthinking adalah menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan serta overthinking dapat berupa ruminasi dan khawatir” Pengertian overthinking berdasarkan Wirdatul Anisa, Psikolog dari UGM.

Penyebab utama dari overthinking adalah tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Namun, bisa juga terjadi karena faktor lainnya seperti memiliki low – self esteem atau meragukan diri dan kurang percaya diri. Namun, saat mengalami overthinking, ini malah tidak menyelesaikan masalah ataupun mencari solusi jalan keluar, tetapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami overthinking. 

Contoh Overthinking

contoh overthingking

Sebelum kamu mengerti arti overthinking, Overthinking bisa terbagi menjadi 2. Yuk, kenali contoh overthinking di bawah ini!

  • Ruminasi 

Ruminasi adalah kecenderungan seseorang untuk terus – menerus memikirkan penyebab, faktor situasional dan konsekuensi pengalaman negatif yang dialami oleh seseorang berulang kali.

  • Khawatir 

Khawatir adalah perilaku yang sering memikirkan atau memprediksi hal yang negatif seperti hasilnya atau rintangan suatu proses masalah.

  • Membaca Pikiran 

Membaca pikiran atau mind reading adalah contoh overthinking yang sering menebak isi pikiran orang lain.

  • Ragu – Ragu

Contoh overthinking yang satu ini adalah tipe yang sulit untuk membuat keputusan karena tidak ingin menyesal di masa depan. 

  • Membesar – Besarkan Masalah 

Salah satu contoh overthinking adalah membesar – besarkan masalah yang aslinya sepele. Biasanya seseorang yang melakukan ini sudah mengantisipasi kemungkinan terburuk. Hal ini bahaya karena bisa mengarah pada depresi.

Gejala Overthinking 

Tidak jarang bagi seseorang yang mengalami overthinking tidak menyadari bahwa mereka mengalaminya. Namun, overthinking memiliki ciri – ciri tersendiri yang bisa dikenali, lho. Yuk, kenali gejala overthinking!

  • Tidak fokus mencari solusi jika sedang menghadapi masalah 

Orang yang mengalami overthinking lebih sering fokus pada masalahnya daripada mencari solusi dari masalah tersebut sehingga kesulitan saat mencari jalan keluar dari masalah yang dialami.

  • Memikirkan hal yang sama berulang – ulang 

Umum bagi mereka yang mengalami overthinking untuk merenungkan hal yang sama berulang – ulang kali. Yang dipikirkan bukanlah solusi, tetapi masalah itu sendiri seperti perilaku yang menyebabkan masalah tersebut, kekurangan yang dimiliki dan berbagai masalah lainnya. 

  • Cemas hingga kehilangan waktu tidur

Memikirkan sesuatu secara berulang bisa menimbulkan rasa cemas dan memicu otak untuk terus aktif. Hal ini bisa berdampak sangat buruk jika perilaku overthinking terjadi malam – malam karena bisa menyebabkan susah tidur dan kehilangan waktu istirahat. Jika terjadi secara berkelanjutan bisa berefek pada kesehatan seseorang.

  • Sulit mengambil keputusan 

Salah satu kesulitan overthinking adalah susah mengambil keputusan karena takut mengambil keputusan yang salah. Rasa takut ini menyebabkan mereka untuk terlalu menganalisis masalah dan menyebabkan pengambilan keputusan untuk semakin sulit.

  • Sering menyalahkan diri setelah mengambil keputusan

Overthinking tidak berhenti setelah mengambil keputusan, perilaku overthinking berlaku bahkan keputusan diambil. Apa itu overthinking dan perilaku seseorang yang mengalami overthinking? Mereka terus merenungi masalah dan keputusan yang diambil. Terutama jika keputusan yang diambil merupakan langkah buruk. 

Baca Juga: Atasi Gangguan Psikosomatis, Sakit Fisik yang Dipicu Stress

Risiko Overthinking 

Risiko Overthinking

Apa ada risikonya? Tentu ada! 

Jika sudah melihat ada tanda – tanda overthinking pada diri sendiri, segera cari cara mengatasi overthinking karena bisa berdampak buruk pada kesehatan. Ketahui beberapa dampak buruk dari overthinking di sini!

  • Menimbulkan Stres 

Risiko paling umum dari overthinking adalah stres akibat otak yang sibuk memikirkan hal secara berlebihan dan menyebabkan tekanan psikologis yang lebih besar.

  • Bisa Memicu Gangguan Kesehatan Mental

Overthinking dan stres bisa menyebabkan terjadinya mental Illness dalam bentuk gangguan kecemasan, mengalami depresi dan serangan panik yang semakin kronis.

  • Memicu Perilaku yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh 

Stres yang disebabkan oleh overthinking bisa memicu seseorang melakukan perilaku kompulsif seperti menggunakan obat – obatan terlarang atau kecanduan alkohol.

  • Menimbulkan Masalah Kesehatan 

Overthinking yang menyebabkan tekanan psikologi yang menjadi semakin besar menyebabkan sistem saraf pusat tubuh untuk mengirim sinyal pada kelenjar adrenal untuk melepas hormon stres dalam jumlah banyak. Hal ini bisa meninggalkan dampak fisik akibat stres seperti sakit kepala, mual, konsentrasi terganggu, detak jantung meningkat dan nafas yang tersengal – sengal.

Cara Mengatasi Overthinking 

Mencari cara supaya tidak overthinking juga bisa menjadi cara melatih kesehatan mental karena overthinking bisa berdampak ke kesehatan yang salah satunya adalah kesehatan mental. Yuk, ketahui cara mengurangi overthinking di bawah ini!

  • Pasrah

Berserah diri terkadang cara terbaik untuk menangani situasi dan bisa menjadi cara supaya tidak overthinking dengan menerima hasil apapun nantinya.

  • Prioritaskan Masalah yang Paling Mudah 

Sortir masalah yang dialami dan prioritaskan dari yang paling mudah agar bisa cepat diselesaikan sehingga tidak membuang waktu jika terhambat di pekerjaan yang sulit. Hal ini juga memberikan waktu lebih untuk masalah yang lebih berat.

  • Tetapkan Sebuah Target untuk Dicapai 

Menetapkan sebuah target yang bisa dicapai sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

  • Melakukan Kegiatan Lain untuk Mengalihkan Perhatian 

Saat sedang stres mungkin pikiran bisa terbawa kemana – mana, salah satu cara mengurangi overthinking adalah dengan mengalihkan perhatian sehingga tidak memikirkan masalah. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan seperti hobi, berolahraga atau kegiatan lainnya yang digemari.

  • Meditasi 

Meditasi adalah cara mengatasi overthinking dengan baik serta cara untuk menenangkan diri karena tubuh dan pikiran akan menjadi rileks. Pastikan untuk melakukan meditasi di tempat yang sepi dan tenang agar konsentrasi tidak terganggu.

super sp3ktaday 11.11

Demikian pembahasan mengenai apa itu overthinking dan tips cara mengatasi overthinking. Pastikan untuk selalu memantau gejala – gejala overthinking agar bisa segera mencari cara mengurangi overthinking. 

Pastikan untuk mencari aktivitas atau hobi seperti berolahraga untuk menjaga kesehatan dari dampak buruk overthinking. Memaksimalkan proteksi kesehatan dengan asuransi kesehatan dari Super You mulai dari Rp135.000 per bulan!

Artikel Terkait